Sabtu, 27 Februari 2021
HiburanNyeni

Selain ‘Popcon Awards’ Ini Kejutan Spesial Lainnya di Popcon Asia 2017

©Genmuda.com/2017Acara konferensi pers Popcon Asia 2017, di Jakarta, Rabu (2/8) ©Genmuda.com/2017 Liki

Genmuda – Tinggal menghitung hari penyelenggaraan Popcon Asia 2017 di Jakarta Convention Centre (JCC) tanggal 5-6 Agustus 2017. Dengan tema “Pop Parade” acara ini siap ngasih kamu kesempatan ketemu sama kreator dan pelaku industri kreatif di Indonesia, mulai dari komik, animasi, mainan, sampe game.

Dalam acara konferensi pers Popcon Asia 2017 di Jakarta, Rabu (2/8), tahun ini panitia penyelenggara bakal ngadain Popcon Award. Nantinya bakal ada tiga kategori yang bakal diberikan penghargaan yaitu, komik, game, dan video online.

Diakui oleh Ibu Grace Kusnadi, co-founder Popcon Asia, ide Popcon Award sebenernya udah ada dari beberapa tahun yang lalu, namun baru bisa terwujud di tahun ini. “Kita (Popcon Asia) pengen jadi satu platform yang terbaik untuk mencari kreator-kreator lokal di industri kreatif. Karena kita namanya Popcon maka kita cari karya yang nge-pop banget.”

Demi terlaksananya Popcon Award, pihak Popcon Asia 2017 melibatkan Akademi Samali, BEKraf, Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan Spektakel.id untuk proses kurasinya. Karya yang dinilai merupakan karya yang disubmisi dan terbit dalam kurun waktu satu tahun (Juli 2016- Juni 2017). Nantinya ke-5 nominasi dari tiap-tiap kategori bakal dipamerin secara khusus di areal masuk Popcon Asia 2017.

Secara terpisah, saat diwawancarai oleh Genmuda.com. Sunny Gho, co-founder Popcon Asia, berharap jika adanya Popcon Award dapat membantu mempromosikan para nominator di tiap kategori. Doi juga nambahin bahwa gak ada penilaian khusus kayak berapa jumlah likes, subscriber, atau angka penjualan dari karya yang masuk di kategori Popcon Awards.

“Kita kan bakal nyari satu karya yang POPCON banget. Setelahnya kita akan buatkan sticker khusus yang bisa ditempel ke barang fisik para nominator. Dengan demikian para pengunjung juga bisa tau kalo karya mereka yang masuk di Popcon Awards.” papar cowok yang juga menjabat CEO Kosmik.id.

FYI, selain Popcon Awards kamu juga masih bisa nemuin 5 hal eksklusif lainnya yang cuma ada di Popcon Asia 2017. Berikut bocoran yang udah Genmuda.com rangkum, cekidot!

Serba ‘lebih’

 ©Genmuda.com/2017
(Ki-ka) Kreator “Si Juki” Faza Meonk, pendiri Popcon Asia Sunny Gho, produser film “Wiro Sableng” Sheila Timothy, Deputi Pemasaran BEKRAF Joshua Simandjuntak dan pendiri Popcon Asia Grace Kusnadi saat jumpa pers Popcon Asia 2017 di Jakarta ©Genmuda.com/2017

Dari data yang dibagiin oleh Ibu Grace kepada awak media, memasuki tahun keenam penyelenggaraannya Popcon Asia terbilang cukup sukses menyedot para pelaku di Industri kreatif setiap tahunnya. Di tahun ini, baik dari luas venue hingga kreator yang berpartisipasi semuanya serba lebih gede 10 kali lipat dari tahun pertama penyelenggaraan dengan lebar area 6.500 meter persegi.

“Dengan semakin banyaknya kreator yang gabung, kami juga berharap semakin banyak pengunjung mau membeli karya mereka.” jelas ibu Grace.

Ketemu Power Rangers dan Gaban

 ©Genmuda.com/2017
Kenji Ohba dan Peter Sudarso dalam acara konferensi pers Popcon Asia 2017, di Jakarta, Rabu (2/8) ©Genmuda.com/2017 Liki

Bukan tanpa asalan kakak beradik, Yoshi Sudarso dan Peter Sudarso dipilih meramaikan Popcon Asia tahun ini, selain sama-sama berperan sebagai Rangers Biru di serial “Power Ranger Dino Charge” dan “Power Ranger Ninja Steel”, keduanya merupakan aktor keturunan Indonesia yang diharapkan mampu menarik para pengunjung. Gak ketinggalan, dua generasi pemeran “Gavan,” Kenji Ohba dan Yuma Ishigaki juga bakal tampil menyapa penggemar mereka di Popcon Asia.

Komik terbaru Si Juki barengan “Larva”

©Genmuda.com/2017
Faza Meonk kreator komik “Si Juki” ©Genmuda.com/2017 Liki

Kalo tahun lalu Si Juki udah sounding proyek film animasi terbarunya, maka di tahun ini tokoh komik ciptaan Faza Meonk itu bakalan ngerilis buku barunya yang berjudul “Si Juki Jalan-jalan: Petualangan di Korea”. Selain bisa dapetin komiknya duluan daripada di toko buku, Si Juki juga menjadi karakter komik Indonesia pertama yang berkolaboras dengan karakter komik Korea Selatan, yaitu Ren dan Yellow di serial “Larva”.

“Popcon Asia semacam jadi ajang ‘lebaran’ kreator lokal dan pelaku kreatif di Indonesia, jadi sangat bermanfaat banget buat diikutin. Dari sini pula akhirnya saya mendirikan Pionicon.” ungkap Faza.

Adapun alasan kenapa Korea Selatan menjadi negara yang dipilih doi karena dicerita komiknya, Si Juki punya sepupu bernama Juleha yang akan menemaninya selama di Korea Selatan. Dalam pembuatan komik ini Faza Meonk juga diangkat menjad Duta Pariwisata Kehormatan Kota Seoul dari walikota Seoul, Park Won Soon. Goks ya!

Seru-seruan di booth Instagram

via: Instagram
(Sumber: Instagram)

Selain bisa eksis sekaligus narsis di booth Instagram, selama dua hari acara kamu bisa banget ikutin Treasure Hunt Challenge yangg terbuka untuk umum. Teknisnya kamu cuma harus ngumpulin check poin yang ditentuin di Popcon Asia 2017. Selanjutnya 10 orang yang ngumpulin check pon terbanyak setiap harinya bakalan menangin hadiah menarik dari IG.

Ketemu langsung sama cast film “Wiro Sableng 212”

©Genmuda.com/2017
Sheila Timothy (kiri) Produser film “Wiro Sableng 212” ©Genmuda.com/2017

Kamu juga bisa ketemu atau tanya-tanya langsung sama cast dari film “Wiro Sableng 212” seperti Vino G Bastian, Marsha Timothy, Sherina Munaf, dan Yayan Ruhian. Rencananya film garapan Angga Dwimas Sasongko ini bakalan mulai masuk proses produksi tanggal 21 Agustus 2017 bekerjasama dengan FOX International Production.

“Kalo gak ada kendala film ini bakalan rilis akhir 2018, dan akan menjadi sekuel. Pokoknya bukan sekedar action, tapi ada komedi dan drama.” ungkap Sheila Timothy produser film yang diangkat dari novel karangan Tito Bastian.

Selain hal di atas, Kawan Muda juga bisa mengikuti beberapa kompetisi kreatif yang gak kalah seru. Diantaranya terdapat Pop Make Up Competition, Pop Cosplay Competition, SHF x POPCON Asia Toy Photography Competition, Jouchaku Challenge, Koleksi Segede Gaban, dan Low Costplay Competition.

Jadi tunggu apa lagi, kuy lah ke Popcon Asia 2017. Tiket masuk acara ini dijual seharga Rp 95.000 (harian) atau Rp 170.000 (dua hari). See you there, gengs!

 

 

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.