Minggu, 20 September 2020
Hiburan

Jelang Promosi Mini Album di Jerman, Sandhy Sondoro Ikutan ‘Best Cuts of Piyu’

Sandhy Sondoro di sela latihan mini concert 'Best Cuts of Piyu' di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Genmuda – Di antara sejumlah nama musisi jebolan ajang pencarian bakat Tanah Air yang terlibat di album dan mini concert ‘Best Cuts of Piyu’, ternyata ada satu nama yang justru merupakan jebolan ajang pencarian bakat di luar negeri. Doi engga lain dan engga bukan adalah Sandhy Sondoro.

Sebelum tenar dan sukses di negeri sendiri, Sandhy udah lebih dulu dikenal di Eropa, khususnya di negara-negara kayak Jerman dan Latvia. Doi mulai dikenal setelah berhasil menangin kontes internasional New Wave di tahun 2009. Doi bahkan jadi orang Indonesia sekaligus Asia Tenggara pertama yang ikutan ajang pencarian bakat tersebut loh, Kawan Muda.

Lantas, gimana sih awal mula keterlibatan Sandhy di ‘Best Cuts of Piyu’? “Awal mulanya ada ajakan dari Mas Piyu. Kebetulan ada orang dari kami juga yang memang sering kerja sama dengan Mas Piyu. Namanya Noviar Irianto, salah satu komisaris di perusahaan rekaman kami. Saya diajakin dan saya langsung setuju,” kata Sandhy saat ditemui Genmuda.com di G Studio, Jakarta, Senin (8/2).

Meski begitu, keterlibatan Sandhy di ‘Best Cuts of Piyu’ sebenarnya termasuk sebagai “pengecualian”. Hal tersebut bahkan udah dibeberin sendiri sama Kunto Handoyo dari MDG Production. “Kebetulan saya kenal baik juga. Saya hubungin dia dan dia mau,” ujar Kunto.

Sementara itu, untuk lagu di ‘Best Cuts of Piyu’, Sandhy kebagian buat ngebawain lagu Padi yang berjudul ‘Belum Terlambat’. Doi pun bilang kalau doi suka sama lagu tersebut, soalnya pas “pertama kali dengar lagunya oke, catchy dan easy listening.”

Tapi, sama kayak Agseisa, Sandhy sebelumnya ternyata juga belum pernah tahu soal lagu Padi karya Piyu yang harus doi bawain itu. “Tahu Padi terakhir itu album ‘Sesuatu yang Tertunda’. Saat itu saya masih di Jerman dan beberapa bulan saya sering dengerin albumnya. Di Jerman kadang-kadang saya kangen dengerin lagu-lagu Indonesia,” akunya.

Sandhy Sondoro saat latihan mini concert 'Best Cuts of Piyu' di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)
Sandhy Sondoro saat latihan mini concert ‘Best Cuts of Piyu’ di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Sandhy pun dalam waktu dekat ini sebenarnya bakal kembali ke Jerman buat ngepromosiin mini album barunya. Walau demikian, doi tetap nyempatin diri buat tampil di mini concert peluncuran ‘Best Cuts of Piyu’ di The Foundry No. 8, Jakarta, Rabu (10/1).

Tanggal 11 saya akan terbang kembali ke Jerman. Tanggal 13 ada konser di Hamburg dan tanggal 14 ada konser di Berlin dalam rangka saya baru rilis mini album yang berisikan 7 buah lagu. Satu lagu yang paling baru adalah lagu berbahasa Jerman yang akan saya promokan ke Jerman, Swiss, dan Austria,” ungkap Sandhy.

FYI, mini album yang bakal Sandhy promosiin di Jerman bisa dibilang memang khusus dipasarin di negara tersebut dan di negara-negara Eropa lainnya. Hal itu terjadi karena doi ngelihat penyanyi Indonesia yang ngebawain lagu berbahasa asing masih belum begitu bisa diterima di sini.

Jadi sampai album terakhir itu saya pakai bahasa Indonesia 50% dan bahasa Inggris 50% karena saya engga cuma jual di sini, tapi juga pasar Internasional, yang kebetulan di Jerman,” tandas Sandhy.

Di samping itu, Sandhy saat ini ternyata juga lagi ngumpulin materi buat ngerilis album baru di Indonesia pada bulan April mendatang. Singkatnya, tahun 2016 pokoknya bakal jadi tahun yang cukup sibuk deh buat doi. Kita doain aja semoga proyek-proyek doi ke depannya bisa terus sukses ya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer