Minggu, 7 Maret 2021

Genmuda – Kemampuan ponsel canggih yang kamu punya rasanya sayang banget kalo cuma dipakai buat chating, medsos, nonton video, denger musik, dan nge-game. Padahal, Android ataupun iOS kamu dirancang buat melakukan lebih banyak tugas selain memberi hiburan semata.

Berhubung ujian masuk perguruan tinggi tinggal menghitung hari, gimana kalo gadgetnya juga dipakai buat kebutuhan lolos seleksi dan diterima di kampus pilihan. Coba deh manfaatin sebesar-besarnya situs dan aplikasi di bawah ini supaya tujuan pendidikan kamu bisa tercapai sesuai harapan orang tua dan bangsa. *tsadies!

Situs

1. SBMPTN.ac.id

via giphy.com

Meski susunan situsnya ribet dan sangat engga ramah pengguna, situs pemerintah ini adalah “sahabat” anak-anak kelas XII SMA seluruh Indonesia yang pengen masuk perguruan tinggi negeri. Jadi, coba pelajari dalam-dalam situsnya atau kamu bisa kunjungi shortcut pendaftaran.sbmptn.ac.id kalo mau daftar dan pengumuman.sbmptn.ac.id buat lihat hasil ujian 16-18 Mei mendatang.

2. (Kampus pilihan).ac.id atau .edu

via dagodang.wordpress.com
(Sumber: dagodang.wordpress.com)

Situs kampus pilihan merupakan sumber informasi paling tepat buat mencari tau jadwal kuliah, fasilitas, dan indentitas kampus. Beberapa situs instansi pendidikan tinggi juga sediakan info soal ujian mandiri yang bisa ditempuh tanpa harus ribet daftar di SBMPTN dan bersaing bareng jutaan anak kelas XII lain.

3. Situs saran dan motivasi

via giphy.com

Lelah belajar dan stres jelang ujian bisa bikin motivasi padam. Tapi, bukan berarti harapan kamu juga harus seperti lampu rumah saat mendadak mati listrik. Semangat kamu bisa bangkit lagi kok dengan ngebaca artikel-artikel atau nonton video saran dan motivasi. Buat yang lebih suka berbahasa Inggris, coba lihat TED dan LifeHack. Kalo yang lebih suka berbahasa Indonesia, cek aja artikel-artikel Genmuda.com. #yaudahlahpromosi

4. Situs nyari kosan

via Istimewa
Lumayan banget nih kalo dapet kosan bagus tapi murah. (Sumber: Istimewa)

Masuk kuliah identik dengan ngekos bagi sebagian besar orang. Selama belum bisa survei langsung ke sekitar kampus, kamu bisa selalu liat-liat kosan yang udah tertera di berbagai situs nyari kosan atau mungkin forum-forum anak kuliah di internet.

Aplikasi

1. Kalender dan alarm

via bestanimations.com

Aplikasi kalender sangat berguna supaya kamu engga kelewatan tanggal-tanggal penting (misalnya ujian) dan alarm buat mastiin kalo kamu bakal bangun pagi dan engga terlambat di tanggal penting itu. Soalnya, orang rumah kamu kan kadang ada lupanya juga sehingga engga ngingetin kamu.

2. Soal try-out SBMPTN

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ketik aja kata kunci “SBMPTN” di Google PlayStore atau di Apple AppStore maka muncul aplikasi-aplikasi try-out ujian SBMPTN yang bisa kamu jajal. Kamu yang udah pede tingkat dewa pas UN juga harus rajin ngerjain soal ini karena format dan tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi.

3. Aplikasi rumus, kamus, dan ensiklopedi

via popkey.co

Ketika bingung ngerjain soal tryout yang baru aja kamu download, engga ada salahnya bertanya ke berbagai aplikasi rumus, kamus, dan ensiklopedi karena mbah Google terkadang juga bisa keliru.

4. LinkedIn

via ui.ac.id
Kamu yang pengen masuk UI mungkin bisa coba liat-liat forum anak UI. (Sumber: ui.ac.id)

Kok main medsos? Denger dulu alasannya. Senior, dosen, dan alumni kampus favorit kamu kemungkinan besar punya akun LinkedIn dan tergabung dalam forum kampusnya. Jadi, gabung ke jejaring itu dan kenali para senior karena informasi kayak gitu engga bisa kamu dapat di situs resmi kampus. Tapi, jangan malah jadi keenakan main LinkedIn sampai lupa belajar, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.