Sabtu, 16 Januari 2021

Genmuda – Semasa kuliah, pasti bakal ada banyak hal yang bakal kamu laluin. Mulai dari nyari jati diri, rutin begadang, pacaran, sampe bohong ini itu sekalipun, dijamin beragam hal tersebut bakal ngisi dunia perkuliahan kamu, Kawan Muda.

Namanya juga manusia, boong banget kalo engga pernah boong. Ditanya dosen udah ngerti apa belum sama materi yang beliau ajarin, kamu cuma ngangguk atau ngejawab iya doang. Eh giliran ditanya ortu ngapain kamu semalam pulangnya larut banget, kamu bilangnya abis nugas atau ada kegiatan kampus. *Klasik banget deh kamu.

Tapi, yang jauh lebih miris itu sebenarnya saat kamu ngebohongin diri kamu sendiri, Kawan Muda. Bahkan, sadar engga sadar kamu justru udah ngelakuin hal itu di berbagai aspek hidup kamu. Berikut ini adalah 5 dari sekian banyak kebohongan yang pasti pernah kamu sampein semasa kuliah:

1. Engga kangen rumah

via huffingtonpost.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo pengen dibilang tegar, engga usah kayak gini juga sih sebetulnya. Apalagi buat kamu anak rantau yang pulangnya cuma pas hari raya keagamaan atau cuma setahun sekali, ada kalanya kamu pasti bakal kangen rumah (banget). So, sama kayak perasaan kamu ke si dia, perasaan kangen rumah juga sebaiknya engga kamu pendam gitu aja. Sama keluarga sendiri engga usah gengsi segala lah!

2. Masa bodo dengan nilai-nilai

via ssdiaries.wordpress.com

Iya sih kuliah emang engga gampang. Apapun jurusan kamu, bakal ada kerumitan dan tantangannya sendiri yang berpotensi bikin stres. Terlepas dari itu, bukan berarti gara-gara capek belajar kamu akhirnya malah jadi engga peduli sama nilai kamu. Ingat, kalo kamu mau ngelamar kerja nanti, banyak perusahaan ngewajibin IPK kamu minimal 2.75 atau 3.0 loh (walau bukan syarat mutlak).

3. Tau apa yang dilakuin

woman-getting-idea
(Sumber: womenpla.net)

Engga usah iri kalo ngelihat teman kamu hidupnya kayak udah pada teratur. Belum tentu juga aslinya mereka emang kayak gitu. Justru, bisa jadi teman-teman kamu yang pada ngomong bahwa mereka udah tau bakal ngelakuin apa buat hidup mereka sebenarnya juga masih bingung bakal ngapain. Dengan demikian, engga usah malu kalo emang kamu engga tau, jadiin itu sebagai pembelajaran.

4. Pengen buru-buru ninggalin kota ini

via imgur.com

Tadi pas ditanya kangen rumah engga mau ngaku, kok sekarang malah pengen buru-buru hengkang dari daerah perantauan kamu? Ingat, segimana nyebelin atau ngeboseninnya daerah yang kini kamu tempati, ada saatnya kamu bakal pengen balik lagi ke sana buat ngenang masa-masa kuliah kamu. Entah itu kampus kamu, restorannya, atau apapun itu, pasti ada hal-hal tertentu yang layak dikenang.

5. Engga bakal sedih pas wisuda

(Sumber: Ugm.ac.id)

Yakin engga bakal sedih? Yakin engga bakal nangis biar cuma setetes dua tetes air mata? Udah deh engga usah sok engga bisa sedih gitu, Kawan Muda. Paling kamu bakal mulai mewek pas nama kamu dipanggil atau anggota paduan suara kampus kamu lagi nyanyiin lagu yang bikin terharu. Percaya deh!

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer