Minggu, 18 Agustus 2019
Hiburan

Sentuhan Baru Karya-karya Piyu dalam ‘Best Cuts of Piyu’ Siap Dirilis

Dion Agung, Ferdinand Pardosi, Sandhy Sondoro, Piyu, Firly Firlana, Agseisa, dan Romy Syalasa di sela latihan mini concert 'Best Cuts of Piyu' di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Genmuda – Di saat band lagi vakum, bukan berarti kreativitas personilnya juga harus ikutan vakum. Hal itu pun bisa kamu lihat pada Piyu, gitaris band Padi yang sekarang lagi disibukin sama album barunya yang bertajuk ‘Best Cuts of Piyu’.

‘Best Cust of Piyu’ merupakan sebuah album kompilasi yang terdiri dari 11 lagu karya Piyu yang udah didaur ulang. “Sebenarnya awalnya dari ngobrol-ngobrol saya dengan Mas Kunto dari MDG Production untuk mengkompilasi karya-karya saya. Ya udah kita buat album spesial namanya ‘Best Cuts of Piyu’,” kata Piyu saat ditemui Genmuda.com di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (8/2).

Piyu saat latihan mini concert 'Best Cuts of Piyu' di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)
Piyu saat latihan mini concert ‘Best Cuts of Piyu’ di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Senada dengan Piyu, Kunto pun nambahin kalau ide pembuatan ‘Best Cuts of Piyu’ awalnya tercetus di bulan September 2015. Beliau tertarik buat kerja sama bareng Piyu karena beberapa alasan. “Satu, dia teman dekat saya. Kedua, untuk generasinya dia, dia sendiri yang belum ada kesempatan untuk bikin album kompilasi,” ujarnya saat ditemui di G Studio, Jakarta, Senin (8/2).

Yang lebih menariknya lagi, sebagian besar musisi muda yang terlibat di ‘Best Cut of Piyu’ ternyata merupakan musisi jebolan ajang pencarian bakat di Tanah Air. Sebut aja Isa Raja, Romy Syalasa, Ferdinand Pardosi, Agseisa, Barsena Bestandhi, dan Dion Agung.

Kami ambil anak-anak talent search. Kami kasih mereka pengalaman dan senjata supaya mereka bisa berkembang. Kami lihat orang-orangnya dari YouTube bareng Ferdinand. Sebulan albumnya jadi,” beber Kunto.

Ferdinand Pardosi saat latihan mini concert ‘Best Cuts of Piyu’ di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Ferdinand, yang juga ikut ngebawain salah satu lagu Piyu di ‘Best Cuts of Piyu’, pun ngejelasin kalau dirinya memang ikut ngebantu ngasih referensi musisi, tapi keputusan kembali lagi ada di tangan Piyu dan Kunto. “[Saya] kenal dengan beberapa dari mereka dan ngelihat juga di YouTube, tapi yang milih Mas Kunto sama Mas Piyu,” katanya.

Bukan cuma itu, ‘Best Cuts of Piyu’ sebenarnya engga cuma terdiri dari lagu-lagu yang udah dipopulerin sama Padi doang. Album tersebut juga terdiri dari lagu-lagu yang udah dipopulerin sama artis ternama lainnya, kayak misalnya Citra Scholastika.

Firly Firlana di sela latihan mini concert 'Best Cuts of Piyu' di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)
Firly Firlana di sela latihan mini concert ‘Best Cuts of Piyu’ di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Sebenarnya di ‘Best Cuts of Piyu’ bukan hanya murni lagu Padi saja. Di situ juga ada lagu karya saya yang dinyanyikan penyanyi lain. Kalau untuk yang lagu Padi memang itu adalah murni karya saya, sehingga saya cuma ngasih tahu teman-teman aja kalau saya mau rilis album kompilasi ‘Best Cuts of Piyu’ dan mohon doa restunya,” ungkap Piyu.

Engga ketinggalan, Piyu dan pasukan musisinya bakal tampil pula dalam sebuah mini concert peluncuran ‘Best Cuts of Piyu’ di The Foundry No. 8, Jakarta, Rabu (10/1). Latihan untuk konser itu pun masih berlangsung hingga kemarin dan Kunto ngejamin kalau persiapannya udah mencapai 95%.

Pengennya sih jadi kayak bridging karena lagu-lagu di [‘Best Cut of Piyu’] ‘kan kebanyakan hitsnya Padi. [Semoga] lagu yang dulu ngetop bisa ditransfer ke anak-anak sekarang dan tetap dikenal sebagai lagu yang abadi,” demikian harapan Kunto untuk album maupun mini concert peluncuran ‘Best Cuts of Piyu’.

Sebaliknya, Piyu sendiri ngungkapin kalau, “Persiapan untuk konser besok kami udah beberapa kali rehearsal dan nyusun song list. Di samping itu, kami juga udah nyiapin kayak semacam multimedia yang akan menguatkan karakter dari lagu-lagu tersebut.”

Sandhy Sondoro saat latihan mini concert 'Best Cuts of Piyu' di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)
Sandhy Sondoro saat latihan mini concert ‘Best Cuts of Piyu’ di G Studio, Senin (8/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Aditya S.)

Piyu pun nambahin kalau mini concert besok merupakan “sebuah ajang pembuktian bagi semua yang datang untuk melihat bagaimana para penyanyi tersebut bisa membawakan lagu-lagu karya Piyu dengan pas atau sesuai dengan karakter mereka atau engga serta apakah mereka bisa menghadirkan nuansa kekinian mereka.”

Jadi harapannya adalah konser besok akan bisa mendapat sambutan yang positif dari penonton dan album ini bisa dinikmati oleh segala macam lapisan masyarakat, baik generasi yang sekarang yang belum pernah kenal dengan lagu-lagu karya saya ataupun juga mereka yang dulu memang menyukai lagu-lagu Padi. Kalau target pasti kami berharap bisa terjual sebanyak-banyaknya dan juga bisa merata di segala macam segmen, segala macam umur,” tandasnya.

So, kalau kamu mau tahu gimana jadinya karya-karya Piyu kalau dibawain dengan nuansa kekinian, jangan lewatin penampilan spesian Piyu dkk. di di The Foundry No. 8 besok ya, Kawan Muda. Jangan lupa juga buat beli CD ‘Best Cuts of Piyu’ di KFC!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer