Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Kalo ngelihat dunia perkuliahan di FTV, sinetron, atau film, hidup mahasiswa sering kali kelihatan kayak engga ada beban banget. Padahal, aslinya mah mahasiswa harus ngelaluin serangkaian tragedi dulu sebelum bisa lulus.

Engga bermaksud nakut-nakutin atau gimana, tapi engga bisa diungkiri kalo dunia perkuliahan pada dasarnya emang bakal jadi salah satu tahap kehidupan yang bikin stres. Mulai dari tugasnya yang engga abis-abis, tesnya yang nguras otak, sampai lingkungannya yang mungkin engga ngedukung kamu buat berkembang, semua itu akhirnya justru nimbulin tragedi tersendiri.

Well, iya sih ada kalanya emang agak lebay kalo perjuangan mahasiswa disebut sebagai suatu tragedi. Meski begitu, kalo kamu udah benar-benar ngejalanin sendiri, kamu pasti engga bakal ngerasa hal itu sebagai sesuatu yang berlebihan, soalnya kamu emang harus ngelaluin semuanya setiap hari. Berikut ini adalah 7 tragedi yang pasti pernah kamu alamin sebagai mahasiswa:

1. Kelas pertama jam 7 pagi, kelas terakhir jam 4 sore

via campusriot.com

Salah satu asyiknya kuliah dibanding SMA adalah kamu bisa ngatur jadwal kuliah sendiri. Meski begitu, sebebas-bebasnya kamu dalam nentuin pilihan, tetap aja ada beberapa kelas yang udah dari sananya engga bisa kamu ubah-ubah lagi jadwalnya. Alhasil, mau engga mau sekali-sekali kamu harus ngerasain balik lagi sekolah seharian kayak jaman SMA, bahkan mungkin tetap masuk pula di hari Sabtu.

2. Nge-print tugas 10 halaman tapi engga dibaca dosennya

Udah capek-capek ngetik makalah sampai 10 halaman, eh ternyata engga dibaca sama dosennya. Jangankan dibaca, ditaro di mana abis dikumpulin aja mungkin dosennya juga lupa. Yang lebih nyeseknya lagi adalah kalo kamu udah susah payah nge-print draft skripsi setebal hampir 50 halaman dan cuma dibolak-balik aja tanpa ada komentar berarti dari dosen pembimbing kamu. Sakitnya tuh di sini, Kawan Muda *tunjuk dada*.

3. Belajar seabad cuma buat dapet nilai C

via funnyjunk.com

Di saat kamu lagi berniat buat jadi mahasiswa yang baik dengan belajar mati-matian demi sebuah tes, kenyataan ternyata engga berpihak sama kamu. Bukannya dapet nilai A kayak yang diharapin, kamu justru harus puas dengan nilai C. Sebaliknya, sekalinya kamu cuma belajar seadanya atau engga belajar sama sekali, kamu malah bisa dapet nilai A. Yang sabar ya. *puk-puk.

4. Mantengin situs kampus buat ngecek nilai

Lagi panik-paniknya mau ngelihat nilai, internet kamu malah mendadak lemot dan bikin kamu makin harap-harap cemas alias H2C. Bukan itu aja, di saat internet kamu udah mulai kencang, yang muncul di layar bukannya nilai kamu, tapi pemberitahuan bahwa situsnya ngalamin crash gara-gara semua mahasiswa lainnya lagi ngelakuin hal yang sama kayak kamu. Keki engga tuh?

5. Berebut Wi-Fi kampus

via uk.news.yahoo.com

Katanya sih kampus top, tapi (sorry to say) kok Wi-Fi-nya masih suka ngadat ya? Padahal, router-nya ada banyak dan fasilitas lainnya juga udah memadai. Apa perlu ngebangun tower dulu biar sinyal Wi-Fi di kampus bisa terus-terusan kencang setiap saat? Kumpulin koin peduli Wi-Fi kampus gih, Kawan Muda!

6. Siang capeknya minta ampun, malam on banget

Ngaku deh, pas lagi ngampus kamu bawaannya pasti ngantuk terus sampai-sampai pernah ketiduran di kelas. Pengennya sih bisa tidur siang walau cuma beberapa menit, tapi sayangnya engga pernah kesampaian. Hingga akhirnya tiba di malam hari, mata kamu yang tadinya tinggal 5 watt malah mendadak on banget. Walau udah jam 2 dini hari, kamu masih aja engga bisa tidur. Dunia emang kejam.

7. Ngejar-ngejar dosen demi sebuah tanda tangan

via blogs.studentlife.utoronto.ca

Tragedi yang satu ini biasanya bakal sering banget kamu alamin kalo kamu udah mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsian. Minta tanda tangan dan persetujuan dosen aja rasanya udah kayak ngalah-ngalahin minta tanda tangan dan persetujuan presiden. Udah susah payah janjian sama dosennya, mendadak beliau ngebatalin, minta dijadwalin ulang, atau bahkan nyuruh nunggu lama dulu sampai akhirnya bisa nemuin kamu. Pusying pala Barbie! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer