Sabtu, 28 Januari 2023

Genmuda – Kalo ada yang lebih sulit dari ngejalin hubungan asmara, maka itu adalah ngejalin hubungan persahabatan. Kelihatannya doang gampang, padahal aslinya mah bisa lebih ribet dari yang kamu bayangin loh, Kawan Muda.

Kamu mungkin berpikir bahwa ngejalanin hubungan persahabatan bisa terjadi dengan mudah begitu aja. Hingga seiring berjalannya waktu, kamu dihadapin pada situasi di mana keadaan di antara kamu dan teman-teman kamu mendadak jadi agak awkward. Alhasil, kalian pun akhirnya malah saling ngejauh.

Terlepas dari itu, bukan berarti ngejalanin hubungan persahabatan lantas jadi hal yang mustahil loh ya. Justru, yang dibutuhin di sini adalah sedikit usaha ekstra. So, biar hubungan persahabatan kamu lebih awet, coba deh hindari 5 hal berikut ini, yang walau terkesan sepele tetap bisa ngasih dampak buruk:

1. Saling iri

via PSU.com

Kalo dalam hubungan asmara ada yang namanya cemburu, dalam hubungan persahabatan sebetulnya juga demikian. Lebih tepatnya, bisa aja kamu ngerasa iri sama teman kamu, entah karena doi punya hp keluaran terbaru, masuk kampus idaman, atau yang lainnya. Iya sih iri itu hal yang wajar. Tapi, ada baiknya kamu juga belajar buat ngontrol perasaan itu, dengan lebih fokus ke hal-hal baik dan nyenengin dari teman kamu. Emangnya kamu doang yang boleh bahagia?

2. Kebanyakan ngegosip

Ngegosip pada dasarnya emang udah jadi sifat dasar manusia. Meski begitu, kamu tentu engga pengen ‘kan dikenal sebagai teman yang kerjaannya ngegosip doang? Kalo kayak gitu, yang ada hubungan persahabatan kamu cuma bakal diisi dengan kecurigaan, soalnya kamu bakal terus penasaran sama apa yang diomongin teman-teman kamu soal kamu, demikian pula sebaliknya. Maka dari itu, jangan jadiin gosip sebagai inti dari persahabatan kamu, Kawan Muda.

3. Nyimpan dendam

via giphy.com

Nyimpan barang teman engga dibalik-balikin aja udah bahaya, apalagi nyimpan dendam? Terlepas dari segimana bergejolaknya hubungan kamu sama teman-teman kamu, nyimpan dendam ke mereka cuma bakal bikin kamu capek. Kalo ada yang ngeganggu kamu, ya mending diomongin aja. Kalopun kamu masih ragu, ya seengganya jangan maksain diri dulu buat tetap nongkrong sama mereka. Tunggu sampai kamu ngerasa lebih baik buat mutusin apakah kamu masih mau berteman sama mereka atau engga.

4. Ninggalin demi pacar

Menurut riset, kita bakal cenderung kehilangan satu atau dua orang teman saat kita ngejalin hubungan asmara. Terlepas dari itu, bukan berarti kamu bisa ngejadiin pacar kamu sebagai alasan buat ngejauh atau ngehindarin teman-teman kamu. Lagi pula, kenapa kamu engga ngacak pacar kamu buat ikutan nongkrong bareng kamu dan teman-teman kamu aja? Lumayan loh, itung-itung biar doi bisa lebih paham kayak gimana sebetulnya kamu dan pergaulan kamu.

5. Berharap ada satu orang yang ngajakin ngumpul

via giphy.com

Nah, ini dia nih yang paling ngeselin. Engga peduli teman kenal di mana, pasti kalo udah soal nongkrong semua pada tunggu-tungguan dan ngandelin satu orang doang. Walaupun kamu udah pasti bakal datang, cuma nunggu diajak kayak gini secara engga langsung sebetulnya juga nunjukin kalo kamu masih kurang berusaha buat ngejaga persahabatan kamu. So, coba deh mulai sekarang inisiatif kamu ditingkatin, biar kamu engga cuma terus-terusan berharap sama orang lain. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer