Rabu, 21 April 2021

Genmuda – Jumlah sarjana makin banyak dari tahun ke tahun, sementara jumlah lapangan kerja kayaknya engga berkembang sesuai harapan. Akibatnya, tiap orang berlomba bikin CV dan resume kece yang bisa menarik perhatian di antara ratusan pesaing.

Kawan Muda mungkin ngerasain hal itu dan sekarang sedang nyari inspirasi, makanya tertarik baca tulisan ini. Mau kamu first jobber atau termasuk veteran, ide-ide gila di bawah ini bisa kamu contoh karena terbukti berhasil. Cek aja kalo engga percaya.

1. The Creative Ransom

Andrew Grinter dan Lee Spencer-Michaelsen, duo kreatif Australia pengen buktiin kreativitas mereka engga kalah sama para direktur agensi iklan di Melbourne, Australia. Mereka mutusin buat beli beberapa situs (.com) dengan alamat nama-nama direkturnya. Misal, jason-ross.com.

Surat minta tebusan berupa kesempatan wawancara kerja terpasang di situsnya. Kalo engga dikabulin, situsnya bakal dialihin ke halamannya Justin Bieber. Hasilnya, doi dipanggil 7 direktur dan akhirnya dapet kerja di agensi kreatif DT Digital/Ogilvy.

2. The Google Job Experiment

Alec Brownstein manfaatin fitur beriklan Google supaya sejumlah direktur periklanan ngeliat lamarannya. Direktur yang doi sasar ialah, David Droga, Tony Granger, Gerry Graf, Ian Reichenthal, dan Scott Vitrone.

Begitu salah satu dari mereka nge-googling nama mereka sendiri, hasil yang muncul paling atas adalah situs Alec Brownstein yang bertuliskan, “Hey, (nama direkturnya) Googling yourself is a lot of fun. Hiring me is fun, too.”

Surat lamarannya diterima dan doi lanjut wawancara hingga ditawarin kerja oleh Ian Reichental dan Scott Vitrone. Sekarang, doi jadi salah satu tim kreatif andalannya agensi iklan Y&R New York.

3. CV-OS

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com).

Anak ilmu komputer juga bisa kreatif, kok. September 2016, pemuda Prancis bernama Mathieu Passenaud bikin CV dalam bentuk operating system (OS). Karya yang terinspirasi dari project kuliahnya itu tersimpan di situs GitHub dan bisa dioperasikan dengan membuka filenya.

Meski tampilannya sederhana, Passenaud buktiin kalo doi jago koding hingga bisa bikin OS sendirian. Sekarang, doi kerja di CONNIT, sebuah perusahaan telekomunikasi dan IT di Prancis. Kamu bisa nyontek cara doi bikin OS itu di blognya, loh.

4. Super Robby Leonardi

via digiday.com

Robby Leonardi jago bikin karakter, desain, dan bikin situs. Karena doi butuh banget gawean, doi kombinasiin skillnya buat bikin game semacam “Super Mario Bros” dalam bentuk situs interaktif.

Bedanya, doi yang jadi karakter utama dan tiap stagenya bakal tampilin identitas, keahlian, dan pengalaman pendidikan doi. Bukan cuma dapet kerja, situs interaktifnya dapet banyak penghargaan dan doi sekarang jadi konsultan desain situs. Cek aja situsnya kalo masih engga percaya.

5. Pesan antar Palsu

via thenextweb.com.
(Sumber: thenextweb.com)

Empat ide di atas mungkin butuh modal dan skill yang tinggi, cuma kamu selalu bisa pakai jurus “pesan antar palsu.” Samarkan aja CV atau resume kamu jadi sebuah box makanan. Kirim boxnya ke direktur perusahaan idaman. Begitu dibuka, doi bakal langsung liat data diri kamu.

Isi boxnya dengan makanan enak supaya mood Bapak/Ibu Direktur tetep bagus sambil baca identitas diri kamu. Siapa tau kan kamu dipanggil wawancara setelah manjain lidah doi hingga akhirnya dapet kerja, deh. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.