Sabtu, 26 September 2020

Genmuda – Memasuki musim film musim panas (summer movie season), produser, sutradara, film di seluruh dunia berlomba membuat film yang bisa menjaring banyak penonton. Media dan netizen di Indonesia pun kenalnya film superhero, horor, dan film indie Cannes. Padahal, ada lebih banyak dari itu loh.

Karena sorotan ke film kayak gitu terlalu banyak, moviegoers jadi ngelewatin beberapa film yang sebenernya oke meski engga banyak jadi headline. Para kritikus film malah bilang film-film tersebut seharusnya dapat sorotan jauh lebih banyak. Berikut ini adalah 5 film rekomendasi yang perlu kamu tonton biar engga bosen sama film yang lebih mainstream.

1. ‘10 Cloverfield Lane’

(Sumber: hollywoodreporter.com)

Film yang disutradarai Dan Trachtenberg ini dirilis 6 April lalu dengan penjualan lebih dari 100 juta dolar AS. Menurut IMDB, film ini merupakan debut sang sturadara menggarap film panjang. Sebelumnya, doi pernah menyutradarai tiga film pendek.

’10 Cloverfield Lane’ mengisahkan perempuan bernama Michelle (Mary Elizabeth Winstead) yang jadi korban kecelakaan mobil, kemudian bangun di sebuah bunker bersama beberapa pria yang engga dikenalnya. Michelle pun dikasih tau kalo dunia di luar bunker itu sudah kiamat.

Film bertema post-apocalypse ini punya genre misteri. Filmnya bakal mengisahkan upaya Michelle mencari kebenaran soal situasi di luar bunker. Film yang diproduseri JJ Abrams ini bakal mengungkap rahasia di balik post-apocalypse itu sedikit demi sedikit. Pada rubrik ngulik di Genmuda.com sih film ini berhasil menyabet skor 4/5, penasaran dong kayak gimana ceritanya?

2. ‘Keanu’

(Sumber: craveonline.com)

Aktor Keanu Reeves berhasil membangun karakter yang memorable dalam film ‘John Wick.’ Film itu pun digadang-gadang sebagai film Reeves yang paling oke. Namun, apa jadinya kalo film John Wick dijadiin bahan banyolan?

Itulah yang dilakukan pelawak Keegan-Michael Key dan Jordan Peele dalam film ‘Keanu’. Film ini mengisahkan petualangan kocak Clarence (Key) dan Rell (Peele) mencari anak kucing kesayangannya yang dicuri dari rumah.

Kalo kamu mencari film yang bikin ngakak, inilah film yang perlu kamu tonton karena hampir semua adegan yang melibatkan si anak kucing itu bikin ketawa. Sutradara Peter Atencio bener-bener pinter bikin scenenya menggelitik. Film ini pun dapat skor 3 dari 4 bintang menurut Roger Ebert dan meraup penjualan 20,6 juta dollar AS.

3. ‘Green Room’

(Sumber: greenroom-movie.com)

Ini jadi salah satu film terakhir yang diperankan almarhum Anton Yelchin. Seperti film ‘Rudderless,’ Yelchin kembali berperan sebagai anak band. Bedanya, karakter Pat yang doi perankan perlu menghadapi para anggota geng skinhead rasis yang sadis dan engga ragu buat ngebunuh orang dengan cara paling keji.

Salah satu tokohnya skinheadnya diperankan Patrick  Stewart. Tentu saja aktor kawakan itu berikan penampilan total, ngebuat doi jadi sosok rasis. Kalo kata Mark Kermode dari The Guardian, film thriller ini mengejutkan dan bernuansa horor.

Karena itu, para kritikus bilang film ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu. Kalo kamu engga punya perut dan mental yang kuat, sebaiknya jangan nonton. Tapi kalo kamu suka film macam ‘Daredevil’ yang diputer Netflix atau ‘American History X’, kamu bakal nikmatin film ini. Rotten Tomatoes juga ngasih film ini skor 90%.

4. ‘Midnight Special’

(Sumber: rollingstone.com)

Sutradara Jeff Nichols yang pernah bikin film ‘Mud’ kembali membuat film drama, namun kali ini dengan bumbu fiksi ilmiah dan superhero. ‘Midnight Special’ pun mengenalkan bocah berkekuatan super yang bisa mendengarkan transmisi radio rahasia NSA.

Film ini mengisahkan Roy (Michael Shannon), Alton (Jaeden Lieberher), dan Lucas (Joel Edgerton) kabur dari kejaran FBI dan ormas ekstrimis yang mengincar Alton. Film yang engga banyak dialog ini diperankan nama-nama besar macam Adam Driver dan Kristen Dunst. Plot dan kesunyian sepanjang film ini pun bikin tegang.

5. ’13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi’

(Sumber: telegraph.co.uk)

Para haters sutradara ‘Transformer,’ Michael Bay engga bakal percaya kalo film ’13 Hours’ juga disutradarai olehnya. Di film ini, Bay buktiin kalo doi jago bikin script dan ngebangun plot yang cukup dalem. Karena ini film perang dan terinspirasi dari kisah nyata, efek ledakan di film ini pun berasa realistis dan dramatis.

Itulah 5 film rekomendasi Genmuda.com yang bisa kamu tonton selama liburan. Pastinya semuanya mampu menyajikan sudut pandang baru daripada film-film mainstream sepanjang 2016. Menurut kamu, film apa lagi yang recommended banget buat ditonton? Kasih tau di kolom komentar ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.