Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Rio Haryanto bakal melaju di Sirkuit Albert Park sekaligus menjajal debut pertamanya di Grand Prix Formula 1 nih, Kawan Muda.  Selain aksi pertamanya, Rio juga jadi anak bangsa pertama loh yang kebut-kebutan di ajang balap internasional itu.

Seperti diberitakan detik, Rio ceritanya udah mempersiapkan semuanya nih. Doi dan tim Manor Racing bakal memaksimalkan jatah 3 kali uji lintasan (free practice) buat mengenal sirkuit di Australia tersebut. “Sejauh ini saya akan pakai setingan yang selama tujuh hari saya pelajari saat uji coba di Barcelona. Sirkuit di Melbourne berbeda, iklimnya juga,” tutur Rio dikutip dari detik (14/3). “Kami analisa apa yang akan dibawa ke Melbourne, apa yang positif dari Barcelona untu dibawa ke sana.”

Rio Haryanto saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina (Foto: Suara.com)

Buat kondisi mobilnya sendiri, Rio engga bisa kasih jawaban banyak. Udah jadi rahasia dan strategi tim. “Untuk ban saya tidak bisa beri jawaban, dan ini strategi tim. Ada empat set, medium tyres, enam yang soft, lima super soft. Itu ban yang kami pilih. Strategi ini untuk mencari solusi terbaik,” sambungnya.

Berbekal pengalaman yang doi bawa dari Barcelona, Rio tetap optimis menghadapi Sirkuit Albert Park. “Memang betul saya mengalami gangguan teknis, tetapi kami berusaha keras untuk menuntaskan kendala itu. Semua sudah teratasi sejauh ini. ‎Kondisi itu juga terjadi ke tim lain, bukan hanya Manor,” tuturnya.

FYI, buat kamu yang belum tau, sewaktu tes pra musim di Barcelona Rio sempat mengalami sedikit hambatan, salah satunya pembalap nomor 88 itu sempat menabrak tembok pembatas.

Kabarnya, Rio masih kekurangan dana sebesar Rp 200 miliar nih, Kawan Muda buat tampil di lintasan darat tersebut. Wakil presiden Indonesia M. Jusuf Kalla bilang mau bantu Rio cari dana tambahan. “Pengusaha nanti saya telepon beberapa untuk membantu. Kita punya dua bulan. Saya yakin bisa tercapai. Kita upayakan dengan baik,” kata Kalla, dikutip dari Suara.

Seperti yang kita ketahui, buat tampil di ajang tersebut Rio harus membayar 15 juta euro. Uang itu dipergunakan buat mengisi salah satu kokpit di mobil F1 tim Manor Racing.

Kapan sih emang Rio balapan, Kawan Muda? Minggu besok nih, tanggal 20 Maret. Sebelumnya, doi bakal ngejalanin dulu dua latihan bebas di hari Jumat, dan yang ketiga di hari Sabtu, sebelum akhirnya kebut-kebutan membawa nama Indonesia buat pertama kalinya. Udah sejauh apa dukungan yang kamu kasih buat Rio nih, Kawan Muda? Kita tunggu bareng-bareng yah aksinya di F1! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis