Rabu, 25 November 2020

Genmuda – Libur panjang kenaikan kelas berakhir dan tahun ajaran baru akhirnya tiba. Hayo ngaku, siapa di anterina kamu yang tadi pagi ke sekolah dianterin sama orang tua?

Beberapa waktu yang lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan udah ngeluarin surat edaran yang berisi imbawan agar para orang tua bisa nganterin anaknya di hari pertama sekolah. Kampanye Hari Pertama Sekolah itu pun bertujuan buat ngedorong supaya ortu terlibat langsung dalam ngedukung proses belajar mengajar anak mereka di sekolah.

Well, iya sih Kampanye Hari Pertama Sekolah memang bermanfaat banget buat ngedorong iklim pembelajaran kondusif, ngebantu ortu buat lebih tahu berbagai hal tentang anaknya di sekolah, nambah semangat anak buat belajar, maupun ningkatin hubungan ortu dan anak. Meski begitu, kamu yang tadi pagi atau siang ini engga dianterin ortu sebenarnya engga usah sedih atau kecewa, Kawan Muda.

FYI, buat kamu yang engga dianterin ortu di hari pertama sekolah, kamu tetap bisa kok ngedapetin sejumlah manfaat yang engga kalah penting dari teman-teman kamu yang dianterin ortunya. Berikut ini adalah 5 pelajaran yang bisa kamu peroleh dari pergi sendiri di hari pertama sekolah:

1. Berani dan mandiri

Dianterin orang tua memang belum tentu nunjukin bahwa kamu bukan termasuk tipe anak yang berani dan mandiri. Meski begitu, engga dianterin orang tua justru secara engga langsung udah nunjukin bahwa kamu anak yang terbilang berani dan mandiri. Kamu secara sadar atau engga sadar udah belajar naklukin ketakutan kamu buat ngelakuin sesuatu tanpa didampingi ortu. Nantinya, di kemudian hari hal ini bisa terus berkembang dan bahkan ngebantu kamu buat lebih siap mecahin masalah kamu sendiri.

2. Bisa dipercaya

Nyuruh Ngijinin kamu pergi ke sekolah sendiri sebenarnya merupakan salah satu bentuk kepercayaan yang dikasih ortu ke kamu. Kalo kamu udah bisa ngelaksanain dan ngejaga kepercayaan itu dengan baik, ke depannya ortu kamu bisa jadi bakal lebih yakin buat ngasih kepercayaan lain yang lebih besar ke kamu. Kamu akhirnya juga bisa tumbuh jadi seseorang yang lebih percaya diri karena kamu udah dapat pengakuan dan dukungan dari ortu kamu.

3. Punya lebih banyak cerita

Sama kayak dianterin ortu ke sekolah, engga dianterin ortu ke sekolah pun pada dasarnya punya ceritanya sendiri. Bahkan, kamu kemungkinan bakal punya lebih banyak cerita buat kamu bagiin ke ortu kamu. Kamu bisa aja cerita soal gimana guru kamu nanyain mereka, gimana macetnya sekolah pas banyak ortu lain nganterin anaknya, dan sebagainya. Dengan begitu, jangan sampai kamu cuma ngejawab “biasa aja” atau “gitu-gitu doang” saat ditanya soal gimana sekolah hari pertama kamu.

4. Lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi

Hari pertama di kelas baru (baca: naik kelas) sama hari pertama di sekolah baru (baca: dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMA) tentu rasanya bakal beda. Kamu pada dasarnya harus lebih berusaha buat beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan dan teman-teman baru kamu. Nah, dengan kamu pergi ke sekolah sendiri tanpa dianterin ortu, itu sebetulnya udah jadi bagian dari upaya adaptasi dan sosialisasi kamu. So, kamu engga perlu malu-malu lagi, Kawan Muda!

5. Bisa bareng gebetan

Ini dia nih pelajaran terselubung yang bisa kamu peroleh dari pergi ke sekolah sendiri. Lain kali kalo kamu engga dianterin ortu lagi di hari pertama sekolah, mending kamu ajak aja gebetan kamu buat ke sekolah bareng. Kalo ternyata doi dianterin ortunya, ya kamu sepik-sepik aja bilang kamu juga pengen ada yang nganterin ke sekolah, jadi kalian tetap bisa pergi bareng deh. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer