Jum'at, 12 April 2024

Genmuda – Kalo kamu pernah ngeliat forum luar negeri, kamu mungkin pernah baca yang namanya PC Gaming Master Race atau PC Master Race. Terus terkesan orang-orang yang punya PC rig jauh lebih beruntung daripada mereka yang main game hanya di konsol macam PS4,  Xbox, atau lebih mirisnya di smartphone.

Mereka yang seperti itu umumnya punya komputer rakitan dengan prosesor, VGA Card, RAM, dan storage drive yang yahud. Sementara anak-anak yang nge-game di laptop jarang ada yang menyatakan diri sebagai PC Master Race (kecuali laptopnya sekelas Alien Ware yang harganya 30 jutaan).

Secara harfiah, PC Master Race tuh berarti ‘PC Hi-end’ Tentu aja istilah itu sama sekali engga ada di kamus atau ensiklopedia. Istilah ini baru muncul baru-baru ini dan dipakai buat nyebut mereka-mereka yang niat banget beli komputer mahal cuma buat main game.

Emangnya apa aja sih kepuasaan yang bisa didapet dari sebuah PC Master Race?

1. Banyak kontroler

Karena kebanyakan controller, jadi kusut deh kabelnya. (Sumber: gamemoir.com)

Game komputer bisa dimainkan dengan keyboard, mouse, joystick, atau stik Xbox. Bahkan stik PS4 bisa dipakai di komputer setelah melakukan beberapa penyesuaian dan kulik ini-itu. Kalo anak konsol pasti memandang itu justru ribet. Selain itu, game-game PC engga punya fitur auto aim kayak game di konsol.

2. Lebih banyak game

Kasian deh anak-anak komputer engga bisa main game sekeren ini. (Sumber: Istimewa)

Ini yang bikin miris. Karena bisa menerima banyak controller seperti itu, lebih banyak pula judul game yang dibuat developer untuk komputer. Kebanyakan sih genrenya MMORPG macam DOTA, strategi macam Age of Empires, atau first person shooter macam Call of Duty. Tapi, percuma banget bisa mainin banyak judul game kalo engga bisa main masterpiece macam ‘Uncharted 4’, ‘Red Dead Redemption’, atau ‘The Last of Us.’

3. Virtual Reality

Sumber: YouTube Image

Dengan VGA Card keluaran terbaru macam GeForce GTX 1080 (Intel-Nvidia) atau Radeon RX 480 (AMD-ATI), para PC gamer bisa main dengan perangkat virtual reality (VR). Dengan perangkat itu, karakter di dalam game bisa dikontrol berdasarkan gerak tubuh, terutama kepala dan tangan. Selain itu, pemainnya bisa melihat dan mendengar seperti apa yang karakter di dalam game rasakan.

Tapi nih game virtual seperti itu rentan bikin mata dan kepala kamu pusing. Alasannya sederhana, karena manusia sama sekali belum pernah ngerasain teknologi macam itu, sehingga semua anggota tubuh perlu menyesuaikan diri. Apa lagi mata yang makin deket ngeliat monitor.

4. Grafis yang pol kerennya

Berdasarkan uji coba, grafis game di komputer emang jauh lebih mulus, tajam, dan realistis daripada di konsol. Namun, itu cuma bisa dicapai dengan merogoh kocek lebih dalam. Pemilik PC perlu beli VGA Card, RAM, dan prosesor yang cukup kuat. Engga jarang harga komputer rakitannya jadi jauh lebih mahal daripada konsol. Padahal, kalo (sorrt to sayskill game engga bagus-bagus banget mah percuma aja punya gear semahal itu. Iya kan?

5. Lebih VIP

(Sumber: Istimewa)

Mereka yang mengaku kaum PC Master Race pun ngerasa lebih VIP karena komputer mereka bisa dilindungi password, diletkakan di kamar pribadi, dan yang jelas jauh lebih intim daripada konsol. Namanya juga Personal Computer (PC). Sayangnya, keintiman itu hanya berlaku buat pemilik dan komputernya.

Temen-temen pemilik komputer yang mau ikutan nge-game perlu bawa komputer sendiri karena jarang ada game komputer yang bisa dimainkan berdua, kecuali online. Jadi suka atau engga terima aja perubahan jaman dan teknologi satu ini. Brace yourself guys! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.