Rabu, 15 Juli 2020

Genmuda – Bicara masalah roh halus, hantu, atau bahasa sininya sering disebut ‘setan’ pasti udah engga asing lagi di telinga kamu kan. Dalam budaya timur, makhluk supernatural itu masih kentel banget di berbagai negara. Hampir masing-masing negara punya hantunya sendiri. Untung aja engga dilombain.

Udah gitu, sosok yang kasat mata ini tuh selalu greget buat diomongin. Padahal serem tapi kalo diobrolin jadi seru banget, seketika jadi pada merhatiin dan suasana berubah hening gimana gitu. Apalagi pas malam Jumat tuh, lengkap sudah. Buktinya, engga sedikit tayangan atau serial televisi yang menayangkan perburuan hantu atau mengungkap sisi mistis sebuah tempat.

“Hantu mah adanya di tempat angker doang lah, masa bisa sampe kemana-mana.” Salah besar. Inget tragedi Pocong Roxy? Tempat yang kita kenal sebagai sarangnya jual-beli handphone, bisa ada hantunya juga. Keberadaan makhluk halus itu bisa dimana aja, karena mereka diciptakan buat ngegoda iman kita. Bisa jadi di rumah kamu.

Kalo kamu sering ngerasain beberapa tanda ini waktu di rumah, baiknya lebih waspada, Kawan Muda, bisa jadi rumah kamu ada hantunya.

1. Suara-suara aneh

‘Kukuruyuk’ misalnya. Kalo jam 4 subuh mungkin wajar-wajar aja. Tapi, kalo jam 12 malam? Hati-hati guys. Konon katanya diartikan kemunculan makhluk halus.

Kedengerannya konyol sih, drama abis. Tapi, suara-suara creepy yang kadang gak jelas asal-usulnya itu bisa menandakan entitas tertentu di sana. Suaranya bisa langkah kaki orang, ketukan di dinding, helaan nafas, bisikan-bisikan, sampai suara binatang yang seharusnya gak ada di dalam rumah kita.

2. Aktivitas psikokinetik

Aktivitas psikokinetik itu terjadi kalo barang-barang atau suatu objek di rumah kamu tiba-tiba bergerak sendiri, berfungsi sendiri. Pisau yang tiba-tiba jatuh, lampu yang nyala sendiri, sampai pintu lemari yang ketutup sendiri. Gubrak! Langsung kabur. Benda-benda yang bergerak tanpa sebab itu dipercaya karena hadirnya makhluk gaib saudara-saudara.

Barang-barang elektronik juga bisa menandakan aktivitas tersebut. Misalnya saluran TV kamu yang mendadak kresek-kresek atau radio yang mendadak pindah pada gelombang statis. Konon, roh halus juga mau dengerin radio. Canda. Roh halus punya energi negatif yang cukup kuat dan gelombang magnetis yang bisa mengganggu fungsi barang elektronik kamu. Kalo telepon dari gebetan kamu tiba-tiba kereject sendiri, itu bisa juga kali ya.

3. Barang kamu yang tiba-tiba hilang

Makannya jangan teledor! Benda yang hilang bisa jadi karena salah kita sendiri, lupa naro. Tapi, kalo perasaan kita udah kuat banget bilang “Perasaan di sini semalem, gak mungkin gue lupa,” bisa jadi itu ulah arwah atau hantu iseng yang bawa benda-benda kamu ke dunia paralel mereka. Fenomena ini lazimnya disebut Disappearig Object Phenomenon.

4. Mimpi aneh dan suka ngerasa ‘ketindih’

Teror dalam mimpi aka mimpi buruk juga satu tanda yang menyatakan kalo disekitar kita, rumah khususnya, ada keberadaan hantu, Kawan Muda. Kalo sekali dua kali, habis diputusin misalnya, terus mimpi buruk ya wajar. Tapi, kalo mimpi aneh terus berlanjut dan setiap Minggu pasti ada, kamu harus mulai waspada, mungkin aja sosok hantu ada di rumah kamu.

Selain mimpi aneh, yang sering kejadian itu sleep paralys atau ketindihan. Engga sedikit pasti kita pernah denger curhatan temen kita, “Semalem gue ngerasa ketindih, mau gerak kok gak bisa ya. Ngomong juga,” Hal ini salah satu bentuk kepercayaan dimana para hantu coba menunjukan eksistensinya ke kita loh.

5. Perubahaan suhu yang mendadak

Para psikolog percaya kalo sosok hantu dan arwah punya energi yang bisa mempengaruhi suhu dalam satu ruangan. Kayak Avatar. Jadi, kalo di rumah kamu tiba-tiba suhu berubah secara drastis, tiba-tiba panas gitu, bersiaplah karena mungkin makhluk halus ada di sekitar kamu.

6. Tiba-tiba tercium bau aneh

Konon, kemunculan makhluk halus di sekitar kita ditandakan dengan munculnya aroma aneh secara tiba-tiba, Kawan Muda. Bisa wangi bunga melati, padahal nyokap engga nanem di halaman, bau yang busuk banget, sampai menyengat bikin pusing kepala. Kalo kamu sering ngerasain hal yang satu ini, hati-hati, tandanya hantu negatif ada di sekitar kamu dan mereka berniat mengganggu. *penulis merinding*

7. PENAMPAKAN

Kalo udah sampe tahap ini, banyak-banyaklah beribadah, Kawan Muda. Walau masih jadi sebuah pertanyaan besar, “Sebenarnya hantu itu ada engga sih?” baiknya kamu percaya aja, kalo sosok hantu udah nongol di depan kamu. Gambaran yang paling jelas biasanya berupa bayang-bayang yang sekelebat menghilang, cahaya berkelap-kelip, sosok yang melayang, sampai berwujud aneh, tanpa kepala misalnya.

Kamu punya pengalaman menarik yang bisa dibagi? Cerita seru ngerasain hal-hal di atas? Tulis di bawah ya. Kasih tau kita please. (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis