Senin, 13 Juli 2020

Genmuda – Gagal negosiasi gaji sesuai harapan sih sebaiknya gak bikin patah semangat dan ilfil duluan dari kantor yang sebenarnya kantor favorit. Gaji yang jumlahnya di atas upah minimum regional (UMR) atau sampai nyentuh delapan digit tuh belum tentu bikin puas, kok.

Suasana kantor, risiko kerja, dan peraturan yang gak sesuai kebutuhan juga jadi faktor yang bikin karyawan pada kabur. Jadi, tetep kalem dan objektif. Lagian, kamu belum “kalah-kalah” amat karena masih bisa nego berbagai fasilitas kantor yang fungsinya lebih berarti daripada gaji. Misalnya, seperti beberapa hal di bawah ini.

1. Jumlah libur

via pinterest.com

Apa salahnya gaji standar UMR tapi jatah cuti dan liburnya lebih banyak dari kantor lain. Waktu lebih ini kan bisa dimanfaatin untuk istirahat, pacaran, salurkan hobi, atau mungkin kerja sambilan sebagai tenaga freelance di kantor lain.

2. Jam kerja

Boleh-boleh aja kok nego kelonggaran jam kerja apabila jumlah libur dan gajinya gak sesuai harapan. Asalkan kamu tetep kerja total 8 jam tanpa dipotong waktu istirahat dan kerjaan kelar sesuai waktu, kantor gak bakalan ngelarang. Kecuali, kantor pemerintah yang punya sederet peraturan ketat.

3. Skill

Terus, kamu juga masih bisa minta berbagai pelatihan bila gagal negosiasi gaji. Minta aja supaya kantor ngadain berbagai pelatihan yang bikin ilmu kamu nambah tanpa harus kuliah lagi. Lebih asiknya lagi, belajar aja kamu digaji. Sukur-sukur kalo kamu juga dikasih beasiswa.

4. Dress code

via: Google
Jangan lupa pakai baju bagus pada wawancara terakhir supaya berhasil negosiasi gaji. (Sumber: Istimewa)

Coba bujuk pihak kantor supaya kamu bisa ke dateng dengan jeans dan kemeja santai asalkan gak ketemu klien. Baju nyaman itu kan bisa bikin mood jadi bagus dan kamu gak bakal stres kerja.

5. Outing perusahaan

Saat wawancara kerja, tanya deh apakah kantor itu suka ngadain outing, outbound, atau jalan-jalan kantor. Kalo ada program pelepas stres macam itu, kamu gak perlu ilfil ketika pihak kantor menawar bayaran kamu lebih rendah dari harapan.

6. Dinas luar kota

Kalo gak ada outing kantor, tanyain apakah ada dinas luar kota. Kalo ada, kamu bisa pakai itu sekalian jalan-jalan dan melepas stres.

7. Reimburse telekomunikasi

via giphy.com

Lebih baik minta uang pulsa ketika negosiasi gaji daripada kamu harus menalanginya sendiri, terutama apabila pekerjaan kamu menuntut untuk sering nelepon orang. Misalnya aja, sebagai sales, konsultan, atau reporter lapangan.

8. Uang logistik

Lumayan banget kan kalo makan dan transport sehari-hari kamu ditalangin kantor. Dengan begitu, gaji kamu yang gak sesuai harapan itu murni masuk rekening tabungan. Dipakai untuk foya-foya juga bisa, tapi jangan berlebihan ya.

9. Olahraga/Gym

Jangan remehkan olahraga. Kegiatan yang menguras keringat dan membakar lemak itu dibutuhin banget, terutama saat kamu kebanyakan duduk. Coba aja negosiasikan, kali aja kantor kamu bisa ngasih kartu anggota gym gratisan atau malah punya program outing olahraga bareng.

10. Diskon khusus karyawan

via giphy.com

Tiap karyawan biasanya diizinkan beli produk-produk bikinan perusahaan sendiri dengan harga lebih murah dari yang dijual di toko. Atau gak, suka ngasih voucher, makanan gratis, dan berbagai jenis hibahan lainnya. Intinya, perut tetep kenyang dan kebutuhan sehari-hari terpenuhi meski gaji pas-pasan.

11. Uang dandan

Serius! Ada yang namanya uang dandan dan pemberian kantor ini bukan cuma untuk cewek melainkan juga untuk cowok. Biasanya, uang dandan diberikan kepada karyawan-karyawan yang tugasnya bertemu klien.

12. Dana pinjaman

Akan sangat bahagia kalo kantor bersedia menyediakan dana yang sewaktu-waktu bisa dipinjem karyawannya. Misalnya aja, untuk beli laptop, gadget, kamera, hingga DP rumah, yang fungsinya meningkatkan produktivitas kerja.

13. Dana pensiun

tumblr.com

Inget ya, genks. Karyawan swasta belum tentu dikasih dana pensiun dari kantor. Pilihannya cuma dua. Yaitu, nabung dana pensiun sendiri atau minta supaya kantor yang mengisi tabungan itu.

14. Asuransi

Kalo gak bisa bayar asuransi swasta yang fasilitasnya mentereng, minta dibayarin asuransi BPJS yang merakyat aja, deh. Masa kantor gak mau, sih.

15. Gelar yang keren

via socialmedianinjas.com
Saik juga nih dijadiin nama gelar. Mayan lah sebagai penghibur dikala gagal negosiasi gaji. (Sumber: socialmedianinjas.com).

Terakhir banget nih. Ketika semua fasilitas di atas gak dikabulkan kantor, kamu selalu bisa minta supaya gelar pekerjaan kamu diganti jadi yang lebih keren. Misalnya, gelar “sekretaris” yang kayaknya jadul itu bakalan keren kalo diubah jadi “corporate executive officer.”

Apabila salah satu dari fasilitas di atas gak bisa dikasih kantor yang kamu lamar, saran Genmuda.com sih kamu cari tempat lain aja. Nah, kalo mau tau lebih banyak tentang negosiasi gaji, kamu bisa baca di sumbernya langsung nih. Atau, baca artikel Genmuda.com yang ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.