Sabtu, 25 Juni 2022

Genmuda – Memasuki tahun yang baru, belum afdol rasanya kalau belum bikin daftar resolusi. Tapi, ada baiknya kamu jangan keburu nafsu nyebarin daftar resolusi kamu itu ke orang-orang ya, Kawan Muda. Kenapa engga boleh?

Alasannya sih sebenarnya sederhana. Kalau kamu ngasih tahu resolusi Tahun Baru kamu ke orang lain, kamu engga bakal dapat manfaat apa-apa dari tindakan kamu tersebut. Justru, yang ada kamu bakal lebih cenderung buat engga ngejalanin berbagai resolusi kamu itu.

Seperti udah diungkapin sama The Science of Us, lebih dari 80 tahun riset udah diadain buat ngejawab pertanyaan seputar apakah kamu bakal ngelakuin sesuatu kalau kamu ngasih tahu orang lain soal rencana tersebut. Siapa sangka, ternyata hal itu malah bisa jadi ide yang sangat buruk.

FYI, ngasih tahu orang lain kalau kamu lagi ngelakuin sesuatu bisa bikin kamu ngerasa kayak udah benar-benar ngelakuin hal itu. Contoh gampangnya adalah pas kamu punya resolusi buat lari maraton di 2016, terus ‘sesumbar’ ke orang-orang terdekat kamu soal rencana tersebut.

Kamu mendadak malah jadi posting running shoes kamu ke Instagram, nge-tweet rencana latihan kamu, dan ngelakuin berbagai hal terkait lainnya yang bikin kamu jadi ngerasa kayak udah lari maraton. Kamu pun akhirnya malah ngehindarin hal-hal yang seharusnya kamu lakuin buat bisa lari maraton beneran.

Nah, konsep semacam itu disebut sebagai ‘realitas sosial’. Menurut konsep tersebut, di saat orang-orang mikir kalau sesuatu tentang kamu itu benar adanya, maka kamu juga cenderung bakal ngerasa hal yang sama alias ngerasa kalau hal itu memang benar adanya.

So, kalau orang-orang kagum sama resolusi Tahun Baru kamu, kamu cenderung bakal ngerasa bangga, seolah-olah kamu udah berhasil ngelaksanain hal itu. Kamu bakal ngerasa kurang termotivasi buat ngelakuin hal-hal yang sebelumnya udah kamu janjiin buat bisa mencapai hasil positif yang kamu mau.

Tekanan sosial pun nantinya bakal jadi peringatan buat kamu pas orang-orang ngelihat kalau kamu ternyata engga ngelakuin apa yang udah kamu bilang ke mereka. Oleh karena itu, lebih baik kamu tetap rahasiain resolusi kamu buat ngehindari adanya rasa malu dan kegagalan di depan orang lain.

Kalau kamu butuh dukungan, langsung ngomong aja ke orang yang kamu rasa bisa ngebantu kamu. Ingat, ngomong kalau kamu bakal mencapai sesuatu itu engga sama kayak kalau kamu udah benar-benar mencapai sesuatu. Jangan lupa juga buat ngasih penghargaan ke diri kamu kalau kamu udah berhasil mencapai hal tersebut. Selamat Tahun Baru, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer