Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Ada anggapan umum yang bilang bahwa kita engga bisa ngelakuin banyak hal buat ningkatin kecerdasan kita. Padahal, hal itu keliru banget dan kesempatan kamu buat makin pintar masih terbuka luas kok, Kawan Muda.

Banyak di antara kamu mungkin masih percaya kalo kecerdasan itu ditentuin pas lahir alias bakal ada secara turun-temurun. Iya sih sebagian orang emang harus berhadapan dengan kondisi-kondisi tertentu yang bikin mereka engga bisa ningkatin kecerdasan mereka. Terlepas dari itu, bukan berarti engga ada lagi hal yang bisa kamu lakuin buat bikin otak kamu makin encer.

FYI, nekunin hobi-hobi tertentu pada dasarnya udah terbukti bisa bikin kamu lebih pintar loh, Kawan Muda. Oleh karena itu, daripada kamu nyia-nyiain waktu kamu sekarang buat hal-hal yang engga jelas, mending kamu fokus aja sama hobi-hobi tersebut. Berikut ini adalah 5 contoh di antaranya:

1. Olaraga

via Pinterest

Dengan berolahraga secara teratur, otak dan tubuh kamu bisa tetap berfungsi kayak semestinya. Bahkan, hal ini bisa bikin otak kamu lebih fleksibel dan ningkatin kesehatannya secara keseluruhan, khususnya dalam hal respon, koordinasi, kapabilitas, dan kepercayaan diri. Kalopun kamu engga sempat banget buat rutin olahraga, coba deh seengganya usahain buat meditasi supaya bisa ngurangin stres dan nenangin diri kamu dulu. Kalo engga, nonton acara olahraga juga bisa ningkatin fungsi otak kamu kok.

2. Baca buku

Yang ini mah manfaatnya sebetulnya udah engga perlu ditanya lagi. Baca buku engga cuma bisa nambah wawasan, tapi juga ngurangin stres, ngebantu kamu ngalamin beragam emosi, dan bikin kamu ngerasa lebih baik terhadap diri kamu sendiri. Tapi, kalo kamu pengen manfaat yang lebih lagi dari itu, kamu mungkin bisa coba baca buku berbahasa asing. Selain ningkatin kemampuan berbahasa, itu juga bisa ningkatin kemampuan perencanaan, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

3. Main alat musik

via tumblr.com

Riset udah ngebuktiin kalo musik bisa ngestimulasi otak. Jangankan mainin alat musik, ngedengerin musik aja bisa ngebantu ningkatin kapasitas memori. Meski begitu, secara khusus mainin alat musik bakal ningkatin konsentrasi kamu. Berhubung kamu juga butuh waktu buat belajar mainin sebuah alat musik, otomatis ini juga ngajarin kamu soal kesabaran dan ketekunan.

4. Travelling

Kalo kamu pikir travelling cuma salah satu cara buat ngilangin bosan dan stres, kamu salah besar, Kawan Muda. Dengan travelling, kamu bisa lebih fokus pada pengamatan terhadap berbagai hal dan ngedalamin pemahaman kamu terhadap beragam subjek. Setiap tempat baru yang kamu kunjungin pasti bakal nawarin banyak hal baru pula buat kamu pelajari. Kamu bakal ketemu sama banyak orang dengan berbagai budaya dan latar belakang berbeda, sehingga sudut pandang kamu bisa lebih luas.

5. Masak

via tenor.co

Sebagian dari kamu mungkin berpikir bahwa masak itu cuma buang-buang waktu. Padahal, orang yang masak secara teratur — apalagi yang suka nyobain beragam resep berbeda — itu sebetulnya punya tingkat kreativitas yang tinggi loh. Orang yang hobi masak juga berkomitmen terhadap kualitas, engga takut nyoba hal baru, dan sangat merhatiin detail. Setiap kali kamu masak, kamu pun bakal belajar buat multitasking, ngukur dengan presisi, dan bikin keputusan cepat. Semua itu jelas bikin kamu lebih pintar. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer