Senin, 6 April 2020
Tekno

Game Legendaris ‘Crash Bandicoot’ Siap Diremaster di PS4, Ini 5 Fakta Serunya

via blog.us.playstation.comDoctor Neo Cortex (kanan) dan asisten pertamanya, Nitrus Brio (kiri) lagi menyiksa Crash Bandicoot (tengah) di lab. (Sumber: blog.us.playstation.com)

Genmuda – Makanan favoritnya buah-buahan, jurusnya putaran tornado, kerjaannya memberantas pasukan Doctor Neo Cortex. Yup, doi adalah Crash Bandicoot yang bakal balik lagi ke hadapan pecinta video game dalam versi ‘Crash Bandicoot: N Sanity Trilogy.’

Peresmian proyek yang kini dipegang Vicarious Visions (VV) itu berlangsung waktu acara PlayStation Experience 2016 di Anaheim Convention Center, California, Amerika Serikat, 3-4 Desember lalu. VV dipercayai developer aslinya, Naughty Dog buat bawa Crash Bandicoot ke console Game Boy Advance. Bisa dibilang, mereka udah paham betul sama karakteristik game satu ini.

Di-remaster khusus PS4 ini, Dan Tanguay selaku Game Director VV buat Crash Bandicoot engga rela projectnya disebut sebagai remaster doang. Kenapa? Berikut alasan yang doi sampaikan.

1. Tiga jadi satu

via blog.us.playstation.com
Tampilan level N Sanity Beach di Crash Bandicoot N Sanity Trilogy. (Sumber: blog.us.playstation.com)

Di game PS1, petualangan awal Crash Bandicoot terbagi dalam tiga episode yaitu ‘Crash Bandicoot,’ ‘Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back,’ dan ‘Crash Bandicoot Warped,’ dengan Doctor Neo Cortex sebagai musuh utamanya.

Kini, triologi legendaris itu bakal dijadiin satu dengan judul ‘N Sane Trilogy.’ Tim VV jadinya perlu nambahin beberapa adegan dan mekanisme supaya perpindahan tiga episode itu berjalan mulus di game barunya.

2. Dimulai dari nol

via blog.us.playstation.com
Karakter dan musiknya pun didesain ulang dari nol, berdasarkan desain originalnya. (Sumber: blog.us.playstation.com)

Karena game ini usianya udah sekitar 20 tahun, Dan Tanguay selaku Game Director engga bisa sekedar ‘ngebungkus ulang’ game ini. Proses pembuatan ulangnya bener-bener dimulai dari nol.

“Coding di jaman itu hampir tidak bisa digunakan di teknologi sekarang. Kami perlu membuat landasannya dari nol dan membangun ulang dunia Crash Bandicoot berdasarkan pengalaman kami,” kata doi.

3. Serupa tapi tak sama

via blog.us.playstation.com
Di game remasternya, pemain bakal dikasih tau berapa kotak yang terlewat engga diancurin. (Sumber: blog.us.playstation.com)

Seperti dikutip blog playstation.com, Tanguay bilang remasternya bakal serupa tapi tak sama. Meski dibuat dari nol, gamenya tetep mengadopsi level, tingkat kesulitan, dan gameplay aslinya. Intinya sih, gambarnya bakalan HD.

4. Fitur autosave

via blog.us.playstation.com
Jaman dulu mana ada fitur memanjakan seperti autosave. (Sumber: blog.us.playstation.com)

Tanguay juga berjanji nambahin fitur autosave di game ini. Dengan begitu, pemain yang kelupaan ngesave padahal udah beranjak jauh dari posisi terakhirnya bisa bernapas lega.

Di PS1 dulu, sering banget banyak kejadian seperti itu. Udah mainin Crash Bandicootnya berjam-jam dan dapetin berbagai jurus kece, tiba-tiba mati lampu dan gamenya harus diulang dari jauh banget. *Tebalikin meja.

5. Time trial

via blog.us.playstation.com
Ayo lari, sebelum waktu habis, Crash! (Sumber: blog.us.playstation.com)

Buat menguji tingkat pemahaman dan kecekatan terhadap satu level, tim Tanguay juga tambah fitur time trial. Siapapun yang bisa selesaikan satu level tanpa mati atau kehabisan waktu lah yang boleh menyombongkan diri sebagai ahli sejati.

Para Generasi 90-an dan calon fans Crash Bandicoot perlu bersabar nih, karena game ini rencananya baru akan meluncur pada tahun 2017. Gosipnya sih bakalan rilis di bulan Maret. Gimana menurut Kawan Muda? Tulis pendapat kamu di bawah ini ya.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.