Kamis, 23 Mei 2024

Genmuda – iPhone… iPhone… Tiap hari kayaknya ada aja kabar baru seputar iPhone yang sukses ngehebohin dunia maya. Baru-baru ini misalnya, banyak netizen udah ketipu sama sebuah bug di smartphone Apple tersebut.

Seluruh masalah berawal dari ulah sejumlah orang iseng di 4chan. Mereka udah ngebagiin sebuah foto yang nganjurin orang-orang buat ngatur jam iPhone mereka kembali ke tanggal 1 Januari 1970 supaya bisa nemuin suatu fitur tersembunyi pada iOS. Fitur itu pun kabarnya bakal munculin tema logo Apple retro di layar iPhone kamu.

Lantas, kenapa sih ngubah tanggal aja bisa berujung pada bug di iPhone? Well, intinya sih fitur tersembunyi yang ramai dibicarain itu sebenarnya sama sekali engga ada. Bahkan, yang ada perangkat kamu akhirnya malah jadi engga bisa digunain.

(Sumber: imgur)

Menurut laporan WIRED, saat ini tuh lagi ada suatu kesalahan Unix pada iOS versi 64-bit. Kesalahan tersebut sama persis dengan kesalahan yang bikin Facebook ngasih ucapan selamat kepada para penggunanya atas 46 tahun pertemanan mereka dengan sesama pengguna lainnya di bulan Desember yang lalu.

Lebih lanjut, tanggal 1 Januari 1970 ternyata punya nilai internal nol pada sistem Unix. Dengan kata lain, hal itu bisa nyebabin kerusakan pada sistem operasi kamu kalau sistem operasi kamu memang harus ngeproses tanggal tersebut.

Nah, pada kasus yang satu ini, iPhone kamu ujung-ujungnya nantinya bakal mati. Walau perangkat kamu mungkin engga sampai keblok secara permanen, kamu tetap aja engga bakal bisa langsung nge-restore lewat iTunes. Kamu harus ke Apple Store buat ngatasin masalah tersebut.

Meski begitu, ada pula yang bilang kalau ngebiarin baterai sampai benar-benar habis bisa ngebantu balikin iPhone kamu ke kondisinya semula. So, kalau kamu engga mau iPhone kamu kenapa-kenapa, ya mending kamu engga usah coba-coba buat utak-atik tanggalnya, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer