Selasa, 4 Agustus 2020

Genmuda – Laga panas di perempat final Liga Champions pada Kamis (5/4) dini hari akan mempertemukan dua klub Liga Inggris, Liverpool dan Manchester City. Pada leg pertamanya nanti The Reds bakal menjadi tuan rumah di Anfield Stadium.

Berdasarkan hasil statistik dan head to head kedua tim dibilang sama-sama kuat gengs. Dalam lima partai terakhir baik Liverpool maupun City sama-sama mengalami 1 kali kekalahan. Bedanya Liverpool punya 1 hasil imbang dan 3 kemenangan. Sementara City menyapu 4 laga tersebut dengan kemenangan.

Terus tim mana yang paling diuntungkan? Berikut Genmuda.com rangkumin fakta menariknya buat kalian.

Keunggulan lini depan

via: UEFA
(Sumber: UEFA)

Saat dibantai 4-3 di putaran kedua Liga Inggris, The Citizen jadi bulan-bulanan Sane, Firmino, dan Salah. Trio depan Liverpool juga menjadi trio tersubur di dunia saat ini dengan torehan 75 gol di semua kompetisi musim ini. Bisa dibilang ketiganya adalah PR besar Guardiola di leg pertama Liga Champions nanti malam. Jika lini belakang Manchester Biru masih belum berbenah, gak menutup kemungkinan skenario buruk di Anfield bakal terulang.

Liverpool (1) – Manchester City (0)

City Lebih Produktif

(Sumber: Istimewa)

Meski trio Liverpool jadi ancaman, bukan berarti kubu Merseyside merah di atas angin. Mereka masih kalah dalam produktifitas gol di musim ini di Liga Inggris. Liverpool mencatatkan 75 gol, sedangkan City unggul dengan 88 gol. Menariknya semua gol City dicetak dari berbagai posisi pemain, mulai dari pemain depan, tengah, hingga bek. Sehingga bisa dibilang anak asuh Guardiola bisa lebih fleksibel dalam urusan menjebolkan gawang lawan.

Liverpool (1) – Manchester City (1)

Pep vs Klopp

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Jauh sebelum berada di posisi sekarang, Pep dan Klopp sebelumnya sering bertemu saat jadi juru taktik Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Berdasarkan 10 laga terakhir kedua manajer, Jurgen Klopp adalah manajer paling sering mengalahkan Guardiola dengan hasil 5 kali kemenangan, 1 seri, dan 4 kali kekalahan.

Liverpool (2) – Manchester City (1)

Pengalaman Liga Champions

via: UEFA
(Sumber: UEFA)

Bicara soal pengalaman, laga nanti malam adalah kali pertama Liverpool kembali ke perempat final Liga Champions sejak tahun 2007 – 2008. Soal sejarah The Reds udah pernah ngerasain 5 kali memegang trofi ‘Si Kuping Lebar’, sedangkan prestasi terbaik City di era Sheikh Mansour adalah lolos semi final pada tahun 2016.

Liverpool (3) – Manchester City (1)

Penguasaan zona tengah

via: Mancity
(Sumber: Mancity)

Suka atau gak, Liverpool kurang diuntungkan dalam hal ini. Emre Can dan Adam Lallana diperkirakan akan absen pada laga nanti malam. Sebaliknya, Klopp cuma punya pilihan Jordan Henderson, Gini Wijnaldum, James Milner, dan Alex Oxlade-Chamberlain. Sedangkan lini tengah City dipastikan tampil maksimal lewat kombinasi David Silva, Kevin De Bruyne, dan Fernandinho. Opsi lainnya masih ada Ilkay Gundogan.

Liverpool (3) – Manchester City (2)

Dukungan supporter

via: Liverpool
(Sumber: Liverpool)

Saat betandang ke Anfield, The Citizen harus mengakui keunggulan The Reds 4-3 pada Januari lalu. Laga itu pun menjadi satu-satu kekalahan mereka sejauh ini di Liga Inggris. Diakui oleh Guardiola, anak asuhnya sedikit kehilangan kendali permainan dalam tekanan di Anfield. Karena laga ini menjadi satu-satunya peluang gelar Liverpool musim ini, udah sepantasnya atmosfer Anfield lebih gahar dari laga sebelumnya. Who knows!

Liverpool (4) – Manchester City (2)

Well, semua fakta di atas emang lebih memihak pada kubu tuan rumah, namun bukan berarti City gak punya peluang buat menang di leg pertama nanti. Karena sepakbola tuh bukan matematika, dewi fortuna bisa aja berpihak kepada siapa aja. Ya kan! Kalo menurut lo siapa yang bakal menang nanti malam?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.