Jum'at, 25 September 2020

Genmuda – Mahasiswa manapun pasti pernah ngerasain semester awal yang sulit di perkuliahan. Mesti beradaptasi sama teman baru, harus pilih kelas yang sesuai, terus mikir kira-kira selama satu semester ini belajar apa, ngerasa salah jurusan apa gak, dan segala sesuatu yang berkaitan sama hal baru. Beda jauh sama apa yang kamu rasain dulu waktu pertama kali masuk sekolah.

Tapi coba kamu pikir apa yang terjadi ketika kamu nunda kuliah kamu setelah kamu lulus SMA selama 1 tahun? Penundaan kuliah ini biasanya terjadi ketika para calon mahasiswa mau masuk ke Perguruan Tinggi idaman atau mungkin masih terbentur sama biaya pendidikan.

Selama penundaan ini kamu bisa kok ngelakuin banyak kegiatan kayak traveling, kerja, magang  atau persiapin diri lagi sebelum siap ke dunia kuliah. Akan tetapi, sebelum ke arah sana, gak ada salahnya kamu pikirin efek positif dan negatif saat menunda kuliah sebagaimana Genmuda.com jelasin di bawah ini. Pantengin terus sampai selesai ya.

Faktor kelulusan

via: giphy

Negatifnya: Gak ada yang lebih bikin khawatir dan cemas dibanding liat temen satu angkatan kamu lulus kuliah duluan sebelum kamu. Ngeliatin Instagram yang isinya temen-temen kamu pada pamer abis sidang skripsi dan pake toga, pasti bikin kamu sedikit sedih.

Positifnya: Gak masalah sih kalo kamu emang pengen nunda kuliah dulu, tapi siapin dulu mental dan batin buat nerima kalo kamu bakal telat lulus dibanding yang lain. Jangan khawatir, meskipun nantinya kamu ngerasa lebih lambat dari yang lain, seenggaknya kamu nyaman sama pilihan kamu. Lagi pula yang lulus cepat juga belum tentu cepat juga dapat jodoh kerja kan?

Faktor waktu

Negatifnya: Saat menunda kuliah otomatis kamu punya waktu lebih panjang buat mempersiapkan diri ke ujian masuk perguruan tinggi, tapi itu bisa aja jadi ngebosenin. Bahkan kalo kamu gak fokus bisa aja rencana menunda kuliah satu tahun bakalan diperpanjang jadi dua sampe tiga tahun, atau mungkin lebih daripada itu.

Positifnya: Orang bijak pernah bilang buat gunain waktu sebaik-baiknya. Nah, di masa nunda kuliah satu tahun ini, seenggaknya kamu bisa mikirin lagi buat memutuskan jurusan kuliah yang akan kamu ambil buat 3 atau 4 tahun ke depan. Jadi jangan sampe ada argumen salah jurusan lagi ya.

Faktor keuangan

Negatifnya: Mungkin ada beberapa beasiswa di tahun pertama yang terlewatkan atau diambil sama orang lain saat kamu nunda kuliah. Tapi jangan jiper, jadiin itu sebagai motivasi ya, soalnya masih banyak beasiswa lainnya yang bisa kamu perebutkan.

Positifnya: Jika kamu nunda kuliah karena mau kumpulin uang dulu buat kuliah, pasti keputusan ini sangat tepat. Selanjutnya kamu diskusiin aja sama orang tua terkait masalah keuangan supaya gak ada salah paham yang akan mempengaruhi keuangan kamu nantinya.

Faktor kesehatan

via: Giphy

Negatifnya: Setelah deretan try out hingga Ujian Nasional, kamu butuh kok waktu buat memulihkan jiwa dan pengennya santai dulu buat sementara, pilihan buat nunda kuliah adalah mungkin bisa jadi tepat. Namun jangan kasih kendor. Bisa aja waktu istirahat satu tahun itu jadi sia-sia, karena keasikan istirahat terus jadi males.

Positifnya: Terlalu maksa buat mikir lagi dan memborbardir diri kamu malah gak baik juga, loh. Biar pun berusaha terlalu keras hasilnya tetep gak akan baik, meski kamu pengen banget lulus.

Initinya menikmati waktu setahun buat menunda kuliah sebenernya punya dampak positif dan negatinya juga, tergantung gimana cara kamu mengisi waktu kosong tersebut. Coba buat menghindari kegiatan-kegiatan yang kurang berguna dan rencanain kuliah kamu nantinya sebaik yang kamu bisa. Selamat mencoba ya gengs! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.