Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda – Sebuah temuan aneh kembali terlihat di Mars nih, Kawan Muda. Temuan itu pun engga kalah bikin heboh dari temuan-temuan sebelumnya.

Kendaraan penjelajah antariksa NASA, Curiosity, kabarnya udah berhasil ngabadiin gambar sosok mirip gorila dan unta di Planet Merah. Well, seengganya itulah yang diyakini oleh sejumlah pihak dan lagi dipertanyain sama para pengamat luar angkasa beberapa waktu belakangan ini.

Meski begitu, keberadaan gorila dalam gambar tersebut ternyata udah ramai dibicarain dari awal tahun lalu. Yang baru aja disadari orang-orang adalah keberadaan unta kecil di sampingnya. YouTuber Mister Enigma bahkan ngeduga kalau gambar tersebut justru nunjukin sosok beruang dan anaknya.

https://youtu.be/nIsahJWGxmY

Lantas, apa sih yang sebenarnya udah terjadi? FYI, penjelasan paling masuk akal atas gambar aneh itu adalah suatu fenomena psikologis bernama pareidolia. Fenomena tersebut berkaitan dengan kemampuan alami otak kita buat memahami bentuk yang bermakna dalam pola abstrak.

Nah, selain gambar sosok mirip gorila dan unta tersebut, ada pula sederetan hal aneh lainnya yang sebelumnya juga udah pernah diabadiin Curiosity di sepanjang penjelajahannya di Planet Mars dalam beberapa bulan terakhir. Berikut ini adalah 5 di antara sekian banyak contohnya:

 

  1. Piramida
(Sumber: NASA/HuffPost UK)

Menurut sejumlah penganut teori konspirasi di bulan Juni 2015 yang lalu, mereka udah nemuin sebuah replika Piramida Mesir di Planet Mars. Mereka pun beranggapan kalau Piramida tersebut merupakan suatu bukti adanya peradaban kuno di Planet Merah.

Namun demikian, pihak NASA punya penjelasan yang jauh lebih sederhana dan super duper masuk akal (yang mungkin bakal bikin kamu agak kecewa). Replika Piramida Mesir tersebut engga lain dan engga bukan cuma batu, kemungkinan batu vulkanik.

  1. Perempuan
(Sumber: selipan.com)

Engga lama setelah sebuah gambar yang nunjukin benda mirip kepiting besar tergantung di celah Planet Mars muncul di dunia maya, sebuah gambar objek misterius lainnya dari planet tersebut langsung beredar di bulan Agustus 2015 yang lalu.

Dalam gambar tersebut, sosok mirip seorang manusia terlihat muncul di planet keempat dari matahari itu. Tapi, kalau dilihat berdasarkan skala gambarnya, tinggi sosok mirip perempuan itu ternyata cuma sekitar 10 cm. Atau jangan-jangan itu liliput ya, Kawan Muda?

  1. Sendok ngapung
(Sumber: Metro.co.uk)

Wah, makin aneh aja nih temuannya, Kawan Muda. Masa katanya sekitar bulan Agustus-September 2015 pernah ada sendok yang ngapung di Mars? Pihak NASA sih lagi-lagi bilangnya itu cuma susunan batu yang diukir angin di planet tersebut dari waktu ke waktu. Gimana menurut kamu?

  1. Beruang kutub
(Sumber: Weather.com)

Ini dia salah satu temuan aneh di Mars yang paling bikin geger di bulan Oktober yang lalu. Saking yakinnya kalau NASA udah berhasil nemuin kehidupan dalam wujud bayi beruang kutub di planet tersebut, seorang penggemar UFO bernama Scott C Waring bahkan sampai ngasih peringatan PBB.

Waring pun ternyata udah berkali-kali nemuin hal aneh di gambar yang dikirim Curiosity dari Mars loh, Kawan Muda. Selain beruang kutub ini, doi juga udah nemuin sosok mirip kepiting, perempuan, dan patung Buddha. Salut deh buat kegigihan Waring!

  1. UFO
(Sumber: NASA/Express.co.uk)

Dalam salah satu gambar yang diambil Curiosity pada 3 November dan dirilis NASA keesokan harinya, terlihat sebuah objek misterius berwarna hitam di langit Mars. Para ahli UFO sih bilangnya pas di-zoom objek tersebut terlihat kayak piring terbang. Sayangnya, kali ini NASA menolak buat berkomentar. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer