Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Sebagian dari Kawan Muda mungkin udah engga asing lagi sama Zara. Tapi, kamu tahu engga gimana sebenarnya pengucapan nama ritel pakaian dan aksesoris ternama asal Spanyol itu?

Sama kayak kasus Nutella, selama ini kita semua ternyata masih belum paham betul gimana sebenarnya pengucapan nama Zara. Saking belum pahamnya, kita bahkan cenderung percaya aja kalau pengucapannya sesederhana “zahr-ruh”, “zay-rah”, “zaw-rah”, “tha-ra”, atau bahkan “ja-ra”.

FYI, pengucapan nama Zara ternyata jauh lebih rumit dari yang bisa kamu bayangin, Kawan Muda. Hal tersebut udah diungkapin sama beberapa anggota tim Refinery29 yang kebetulan abis kongkow sama tim Zara di Coruña, Spanyol. Sama kayak kita, mereka pun awalnya sama sekali engga nyadar.

So, gimana sih pengucapan nama Zara yang benar? Well, bersiap terkejut, yang benar itu engga lain dan engga bukan adalah “dzah-dah”. Kalau kamu masih bingung gimana “Zara” bisa berubah jadi “dzah-dah”, kamu lihat aja video tutorial dari salah satu perwakilan Zara berikut ini:

I think I nailed it.

A post shared by RACHEL BESSER (@rachelbesser) on

Gimana, kamu udah paham belum, Kawan Muda? Perwakilan Zara itu sih sekilas kedengerannya memang kayak ngucapin “tsa-da”. Tapi, kamu mungkin juga bakal ngedenger doi kayak ngucapin “saaa-daaaa” atau “tha-da” (atau bahkan “ja-dah” mungkin?). Lumayan ngejelimet lah pokoknya!

Lantas, kenapa sih pengucapan Zara harus “dzah-dah”? JSYK, Zara itu berbasis di Arteixo, Spanyol. Di sana, Z diucapin dengan bunyi “th” yang lembut dan pengucapan R lebih dekat ke pengucapan D dalam bahasa Inggris (Amerika). Oleh karena itu, kamu otomatis harus ngasih perhatian ke pengucapan nama Zara sama kayak ke pengucapan — sebut aja misalnya — nama Louis Vuitton.

Sayangnya, (dasar orang Indonesia) biasanya kamu yang berusaha ngucapin dengan benar di sini justru bakal dianggap aneh atau malah diketawain. Mereka yang sebenarnya salah justru cenderung sotoy dan ngerasa kalau dirinya udah yang paling benar, engga perlu dikoreksi lagi.

Nah, kalau kamu kebetulan ngalamin kejadian kayak gitu gara-gara kamu berusaha ngucapin Zara maupun nama atau kata lainnya dengan benar, pesan Genmuda.com sih cuma satu: Biarin aja! Lama-lama orang-orang yang sotoy itu nanti pasti bakal kepo dan akhirnya nyari tahu sendiri. Mereka pun bakal tengsin gara-gara udah ngeledekin kamu yang ternyata udah tahu duluan. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer