Rabu, 1 Desember 2021

Genmuda – Kolaborasi jadi ciri khas project seni kekinian. Membawa banyak nama seniman, gaung projectnya bisa besar. Itu juga yang dilakuin para musisi dalam dan luar negeri.

Pada awal Mei, berbagai aplikasi streaming musik kebanjiran single anyar yang berupa hasil kolaborasi. Ada yang standar banget kayak lagu pop-EDM-menyemenye, ada yang keren.

Lagu yang not reccommended jelas engga masuk tulisan ini. Lagu yang keren menurut pilihan Genmuda.com ada di bawah ini. Dengerin sekarang deh biar vocabulary musik kamu bertambah.

1. “Youth” – Shawn Mendes & Khalid

Khalid yang diajak Shawn Mendes berkolaborasi bukan DJ Khaleed, melainkan penyanyi suara powerful yang agak rough. Jenis suaranya melengkapi jenis suara Mendes yang halus. Sahut-sahutan vokal mereka bercerita soal semangat masa muda yang gak bisa dibendung.

2. “You Can Cry” – Marshmello, Juicy J, & James Arthur

Marshmello meredam egonya di single “You Can Cry.” Irama elektronik doi jadi pengiring verse rap Juicy J dan reff merdu mendayu James Arthur. Liriknya secara umum bercerita tentang orang yang lagi menenangkan seseorang bahwa cobaan hidup pasti berlalu.

3. “Genius” – LSD (Labirinth, Sia, Diplo)

Sia dan Labirinth, bersahut-sahutan lirik gombal ala anak nerd diiringi irama elektronik harmonis nan ritmis DJ Diplo. Buat single perdana dari kolaborasi perdana tiga musisi itu, judul “Genius” adalah sebuah langkah yang jenius.

4. “Hold on Tight” – R3HAB & Conor Maynard

Single ngebeat ini dibawain dengan efek EDM yang muncul pada hampir semua lagu-lagu populer, namun nuansanya engga pasaran. Bercerita soal gombalan dan ajakan untuk lanjutin hubungan asmara meski banyak cobaan, kolaborasi R3HAB dan Maynard jempolan banget.

5. “Lagu Religi” – Melly Goeslaw & Hedi Yunus

Siapa bilang lagu religi harus selalu mendayu? Buktinya, Melly Goeslaw dan Hedi Yunus tampilkan lagu religi dengan irama jazzy upbeat. Pilihan nadanya membangun nuansa yang membuat kamu berpikir bahwa lagu itu adalah lagu yang biasa dibuat Lale, Ilman, dan Nino.

6. “Takdir Itu Kamu” – Trio Lestari

Lama ditunggu, karya baru Glenn Fredly, Sandy Sandoro, dan Tompi nongol juga di awal Mei 2018. Tiap penyanyi bersuara powerful itu bawain lirik galau mengenai “terjebak rindu” dengan porsi yang pas. Iringan piano dan orkestra menambah kemerindingan lagu itu.

7. “Crystallized” – Rock N Roll Mafia & Neonomora

Sebuah affair Rock N Roll Mafia dengan Neonomora hasilkan single edgy, berjudul “Crystallized” yang merupakan bagian dari mini album (EP) Unison. Lagu dengan banyak banget unsur bunyi ini penuh tapi gak ngebosenin didengar karena perpindahan bagiannya sulit ditebak. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.