Minggu, 25 Februari 2024

Genmuda – Hype soal Galaxy S8 gak bertahan lama. Belum ada sebulan setelah peluncuran flagship Samsung itu 21 April lalu, gosip kalangan pecinta tekno udah bergeser jadi ngomongin soal iPhone 8. Soalnya, konsep pertama ponsel anyar Apple itu lagi-lagi sengaja dibocorin bocor ke publik.

Bocorannya bilang kalo layar iPhone 8 bakalan bener-bener full dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan ponsel (bezel-less). Tombol homenya juga berubah jadi tombol virtual yang diletakkan di dalam layar. Udah gitu, baterai ponselnya bisa diisi dengan fitur nirkabel (wireless charging).

Semua kecanggihan itu jelas bikin harga iPhone 8 meroket lebih cepat daripada pesawat Falcon 9 Space X. Kalo iPhone 7 dijual dengan kisaran 700an dolar AS, maka iPhone 8 rencananya dibanderol dengan kisaran 800 – 1.000 dolar AS (10,6 – 14 juta rupiah).

Belajar dari yang udah-udah, bocoran Apple biasanya benar kejadian. Waktu konsep iPhone 7 bocor, ponsel kontroversial itu ternyata emang gak punya colokan headphone. Kita anggap aja bocoran soal iPhone 8 benar-benar kejadian. Dengan fitur yang udah dikemukakan, kamu bisa bayangin kalo ponsel anyar itu bakal kayak gini.

1. Gak kebanyakan scroll

via popkey.co

Salah satu efek positif layar penuh jelas bikin kamu bisa ngeliat konten medsos lebih banyak, jadinya gak perlu kebanyakan scroll. Lumayan deh beban kerja jempol kamu berkurang mungkin hingga dua kali lipat.

2. Layarnya kepencet-pencet

via bgr.com
Makin salah pencet aja nih. (Sumber: bgr.com).

Sayangnya, layar lebih luas berarti makin banyak area yang bisa kepencet tanpa sengaja. Misalnya, saat jempol pengen mencet sesuatu di ujung layar sana, tau-tau panggal jempol tanpa sengaja mencet ujung layar bagian sini.

Samsung mencoba mengatasi problem itu dengan bikin layar jadi melengkung di bagian sisi kiri-kanannya. Kira-kira, gimana ya cara Apple mengatasi masalah tak terelakkan itu?

3. Retak di ujung layar

vi indogamers.com
(Sumber: indogamers.com).

Area sisi samping dan atas-bawah semua ponsel merupakan area yang paling gampang rusak karena tipis dan minim perlindungan. Ngelebarin layar sampai area ujung itu sama aja dengan bikin bagian ujung layar mendekat ke area yang gampang rusak. Semoga Apple menemukan solusinya.

4. Agak bingung saat balik ke home

via cnet.com
Tombol bundar ini engga bakal ada lagi. (Sumber: cnet.com).

Buat kamu yang biasa mengandalkan tombol home fisik, siap-siap ngerasa aneh saat menekan tombol home virtual di iPhone 8 nanti.

5. Gak ribet masalah kabel putus

via Istimewa
Kabel charger putus di area ujung adalah masalah standar pengguna iPhone. (Sumbeer: Istimewa).

Kalo emang iPhone 8 beneran mengucapkan selamat tinggal pada semua jenis kabel aksesoris ponsel, berarti kabel putus dan kusut gak lagi jadi masalah. Hati-hati ya, dengan begitu para copet bisa dengan mudahnya mencuri ponsel kamu dari kantong.

6. Gak bisa ngisi baterai sambil mainin ponselnya

via idownloadblog.com
(Sumber: idownloadblog.com).

Ketika iPhone masih dicharge dengan kabel USB-C, kamu masih bisa mengisi baterai sambil memainkan ponselnya. Kalo udah sepenuhnya pakai fitur wireless chargingbaterai cuma bisa diisi ketika ponselnya ada di dekat chargernya. Dengan teknologi sekarang, sinyal pengisian baterai belum kayak sinyal WiFi yang bisa dipancarkan ke satu ruangan.

7. Tahan air banget

via androidheadlines.com
Galaxy S8 udah jadi ponsel anti air duluan. Engga mungkin Apple mau kalah. (Sumber: androidheadlines.com).

Tanpa lubang-lubang listrik di ponsel, iPhone 8 bisa mencapai cita-citanya untuk jadi ponsel anti air. Kabarnya, Apple lagi mengusahakan supaya ponselnya dapet sertifikat itu, mengalahkan Samsung S8.

8. OS anyar

via Istimewa
Konsep OS 11 untuk di MacBook. (Sumber: Istimewa)

Tiap iPhone generasi baru rilis dengan OS terbaru. Jadi, besar kemungkinan iPhone 8 bakal rilis dengan OS 11.

9. Bikin bangkrut

via giphy.com

Misalnya harga iPhone di negara asalnya beneran 10 juta -14 juta rupiah, maka di Indonesia harganya bisa naik jadi 15 juta – 20 juta, menandakan ponsel batangan termahal yang harganya sama dengan harga motor.

Jangan ngiler dulu, gaes. Inget loh kalo Apple sama sekali belum ngumumin tanggal perilisan generasi terbari iPhone. Bisa aja kan tahun ini mereka ngirilis iPhone 7s dulu baru tahun depannya iPhone 8. Sambil nunggu perkembangan terbarunya di Genmuda.com, tonton dulu video di bawah ini.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.