Selasa, 28 Mei 2024
Kekinian

Jadi Siapakah Hokage ke Delapan Menurut Pak Jokowi?

©Genmuda.com/2016 GabbyPresiden Joko Widodo ngasih sambutan di acara pembukaan IFSE di JCC, Jumat (25/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – Ada yang baru dari channel Youtube pak Jokowi! Setelah sebelumnya doi bikin #JokowiMenjawab Episode 1, sekarang doi bikin #JokowiMenjawab Episode 2.

Di #JokowiMenjawab Episode 1, Pak Jokowi ngejawab 3 pertanyaan mengenai Musik dan Industri Kreatif. Yang pertama, pertanyaan soal musik. Yang kedua soal pilihan hidup pak Jokowi kalo doi jadi personil band metal, apakah beliau akan tetep ke dunia politik atau engga, dan pertanyaan terakhir seputar soal lagu anak dan lagu perjuangan yang makin minim.

Kalo di episode 1 ini punya tema soal pertanyaan dan jawabannya, maka di #JokowiMenjawab Episode 2 ini lebih random. Gimana engga random coba? Coba kita cek pertanyaan apa aja di #JokowiMenjawab Episode 2 kali ini!

1. “Orang baik atau orang pintar?”

via: Pop Sugar

Pertanyaan pertama ini dateng dari Nur Hikmah dari Bone, Sulawesi Selatan. Di pertanyaan ini, doi minta jawaban dari Pak Jokowi, kalau dia harus memilih, apakah lebih baik jadi orang baik atau jadi orang pintar?

Kayak yang bisa dipredikis, bokapnya Kaesang Pangarep ini memilih keduanya ya, jadi harus baik dan pintar. Walaupun Pak Jokowi ngaku kalo pertanyaan itu sulit dijawab, tapi doi bilang, alangkah baiknya kalo kita itu engga cuma pintar, tapi harus punya perilaku yang baik, santun dan sopan sama semua orang. Jangan sampe walaupun kita pinter, tapi perilakunya jelek, contohnya suka mencela dan menghujat orang lain.

2. “Tiga kata tentang Indonesia?

©Genmuda.com/2016

Pertanyaan kedua adalah soal Indonesia yang datang dari Adelia Putri. Katanya, apa tiga kata yang tepat untuk mendeskripsikan mengenai Indonesia. Doi engga cuma nyebutin aja tiga kata aja gaes, tapi juga beneran mendeskripsikan kenapa Indonesia itu luar biasa dari tiga kata tersebut.

Menurutnya, Indonesia itu ‘Besar,’ ‘Berbudaya,’ dan ‘Kaya.’ Kenapa besar? Karena Indonesia adalah negara yang berpenduduk sebanyak 250 juta orang. Iya, 250 juta! Negara kita juga adalah negara kepulauan terbesar, yaitu 17 ribu pulau.

Yang kedua, Indonesia itu negara berbudaya yang dikenal sebagai negara yang ramah dan santun. Sedangkan kaya adalah mengambarkan banyaknya tambang emas, nikel dan batu bara yang besarrrrrr (harus lebay), dengan laut yang luas serta kekayaan sumber daya yang luar biasa.

3. “Siapakah Hokage ke-8 di Naruto?”

Via: Tumblr

Nah, ini nih yang paling greget! Pertanyaan ini dateng dari Yadian dari Kalimantan Timur. Dengan santainya doi nanya “Siapakah hokage ke delapan dalam serial anime Naruto?”. Dapet pertanyaan kayak gini, Pak Jokowi malah pusing harus gimana jawabnya.

Dengan raut wajah yang kebingungan, beliau bilang “Saya harus ngomong apa adanya ya. Saya gak tau Hokage ke delapan, Naruto, saya gak ngerti. Jadi kalo saya jawab nanti malah keliru. Jadi tolong, buatin video lagi, jelasin ke saya, Hokage ke delapan tuh apa, kemudian Naruto itu siapa gitu hehehehehe.”

Video yang berdurasi 4 menit itu udah jadi trending loh di Youtube. Walaupun baru di upload sekitar 22 jam yang lalu, video ini udah ditonton sama 362 ribu orang, dengan 15.000 likes, dan 294 dislike. Coba ditonton dulu nih videonya, dan ditunggu ya Pak Jokowi sesi #JokowiMenjawab yang selanjutnya!

(sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.