Senin, 22 April 2019

Genmuda – Masa SMA sebentar lagi kamu tinggalin, dan beberapa kebiasaan yang dulu sering kamu lakukan di sekolah mesti ditinggalin ketika kamu memasuki masa kuliah. Ini penting buat kamu lakuin sebagai fase pendewasaan diri dari anak SMA labil yang belum tau arah, menuju anak kuliah yang dikenal independen dan berpikiran lebih terbuka. *tsah!

Kawan Muda mesti pilih-pilih kebiasaan mana yang mau kamu pertahankan dan dibawa buat menjalani masa kuliah, kebiasaan mana juga yang mesti ditinggalkan karena gak bisa bawa kamu ke transisi yang lebih baik. Mulai dari cara belajar, cara berpikir, cara berpakaian, sampai kisah percintaan, kamu akan lebih banyak belajar lagi di fase yang baru, dalam dunia perkuliahan ini. Terus apa aja hal yang biasa kamu lakukan di sekolah tapi gak boleh kamu lakukan lagi di dunia kampus?

1. Merasa paling pinter

Kalo dulu pas di sekolah kamu adalah termasuk anak yang selalu dapet ranking dan ngerasa paling pinter, coba tekan ego kamu buat ngerasa sok pinter di kuliahan. Bukannya kamu mesti menutup diri kamu dan gak pernah jawab pertanyaan-pertanyaan dosen, bukan. Tapi coba buat ngasih kesempatan ke temen-temen yang lain buat jawab juga.

Istilahnya, let them shine. Jangan sampe kamu keliatan caper di depan dosen, bisa-bisa temen sekelas kamu jadi sebel sama kamu. Jadi, gak ada yang lebih buruk dari punya kepala besar dan selalu berpikiran bahwa orang lain gak lebih pinter dari kamu. Nilai di kuliahan itu gak bisa keprediksi gengs, belum tentu kamu akan selalu dapet nilai bagus karena sering jawab.

2. Terlalu deket sama 1 geng aja

via: Mashable

Bertemen di dunia kampus gak segampang cari temen di dunia sekolah dulu. Jadi jangan sampe ketika kamu udah bertemen sama satu kelompok, kamu akan berpikir kalian akan jadi best friends forever. Coba pikirin, apa iya temen-temen kamu akan bertahan selama 3 atau 4 tahun, nemenin suka duka kamu?

Sesuka dukanya temenan pun, kalo kamu gagal di satu mata kuliah, mereka gak akan mau ikutan gagal juga dan pasti ngeduluin kamu dibidang akademik. Temen yang kamu yakini “masuk bareng, lulus bareng” juga belum tentu nantinya akan saling nungguin ketika ada yang telat lulus. Jadi, jangan terpaku sama 1 geng aja, dan carilah temen sebanyak-banyaknya. Buka pergaulan dan wawasan kamu dengan cara yang positif ya!

3. Buang sifat males

Mungkin kamu nanti akan kuliah di luar kota, yang notabene kamu akan jauh dari orang tua. Kalo dulu kamu apa-apa diurusin sama orang tua, pasti nanti di kuliahan akan kewalahan karena gak biasa urus segala sesuatu sendiri. Hal kecil aja, yaitu soal pakaian. Kalo kamu gak bisa nyuci sendiri atau bersihin kamar sendiri, kamu pasti akan nyusahin diri kamu sendiri. Belum tentu temen kamu bisa toleransi sama hal-hal yang berantakan dan kotor atau bau, jadi sebaiknya kamu harus mulai belajar buat bisa nge-handle semuanya sendiri.

At least, coba kamu mulai buat bersihin kamar kamu sendiri tiap akhir pekan. Terus nyuci sendiri juga, jangan dicuciin ibu atau bibi kamu. Gak mau kan kamu dikenal sebagai orang yang jorok?

4. Kelas itu bukan tempat yang membosankan

Katanya masa SMA itu adalah masa yang paling menyenangkan dan gak akan terlupakan. Tapi, percaya deh kalo masa-masa di kuliah itu jaaaaaauh lebih menyenangkan karena banyak drama, lebih banyak air mata, dan tentunya lebih banyak tawa juga. Kalo pas SMA kamu dipaksa buat nerima semua mata pelajaran, meskipun kamu gak suka dan benci banget sama hal itu, kebalikannya di dunia kuliah, kamu bisa pilih mata kuliah yang kamu ingin ambil aja.

Coba pilih dengan bijak mata kuliah yang akan kamu ambil dan senangi. Jadi kamu gak akan ngerasa kalo kuliah itu membosankan. Jadiin kuliah ini sebagai masa-masa di mana kamu bisa memperluas pengetahuan dan tempat diskusi yang asik. Jadi, gak ada alasan lagi kamu bolos kelas karena kelasnya membosankan ya!

5. Punya gebetan, tapi malu pengen deketin

Ini juga perlu dikurang-kurangin. Kamu mesti lebih berani dari kamu yang dulu di dunia sekolah. Jangan lagi kamu suka sama orang tapi cuma memendamnya apalagi cuma cerita ke temen kamu. Gak jaman! Saat kamu ketemu sama orang yang menarik hati kamu, cepetan cari cara buat ngobrol.

Banyak kok hal yang bisa kamu jadiin bahan obrolan, dan inilah fungsinya kamu memperluas pergaulan kamu. Kalo kamu cerita dulu ke temen, jadi secret admirer, terus nge-stalk doi di media sosialnya, nanti yang ada kamu keduluan sama orang lain, dan akhirnya nyesel. Karena persaingan percintaan di dunia kampus akan lebih luas dibanding di sekolah dulu. Jadi, jangan kelaman nunggu ya. Tarik napas…. dan buruan gebet!

6. Suka nunda pekerjaan

Kamu harus bisa keluar dari zona nyaman dan berhenti jadi penunda. Percaya deh, tugas di kampus akan jaaaaaauh lebih banyak dan jaaaaaauh lebih rumit. Kamu akan jarang ngerjain tugas dengan bentuk soal pilihan ganda. Paling mudahnya, kamu disuruh jawab pertanyaan beranak banyak, dan bahkan bikin paper atau esai.

Ngejalanin dunia kuliah emang gak segampang waktu SMA, dan ini memaksa kamu buat jadi orang yang taat sama waktu. Bayangin kalo kamu nunda bikin esai atau makalah sebanyak 2 lembar dalam 1 hari, dan ketika waktunya datang, kamu mesti bikin 10 lembar makalah dalam waktu kurang dari 24 jam! Selesai engga, tapi pusing iya. Jadi, jangan coba-coba nunda banyak pekerjaan. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.