Jum'at, 27 Mei 2022

Genmuda – Terkadang, seseorang perlu menghadapi kenyataan pahit. Keadaan itu biasa dihadapi waktu gagal mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Salah satu contoh yang dihadapi anak muda adalah gagal masuk perguruan tinggi favorit dan lolos SBMPTN.

Wajar kalo kamu kecewa. Tapi jangan kelamaan ya. Mau sampai kapan kamu larut dalam kesedihan? Yuk, simak 7 pesan motivasi dari Genmuda.com yang bisa buat kamu move on. Get over it, gaes! Tetep semangat biar bisa mencoba lagi di lain waktu.

1. Bukanlah akhir dunia

Gagal lolos SBMPTN bukan berarti hidup kamu gagal selamanya. Ujian masuk perguruan tinggi hanyalah bagian kecil dari tantangan yang bakal kamu hadapi sepanjang hidup. Kalo kamu gagal kali ini, masih ada kesempatan buat berhasil di kemudian hari. Inget loh dengan tertutupnya satu pintu, maka bakal lebih banyak pintu yang terbuka buat kamu. Masih ada ujian mandiri atau pun pilihan di kampus lainnya.

2. “Ada banyak jalan ke Roma”

Emang sih kantor dan bos-bos perusahaan besar memandang almamater kampus kamu. Tapi, inisiatif dan passion kamu nyatanya jauh lebih berarti daripada sekadar sertifikat. Kamu masih bisa masuk jurusan yang sama di kampus lain. Atau, kamu ikut serta sekolah tinggi yang ngasih kamu bekal praktis buat kerja di bidang yang kamu minati. Soalnya, pendidikan bisa kamu dapatkan dari manapun, bukan hanya dari kampus. Seperti kata pepatah, “ada banyak jalan menuju Roma.”

3. Yang sekarang kamu inginkan belum tentu jadi ‘apa’ yang kamu butuhkan

Meski motivasimu masuk kampus favorit sangat besar, belum tentu kamu bakal bahagia berkuliah di sana. Siapa tau, kampus lain menawarkan pola belajar, kebiasaan, dan pertemanan yang paling cocok buatmu. Boleh aja kamu masih bertekad nyoba ujian di kampus pilihan beberapa bulan lagi atau tahun depan. Tapi, jangan sampai kamu menutup pikiran kamu ya.

4. Jangan pernah malu

Engga ada hal positif yang bisa didapatkan kalo kamu malu. Kalo gagal, deal with it! Berlapan dada dan akui kamu belum berhasil. Biarin aja orang mau ngomong apa. Kalo tekad kamu masih kuat, kamu belajar lebih keras lagi buat ambil ujian selanjutnya. Terlambat kuliah dan jadi junior temen-temen yang dulunya seangkatan bukanlah masalah. Siapa tau kamu bisa lulus lebih cepet dari senior di kampus.

5. Banyak tokoh sukses pernah gagal sebelumnya

Sebelum Harry Potter sukses menyihir pembaca di seluruh dunia, naskah novel JK Rowling itu pernah ditolak sampai 12 kali. Penulis kisah The Great Gatsby pun pernah ditolak sebelum akhirnya tokoh tersebut diperankan Leonardo Dicaprio itu memikat semua penonton. Kalo kamu yakin masih bisa masuk kampus pilihan, jangan jadikan kegagalan kali ini mengurungkan niatmu.

6. Pada akhirnya, kamu bakal berlabuh di tujuanmu

Seorang direktur konseling Trinity School New York, Lawrence J Momo justru bersyukur karena gagal diterima di kampus pilihannya. Dalam surat pembaca New York Times dia berkata, “Kalau saya masuk kampus yang saya pilih, saya belum tentu dapat pekerjaan seperti ini. Saya juga belum tentu bisa bertemu perempuan yang jadi istri saya.”

7. Get back to work!

Seperti ratusan siswa lain yang gagal lolos SBMPTN, kamu masih punya tugas yang perlu dikerjakan. Tenangkan diri dan segera berbuat supaya engga ketinggalan lagi. Mau ujian di kampus lain atau ikut ujian tahun depan, pilihannya ada di tanganmu dan engga ada pilihan yang salah. Persaingan dunia pendidikanmu masih panjang. Terus belajar hingga kamu tiba di perguruan tinggi yang terbaik buatmu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.