Minggu, 14 Juli 2024

Genmuda – Buat kamu yang masih suka nutup semua aplikasi yang udah engga kamu pakai lagi dari multitasking window supaya baterai iPhone kamu bisa lebih awet, sekarang kamu udah engga perlu repot-repot ngelakuin hal itu lagi loh, Kawan Muda.

Kayak yang udah pernah Genmuda.com bahas sebelumnya, salah satu tips jitu buat ngehemat baterai iPhone adalah dengan berhenti nutup aplikasi dari multitasking window secara paksa. Baru-baru ini, hal itu pun udah diklarifikasi sama wakil presiden senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple, Craig Federighi.

FYI, Federighi udah ngebantah mitos yang bilang kalau nutup aplikasi dari multitasking window secara paksa bakal ngehemat baterai iPhone kamu. Beliau ngekonfirmasi kalau hal tersebut sebenarnya engga perlu kamu lakuin demi baterai iPhone kamu dan beliau sendiri juga engga suka ngelakuin hal tersebut.

Lantas, gimana ceritanya tiba-tiba Federighi bisa ngebahas soal masalah baterai iPhone itu? Well, semua bermula dari email seorang pelanggan Apple ke CEO Apple, Tim Cook. Ngewakinin Cook, beliau ngebalas pertanyaan sang pelanggan terkait hal tersebut. Email mereka pun pertama kali dimuat sama 9to5Mac.

Meski begitu, kalau kamu peka seharusnya sih kamu udah tahu soal mitos baterai iPhone tersebut dari kapan tahu. Soalnya, halaman dukungan Apple udah nyebutin kalau “secara umum, engga perlu maksa nutup aplikasi kecuali aplikasinya engga responsif.”

Lah, kok bisa gitu? Kalau menurut Apple, sebagian besar aplikasi di multitasking window sebenarnya engga bakal ngabisin daya baterai iPhone kamu, soalnya aplikasi tersebut memang lagi engga bekerja atau kamu buka. Hal itu pun udah pernah diungkapin sama 9to5Mac atau situs serupa lainnya.

Eits, jangan senang dulu. Masih ada tapinya nih, Kawan Muda. Pengecualian ada pada aplikasi yang ngelacakin lokasi kamu, kayak Google Maps, atau mainin musik, kayak Spotify. Aplikasi-aplikasi semacam itu biasanya masih tetap bekerja walau ada di background.

So, lagi-lagi kayak yang udah pernah Genmuda.com kasih tahu, mending kamu pilih-pilih lagi aplikasi mana aja yang bakal ke-refresh di background lewat pilihan Settings > General > Background App Refresh. Dengan begitu, kamu justru bisa lebih ngehemat baterai iPhone kamu. Dicoba ya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer