Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Pas awal kuliah semangat banget, eh makin ke sini malah makin kendor. Walau hal tersebut wajar dialami oleh sebagian besar mahasiswa, seengganya jangan biarin diri kamu terlena buat malas-malasan gitu aja, Kawan Muda.

Kuliah pada dasarnya emang bakal ngasih berbagai pengalaman baru buat hidup kamu, mulai dari yang menarik sampai yang nyebelin abis. Oleh karena itu, engga heran kalo pada satu titik ada kalanya kamu bakal ngerasa bosan atau jenuh dengan dunia perkuliahan, sampai-sampai pengen buru-buru nikah aja.

Eits, tapi tunggu dulu, Kawan Muda. Jangan keburu nyerah gitu aja sama kuliah kamu, apalagi kalo kamu udah mahasiswa tingkat akhir. Iya sih kamu emang berhak buat tetap ngelanjutin kuliah sampai bisa wisuda atau berhenti sebelum dinyatain lulus dan dapet ijazah. Terlepas dari itu, daripada kamu nyia-nyiain apa yang udah kamu lakuin selama ini, yuk bangkitin lagi semangat kuliah kamu dengan 5 cara ini:

1. Telepon orang terdekat

via tumblr.com

Hayo, kapan terakhir kali kamu telepon-teleponan lama banget sama teman, pacar, atau bahkan orang tua kamu? Meski sekarang jaman udah canggih dan kamu bisa terhubung sama orang-orang terdekat kamu lewat SMS, chatting, media sosial, atau layanan sejenisnya, tetap aja kamu masih perlu yang namanya ngobrol lewat telepon. Pulsa mah bisa dibeli, tapi momennya jelas engga bakal terganti.

2. Lakuin kegiatan di luar ruangan

Kegiatan di luar ruangan di sini maksudnya engga cuma kamu sekedar keluar lingkungan kampus terus udah gitu aja loh ya. Kamu bisa aja lari-lari lucu di taman, ngedaki gunung, atau berenang di pantang. Tapi, lebih dari pada itu, pastiin kamu ngelakuin berbagai hal tersebut tanpa terus-terusin ngecekin hp kamu atau ngelakuin kegiatan terkait teknologi lainnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus buat nikmatin momen yang lagi kamu jalanin dan mikirin lagi apa aja yang udah kamu alami selama ini.

3. Manjain diri

via tumblr.com

Kapan terakhir kali kamu ngeluangin waktu buat ngerawat diri, Kawan Muda? Seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, atau udah lupa? Kalo emang udah lupa, buruan gih kamu manjain diri kamu dengan ke salon atau ke tempat spa. Kalo misalnya kamu lagi engga ada uang, itu engga masalah kok. Kamu ‘kan bisa aja creambath sendiri di rumah atau pijat sebentar di kursi massage murmer yang ada di mall. Lumayan loh, itung-itung ngehibur diri juga ‘kan.

4. Beli merchandise kampus yang kecil tapi signifikan

Merchandise kampus kadang harganya emang suka engga kira-kira. Meski begitu, bukan berarti hal itu jadi ngurungin niat kamu buat ngebeli seengganya satu barang aja. Entah itu pulpen, pin, gantungan kunci, stiker, kaos, atau jaket, minimal ada lah yang kamu beli buat kenang-kenangan kamu. Biar engga ribet, ya mending pilih aja barang yang harganya paling sesuai sama isi kantong kamu.

5. Ambil waktu libur seharian

via giphy.com

Namanya juga mahasiswa, pasti hari-harinya engga jauh-jauh dari bikin makalah, tugas baca, tes dadakan, laporan lab, dan berbagai hal terkait kuliah lainnya. Belum lagi kalo ditambah kegiatan UKM, organisasi, kepanitiaan, dan kerelawanan, jelas makin banyak aja hal yang harus kamu pikirin. Oleh karena itu, luangin deh waktu kamu sehari aja buat engga mikirin berbagai hal tersebut. Kamu mau tidur kek, baca buku, atau nonton seharian, lakuin aja selagi kamu bisa. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer