Sabtu, 10 April 2021

Genmuda – Awkward atau canggung adalah momen yang hampir semua orang alamin. Sialnya kejadian kayak gitu bisa aja menimpa siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Engga peduli deh usia, jenis kelamin, ukuran celana, atau jumlah tabungan di rekening. *Ngawur.

Dari sekian momen awkward dalam hidup, Genmuda.com percaya kalo ‘best moment awkward’ (baca: kejadian yang paling bikin canggung sekaligus malu) itu terjadi di tempat umum. Engga percaya? Coba kamu liat dulu kira-kira pernah engga ngalamin kejadian kayak gini:

1. Manggil teman, tapi salah orang

Kamu janjian sama teman di sebuah tempat umum. Tiba-tiba dengan percaya diri serta suara lantang kayak pemimpin upacara, kamu teriak manggil doi, pas nengok taunya salah orang. Awkward!

2. Kelepasan kentut

Sains sebenarnya bilang kalo kentut adalah bukti kalo seseorang itu sehat. Bahkan orang yang habis operasi bisa dikatakan udah sehat kalo mereka udah buang angin. Meski sehat, kentut (sorry to say) yang cuma kedengeran bunyinya atau kecium baunya itu bisa merusak citra kamu. Apalagi jika kamu kelepasan kentut dalam lift yang berisi ‘segelintir’ orang. Awkward bangetz (pake:z)!

3. Pake baju kembaran

(Foto: Istimewa)
Kalo kembar kayak gini engga apa-apa kok. (Sumber: Istimewa)

Nah, biasanya momen ini sering dialamin sama para cewek. Kamu udah dandan cantik plus pake baju yang kamu anggap paling ‘The Best’. Tapi mood bisa berubah total ketika ada orang lain yang sama-sama pake baju seperti yang kamu pake. *lebih murah lagi daripada punya kamu. Keki engga? At least, kamu bakalan awkward pas lihat itu pertama kali.

4. Ketawan ‘curanrek’

(Sumber: Blogspot)

Tawaran ‘sebats dulu’ emang udah jadi kebiasaan di kalangan perokok. Tapi kamu bisa aja mendadak kikuk kalo ngalamin hal kayak gini:

Mamet: “Sebats yuk Bob!”

Bobi: “Yuk, suntuk gue juga!” sambil nenteng bungkus rokok dan segelas kopi.

Bobi: “Lo ada korek Met?”

Mamet: “Nih!” menyodorkan korek gas bergambar logo Megadeath!

Bobi:Anjay! Ini kan korek gue yang ilang kemarin? Curanrek lo ya!”

Mamet: “…” Awkward, engga jadi ngerokok terus pulang.

5. Lupa nutup ‘garasi’

Dear cowok, mau kamu genteng dan bodynya kayak Om David Beckham, semuanya bakalan luntur kalo kamu lupa nutup ‘garasi’ alias resleting celana. Apesnya, yang liat garasi kamu itu seorag cewek di tempat umum. “Mas garasinya kebuka tuh.” Makin awkward kan?

6. Mau salaman tapi dikacangin

(Sumber: FIFA)

“Woy bro! Apa kabar?” terus kamu nyodorin tangan, tapi lawan bicara kamu cuma diam kayak prasasti di Candi. Lebih keki-nya adalah doi malah ngeliat pose kamu dengan tatapan bingung dan kosong. Awkward yang paling ngeselin!

7. Ketemu mantan sama pacar baru

(Sumber: Istimewa)

Sama cerita Penting Gak Penting yang pernah Genmuda.com, ketemu mantan (Apalagi pas jajan tahu bulat) bisa jadi momen ‘paling-paling’ awkward, sekaligus pedih. “Eh…apa kabar?” *krik..krik..krik.. Awkward level maksimal sepanjang sejarah jomblo.

8. Ke kasir uangnya kurang

anigif_optimized-23766-1434145215-1

Udah pede ngeborong di mini market, mendadak pas dihitung di kasir uang yang kamu bawa kurang. Mau bayar pake debet mesinnya lagi rusak, pake credit card engga punya, mau ke atm terdekat harus nyebrangin halte busway. Kelar hidup lo sob! Cara paling bijak, “Belanjaannya gak jadi deh mbak!” Tengsin.

9. Disangka pelayan toko

What do you mean

Kejadian kayak gini juga ada. Misalnya kamu lagi asik masuk ke toko sepatu terus ada pembeli yang tanya-tanya harga dan ukuran. Kamu pasti bakalan canggung sekaligus bengong. Tapi tenang, begitu kamu jawab, “Maaf saya bukan pelayan toko.” pasti akan lahir awkward momen di antara kalian berdua.

10. Ada cabe di gigi

Ah, pokoknya percuma kalo kamu udah dandan cantik atau pake pomade biar rambut kece buat wefie (karena selfienya bareng-bareng). Tapi tiba-tiba kamu melihat (maaf) sisa cabe yang nyelip di gigi kamu. Jelas itu itu engga KOBE dan awkward banget buat orang yang kebelutan liat. Akhirnya gagal foto.

Gimana? Kira-kira momen awkward mana yang sering atau mungkin pernah kamu alamin? Engga usah terlalu diseriusin ya, karena modal serius aja engga cukup buat naik pelaminan. *Canda.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.