Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Umumnya sebagai seorang anak muda, usai menjalani proses wisuda kita bakalan mengalami tiga fase kehidupan (yang hampir semua orang rasain). Mulai perasaan bangga dan haru saat berhasil membanggakan orang tua dengan mengenakan baju toga, senang bebas dari tugas kuliah, kemudian galau mencari sebuah pekerjaan demi melanjutkan hidup.

Suka atau tidak itulah bagian hidup yang harus Kawan Muda jalani. Mengandalkan ijazah, menulis cv, dan mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan yang kamu minati. Jika semua berjalan mulus kamu mungkin bisa berbangga diri, namun jika gagal kamu tak perlu berkecil hati. Karena di balik itu banyak hal yang bisa kamu pelajari.

1. “Waktu tak kenal kompromi, maka manfaatkanlah sebaik mungkin”

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Tak ada yang salah jika kamu ingin santai sejenak setelah lulus kuliah. Semua itu wajar. Hingga suatu saat muncul pertanyaan, “Apakah aku mau seperti ini terus?”, dari situ mulailah atur waktu seefektif mungkin. Karena waktu adalah sesuatu yang bergerak maju tanpa bisa diajak mundur.

2. “Bekerjalah seolah-olah kamu hidup 100 tahun, dan beribadahlah seolah-olah kamu mati esok”

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Dalam hidupmu, tidak semua rencana dapat berjalan mulus. Semua tidak pernah lepas dari yang namanya doa dan dukungan dari orang tua. Ikhlaskanlah, dan terus berusaha. Belum jadi jaminan IPK tinggi bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Masih ada faktor X dalam usahamu, maka iringi semua usaha dengan doa. Percaya, tidak ada kata percuma jika kamu telah mencoba.

3. Kamu tak perlu seidealis dan keras kepala mencari pekerjaan sesuai kemauanmu

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Bekerja sesuai dengan konsentrasi ilmu yang kamu dapat jadi sesuatu modal berharga, dalam artian kamu mungkin tidak perlu belajar semuanya dari nol. Namun percayalah, tidak semua perkerjaan dapat sesuai dengan kemauanmu. Cobalah beberapa kemungkinan dari peluang lain, jangan jadikan hal ini sebagai momok, “Buat apa kuliah jurusan ini, kerjanya malah itu”. Bukankah ini justru menambah pengetahuan dan kemampuan baru?

4. Sabar, yang terbaik akan datang dengan sendirinya

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Udah usaha mati-matian namun masih belum dapat pekerjaan? Tenang. Biar waktu yang menjawab. Karena dengan sabar kamu tidak perlu menyalahkan siapa pun. Cukup yakini jika semua ini bisa kamu lalui.

5. “Kamu akan menghargai jika mencari uang itu engga semudah yang kamu bayangkan”

Hispanic girl putting money in savings jar

Saat sekolah atau kuliah mungkin kamu masih tidak sungkan meminta uang kepada orang tua, namun ketika kamu sudah lulus percayalah itu bukan jadi sesuatu hal yang mudah. Kamu bersusah payah memutar otak demi mendapatkan pekerjaan, hingga kamu akhirnya harus berusaha menghemat dan sadar kalau mencari uang itu tak semudah yang kamu bayangkan.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.