Selasa, 25 Juni 2024

Genmuda – Kalau Kawan Muda ngaku Kamtis Family alias penggemar beratnya Endank Soekamti, seharusnya sih kamu udah ngedengerin album baru mereka yang bertajuk ‘Soekamti Day’. Terlepas dari itu, pengalaman kamu sebenarnya engga bakal sempurna kalau kamu belum nyobain Soekamti Karaoke.

Konsep rekaman album dengan konsep outdoor studio saat proses pembuatan ‘Soekamti Day’, ternyata bukan satu-satunya keunikan dari album ketujuh Endank Soekamti itu. Inovasi lain di album yang dirilis di tanggal 15 Februari yang lalu di Yogyakarta itu pun ditandai dengan peluncuran Soekamti Karaoke buat lagu-lagu dari album tersebut.

Lantas, apa sih keunikan Soekamti Karaoke? Well, Soekamti Day engga kayak karaoke biasa yang cuma nyediain rekaman lagu tanpa dilengkapi track vocal supaya kamu bisa nyanyi ngikutin iringan lagu di rekaman tersebut. Soekamti Karaoke benar-benar ngasih kebebasan ke kamu buat ngebikin sendiri lagu-lagu di album ‘Soekamti Day’ menurut versi kamu pribadi.

Dengan kata lain, kamu engga cuma bisa ngisi bagian vokal di album ‘Soekamti Day’. Kamu juga bisa ngeganti semua elemen yang ada di berbagai lagu di album tersebut, mulai dari suara gitar, bass, dan bahkan sampai ke drumnya segala. Gokil engga tuh, Kawan Muda?

FYI, semua konsep Soekamti Karaoke itu terinspirasi dari konsep open source yang diusung oleh Blender Foundation. Blender Foundation udah nyebarin data software animasi 3D mereka yang bernama BLENDER secara gratis buat dikembangin, direkayasa, dan disebarin secara terbuka pada siapapun.

Sama halnya kayak software BLENDER tersebut, semua data di album ‘Soekamti Day’ juga dibuka dan dibagi secara luas ke semua orang tanpa terkecuali. Dengan begitu, kamu bisa ikut ngearansemen ulang, berkolaborasi, dan tentunya berkarya sebebas-bebasnya bareng Endank Soekamti tanpa intervensi.

Video klip Soekamti Karaoke (Sumber: Eno @4Maret)
Video klip Soekamti Karaoke (Sumber: Eno @4Maret)

Ini adalah riset sekaligus observasi terhadap konsep open source yang coba diaplikasikan di dunia musik. Setiap bulan, satu lagu dari album ‘Soekamti Day’ ini datanya akan di-share ke publik secara lengkap dan terbuka di situs www.soekamtikaraoke.com. Nanti tiap bulan karya-karya yang masuk akan dikurasi untuk melihat siapa-siapa yang berbakat dan bisa diberdayakan lagi. Jadi, semangat dari komunitas, dikembalikan lagi ke komunitas,” jelas Erix dalam siaran pers yang diterima Genmuda.com.

Sementara itu, Dory Soekamti nambahin pula kalau, “Efek terbesar yang diharapkan dari konsep open source ini adalah akan muncul bentuk terbaik dari sebuah karya, karena banyak orang yang turut serta dalam penyempurnaan karya tersebut.”

Engga ketinggalan, Ari Soekamti pun negasin kalau, “Ini untuk memancing kreativitas teman-teman agar terlibat di album ‘Soekamti Day’. ‘Kan engga semua orang cocok sama musik kita, jadi mereka bisa bikin versi mereka sendiri. Buat yang engga mau bikin aransemen baru, ya bisa karaoke saja.”

Nah, sampai saat ini, ada empat lagu dari album ‘Soekamti Day’ yang udah dibagiin secara bebas dan bisa kamu unduh di www.soekamtikaraoke.com. Keempat lagu tersebut berjudul ‘Sampai Jumpa’, ‘Ojo Nesu’, ‘Liburan’, dan ‘Punya Indonesia’.

Harapannya, ‘Soekamti Day’ bukan hanya album milik Endank Soekamti, tapi juga bisa jadi sebuah semangat yang dimiliki oleh semua pecinta musik Indonesia yang bisa membawa perubahan musik Indonesia jadi lebih baik,” tutup Erix Soekamti.

So, tunggu apa lagi, Kawan Muda? Daripada cuma nyanyi-nyanyi engga jelas di kamar mandi, mending langsung salurin bakat terpendam kamu lewat Soekamti Karaoke. Siapa tahu nanti personil Endank Soekamti ada yang kepincut sama skill kamu. Selamat berkreasi!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer