Minggu, 27 November 2022

Genmuda – Sering engga sih Kawan Muda ngerasa bad mood, atau ngerasa engga nyaman di Sekolah atau Kampus? Kalo sekarang kamu lagi ngalemin hal serupa pasti hari-hari kamu bakalan kurang bersemangat. Apa lagi kalo orang di sekitar Kawan Muda itu engga ngerti sama apa yang lagi kamu alamin.

Di satu sisi, sebenernya buat mengekspresikan apa yang Kawan Muda rasain itu bagus buat mental kamu. Soalnya kamu engga jadi orang yang tertutup dan bisa memicu stres. Tapi jadi pribadi yang moody-an sampai ngebikin orang di sekitar kamu jadi kesel itu jelas engga baik sob.

Engga semua orang bisa ngerti posisi Kawan Muda, atau gimana biar kamu engga moody-an lagi. Apalagi kalo itu Dosen atau Bos kamu. Mana peduli kamu lagi bad mood hari ini. Emang enak! Nah, biar Kawan Muda engga bad mood seharian atau engga sering dibilang orang yang moody-an, langsung aja baca 5 tips dari Genmuda.com berikut ini.

1. Tau penyebabnya

via: tumblr

Semua perasaan yang Kawan Muda alami pasti ada penyebabnya. Misalnya Kawan Muda ngerasa lagi bad mood banget hari ini, coba deh pastiin kenapa sih kamu bisa ngerasa gitu? Macet di jalan? Abis diputusin sama pacar? Atau ngerasa semua orang engga peduli? We’ve been there. Setelah kamu tau apa yang bikin kamu mood kamu jelek, silakan berfikir ulang gimana sih cara nyelesain penyebabnya atau kamu juga bisa buat itu jadi sebuah pilihan dan keinginan.

Tau kan gimana mencapai keinginan? Pasti ada prosesnya. Meski engga suka silakan kamu lakukan secara perlahan. Dibandingin cuma merengut atau baper seharian karena engga mood, jelas bukan jadi solusi dari masalah kamu.

2. Sadari kalo kamu engga sendirian

Kawan Muda hidup pasti gak sendirian, ada orang-orang terdekat yang selalu ngedukung Kawan Muda. Saat kamu ngerasa ada di posisi yang engga nyaman, kamu bisa bicara dari hati ke hati. Seorang sahabat mungkin tau banget, apa yang kamu suka dan engga kamu suka. Tapi belum tentu mereka paham tentang perubahan sikap yang kamu alami. Jadi engga ada salahnya buat bercerita, siapa tau itu adalah yang kamu butuhkan saat bad mood.

3. Lakuin hal yang bikin kamu seneng

via: Tumblr

Kamu ngerasa lagi buruk, jangan memperkeruh dengan ngelakuin hal buruk lagi. Cobalah ngelakuin hal yang kamu senangi. Misal, kamu suka bikin scrapbook, ya lakuin aja sama itu bisa bikin kamu engga bete lagi. Selain ngasah kreativitas, bikin scrapbook ternyata bisa nuangin apa yang kamu rasa lewat tulisan. Intinya sih selalalu ngelakuin hal positif ya.

4. Tidur

Kelelahan juga jadi masalah utama kenapa kamu jadi orang yang moody-an. Kalo udah kayak gitu engga ada salahnya mulai malam ini kamu atur waktu tidur kamu. Engga usah kebanyakan buka medsos kalo mau tidur. Ingat pikiran dan tubuh kamu lagi kacau tuh. Emang mau bad mood terus-terusan? Penulis sih engga mau, karena belum jadi bos. *canda.

5. Kalo udah engga bisa ditahan, nangis aja, itu hal yang wajar kok

via: giphy

Kalo emang semua hal engga bisa kamu lakuin dan perlu waktu sendiri, engga ada salahnya buat nangis. Nangis bukan berarti kamu cengeng, melainkan supaya kamu bisa ngelepas semua emosi yang kamu rasain. Menangis aja ‘sejadi-jadinya’ selama itu bisa ngebuat kamu jadi lebih baik. Semoga kamu bisa jadi pribadi yang baik dan menyenangkan. “Have a nice day!” (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela