Sabtu, 17 April 2021

Genmuda – Manusia jenius Albert Einstein pernah bilang kalo pengaruh bakat hanya 1 persen dalam kesuksesan seseorang, sisanya ada kerja keras. Perumpamaan seperti itulah yang terjadi pada atlet muda bernama Gaurika Singh yang terjun di cabang renang Olimpiade Rio 2016.

Bayangin aja, meski usianya baru 13 tahun, doi udah mewakili jadi satu dari lima atlet yang mewakili Nepal di cabang renang. Namanya mencuat setelah sempat dilarang menjalani sesi latihan oleh panitia karena dianggap anak-anak. Tapi setelah menunjukan dokumen keikutsertaan sebagai atlet akhirnya doi diperbolehkan masuk.

Berprestasi di usia muda

via: India Times
(Sumber: India Times)

Kalo bukan karena kerja keras dan prestasinya engga mungkin dong doi masuk dalam jajaran atlet olimpiade. Tapi Kawan Muda tau engga kalo doi udah mencetak prestasi mengharumkan di level South Asian Games 2016.

Engga tanggung-tanggung guys, 4 mendali berhasil doi gondol bawa pulang diantaranya 3 mendali perunggu dan 1 mendali perak. Di negaranya cewek kelahiran tahun 2002 ini juga memegang rekor nasional di nomor 100 meter gaya punggung loh. Gokil engga tuh?

FYI, meski lahir di Nepal sejak usia 2 tahun doi dan keluarganya udah pindah ke London. Dari sana doi mulai berlatih dan bergabung dengan klub renang Barnet Copthall. 

Pernah jadi korban gempa di Nepal

(Sumber: Mirror)

Saat tahun 2015 kemarin Nepal sempat mengalami bencana gempa bumi dan mengakibatkan 9.000 korban jiwa serta 3,5 juta penduduk kehilangan tempat tinggal. Beruntung Gaurika yang saat itu berada di Nepal mampu berlindung di dalam sebuah gedung dan selamat dari bencana yang sempat menarik simpati masyarakat dunia tersebut.

Debut Olimpiade

(Sumber: SMH)

Turun di ajang sekelas olimpiade emang jadi gengsi terbesar bagi seorang atlet. Begitu pun atlet muda satu ini. Walau doi engga berhasil membawa pulang mendali di nomor 100 meter gaya punggung puteri namun waktu pencapaiannya sungguh luar biasa, yakni 1 menit 08.45 detik.

Kalo melihat usianya yang baru 13 tahun, engga menutup kemungkinan karier doi sebagai atlet tetap bisa cemerlang. We’ll see ya Kawan Muda!

Sumber: SMH, IndiaTimes

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.