Minggu, 25 Februari 2024

Genmuda – Sejak dipercaya memerankan tokoh Jody dalam film ‘Filosofi Kopi’ karya Angga Dwimas Sasongko, aktor Rio Dewanto semakin mencintai kopi, khususnya kopi Indonesia. Rio bahkan menjadi penerima penghargaan penggiat pangan lokal pada pelaksanaan Konvensi Kopi, Teh dan Coklat Indonesia 2015 yang diselenggarakan di SMESCO pada Selasa (24/11).

Selain Rio Dewanto, nama-nama lain yang mendapat penghargaan dari acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Perindustrian tersebut antara lain, Tedja Wahyu, Tazbir, A. Syafrudin dan Coklat Bombana.

Rio menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar. Mulai dari lahan yang luas, hingga tanah dengan kualitas yang baik, yang membuat rasa kopi menjadi kaya. Penghargaan penggiat pangan lokal yang Ia terima semakin memotivasi dirinya untuk bisa memberikan dampak nyata bagi para petani di Indonesia.

“Saya beberapa kali berkunjung ke perkebunan kopi di Indonesia, ada banyak hal yang perlu diperbaiki. Penghargaan ini mendorong saya untuk kian berkontribusi kepada masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan para petani kopi.”

Rio Dewanto Saat Menerima Penghargaan Penggiat Pangan Lokal  (Sumber: Istimewa)
Rio Dewanto Saat Menerima Penghargaan Penggiat Pangan Lokal (Sumber: Istimewa)

“Semenjak memiliki kedai Filosofi Kopi, saya menjadi lebih peduli kepada petani Indonesia. Kalau kita lihat ke daerah penghasil kopi, sudah sangat sedikit generasi petani kopi. Banyak anak petani kopi yang lebih memilih urbanisasi, nggak meneruskan menjadi petani kopi. Saya juga ngerasa masih banyak banget permasalahan di perkebunan kopi di Indonesia. Tetapi, saya masih optimis dengan potensi industri perkebunan kita dan saya ingin mendorong petani kopi Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tutur Rio.

Kesuksesan film Filosofi Kopi juga membuat Visinema Pictures akan memproduksi sekuel berjudul Ben & Jody. Sekuel dari film peraih Piala Citra Kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan Penyunting Gambar Terbaik FFI 2015 tersebut rencananya akan dirilis pada tahun 2016.

Berdasarkan judulnya aja dapat dipastikan, Rio Dewanto bakal kembali berduet bersama Chicco Jerikho sebagai utama dalam film ini. Penasaran kan seperti apa jadinya? Tunggu aja tanggal mainnya. (ads)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.