Jum'at, 12 April 2024

Genmuda – Kalau ada yang bisa ngegantiin keseruan chatting pakai emoji, maka itu adalah chatting dengan gambar dengan format GIF. Jauh sebelum emoji tenar dan banyak digunain di smartphone, GIF udah lebih dulu marak beredar.

Engga bisa diungkiri kalau GIF secara umum udah ngubah cara kita berkomunikasi. GIF udah ngasih kita sarana baru buat saling bertegur sapa tanpa harus ribet ngetikin tulisan panjang-panjang. Pokoknya, kalau gambar biasa bisa nyampein beribu kata, GIF justru bisa nyampein dua kali lipatnya lagi.

Nah, kabar gembira nih buat kamu para pecinta GIF, GIPHY baru aja ngerilis sebuah keyboard bernama GIPHY Keys. Tersedia di iOS, keyboard tersebut bakal ngemungkinin kamu buat ngebikin dan ngebagiin GIF favorit kamu di berbagai platform, mulai dari SMS, iMessage, email, sampai ke Snapchat sekalipun.

Lebih lanjut, GIPHY Keys sebenarnya engga jauh beda dari keyboard pihak ketiga lainnya yang ada di iOS. Bahkan, di samping fitur pencarian GIF, keyboard tersebut juga dilengkapi dengan fitur-fitur keren lainnya kayak #8BALL dan #ECHO. Fitur #8BALL bakal ngasih jawaban dalam bentuk GIF buat setiap jawaban ya atau engga yang kamu keting, sedangkan fitur #ECHO bakal ngebikin versi GIF dari setiap teks yang kamu ketik.

Bukan cuma itu, dengan GIPHY Keys kamu pun bisa nyari GIF pada beragam kategori berbeda. Mau itu kategori binatang, selebriti, makanan dan minuman, meme, film, berita dan politik, atau transportasi, semua bisa kamu temuin di keyboard tersebut.

Singkatnya, dengan fitur-fiturnya yang bervariasi banget, GIPHY Keys bisa bikin kamu makin keranjingan sama GIF. Tapi, kalau kamu masih butuh alasan buat ngunduh keyboard tersebut dan sering-sering chatting pakai GIF, berikut ini adalah 5 di antaranya:

1. Efektif dalam ngungkapin cerita atau ngejelasin proses

Kayak yang udah Genmuda.com ungkapin di awal, GIF memang udah jadi salah satu sarana komunikasi yang efektif buat nyampein sesuatu secara cepat dan ringkas. Mengingat orang-orang jaman sekarang cenderung engga punya banyak waktu buat nyimak sesuatu, GIF jelas bakal berguna banget. Selain bisa ngebantu negasin ekspresi atau gerakan tertentu yang engga terlihat lewat gambar biasa, kamu juga bisa maparin langkah-langkah tutorial, DIY, atau resep dengan lebih mudah lewat GIF.

2. Engga monoton

Kalau diurutin, bisa dibilang GIF itu sebenarnya ada di tengah-tengah gambar biasa dan video. Walau durasi pergerakan gambarnya singkat banget, tetap aja GIF engga ngebosenin. Saking bervariasinya, GIF bahkan bisa narik perhatian lebih banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

3. Nunjukin kepribadian seseorang

Berhubung GIF engga monoton, otomatis kamu bisa bisa jadi lebih bebas dalam ngeekspresiin diri atau nunjukin emosi dan reaksi kamu terhadap situasi tertentu. GIF bakal ngebantu banget dalam nambahin humor dan nunjukin kayak gimana kamu yang sesungguhnya. Engga heran, beragam medsos pun kini isinya kebanyakan engga jauh-jauh dari GIF.

4. Ningkatin permainan Tinder

Sebelum GIPHY Keys muncul di perangkat iOS, Tinder udah lebih dulu nambahin fitur GIPHY di aplikasi mereka. Sejak saat itu, setiap kali ada pengguna Tinder yang ngirimin GIF ketimbang teks biasa atau emoji, para pengguna tersebut bakal punya kemungkinan 30% lebih besar buat nerima balasan dari pengguna lain yang cocok sama mereka. Kamu yang pakai Tinder udah coba fitur GIPHY belum?

5. Ngehasilin lebih banyak pemasukan

Menurut sebuah tes A/B yang diadain BlueFly, email yang berisi GIF bisa ngehasilin pemasukan 12% lebih banyak ketimbang email yang berisi gambar biasa. Lagi-lagi, berhubung GIF bisa menarik perhatian lebih banyak orang, otomatis para pembaca bakal lebih terikat sama email kamu.

GIF pun bisa ngebantu buat lebih ngarahin para pembaca supaya langsung ngebuka link tertentu yang kamu cantumin di email kamu. Bermanfaat banget deh pokoknya buat kamu yang pengen ngepromosiin atau masarin sesuatu lewat email! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer