Sabtu, 18 September 2021
Hiburan

‘D’Essentials of Groove’: Saat Maliq & D’Essentials dan The Groove Ngerayain Ultah Bareng Ala NKOTBSB (dan 8 Hal yang Perlu Kamu Tahu)

(©Genmuda.com/2016 Gabby)Konferensi pers 'D'Essentials of Groove' di CGV Blitz Grand Indonesia, Kamis (4/8) (©Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Para penggemar Maliq & D’Essentials dan The Groove saat ini pasti udah mulai ngitung hari dan nyilang-nyilangin kalender. Dalam waktu sekitar sebulan lagi, kedua band Tanah Air itu bakal ngengelar konser bareng bertajuk ‘D’Essentials of Groove’ buat ngerayain ulang tahun mereka.

Ultah Maliq & D’Essentials yang ke-14 dan The Groove yang ke-19 sebenarnya emang udah lewat, yaitu pada 15 Mei yang lalu. Meski begitu, bukan berarti September engga cukup berkesan buat dipilih sebagai bulan penyelenggaraan konser kolaborasi mereka. Justru, September juga punya makna tersendiri bagi Berlian Entertainment selaku pihak promotor.

FYI, di setiap September dari tahun ke tahun, Berlian Entertainment emang biasa nyelenggarain konser-konser dari sejumlah musisi dalam negeri. Contohnya adalah ‘Konser Metamorfosa 15 Years of Andien’ di tanggal 15 September 2015 yang lalu. Dengan demikian, tanggal 6 September nanti tentu juga bakal jadi malam yang istimewa dan menarik lewat konser ‘D’Essentials of Groove’.

Tapi, sambil kamu nyiapin diri buat nonton konser ‘D’Essentials of Groove’ di Jakarta Convention Center (JCC) bulan depan, mending kamu simak dulu beberapa informasi seputar konser tersebut. Berikut ini adalah 8 di antaranya, yang dijamin bakal bikin kamu makin engga sabar buat ngelihat penampilan apik Maliq & D’Essentials dan The Groove:

1. Awal mula pemilihan Maliq & D’Essentials dan The Groove

Kata orang, ngelakuin sesuatu yang diawali dari rasa suka pasti hasilnya bakal bagus. Hal itu pun turut diyakini oleh Managing Director Berlian Entertainment, Dino Hamid dalam pemilihan Maliq & D’Essentials dan The Groove sebagai bintang di proyek terbarunya tahun ini.

“Awalnya prinsip secara pribadi saya menyukai Maliq & D’Essentials dan The Groove secara musikalitas. Setelah itu, saya ngobrol sama Mas Yovie [Widianto]. Kami jadikan satu konsep yang berbeda. Komunikasinya seminggu dan akhirnya kami menuju visi dan misi yang sama,” kata Dino di acara konferensi pers ‘D’Essentials of Groove’ di CGV Blitz Grand Indonesia, Kamis (4/8).

2. Kesan Maliq & D’Essentials dan The Groove

Ngewakilin The Groove, Rieka Roeslan selaku vokalis bilang kalo ide konser kolaborasi ‘D’Essentials of Groove’ sebenarnya merupakan ide yang cukup gila. Soalnya, konser tersebut malah jadi semacam pemicu buat mereka nyelesain proyek album dan buku yang udah ketunda bertahun-tahun.

“Ulang tahun Maliq & D’Essentials dan The Groove itu sama-sama 15 Mei, ada judul album yang sama juga, jadi ada kemiripan-kemiripan yang tidak disengaja. Maliq buat kami sudah seperti adik dan teman sendiri. Jadi, senang banget karena akhirnya kita ketemu energi yang bagus dan band yang keren juga. Semoga ini jadi sesuatu yang spekta,” kata Rieka.

Sebaliknya, bagi vokalis Maliq & D’Essentials, Angga, pengalaman ‘D’Essentials of Groove’ justru memicu dirinya dan sesama personil Maliq lainnya buat benar-benar nyiptain sebuah kolaborasi sempurna. “Pertama kali yang kami pikirin awalnya adalah let’s colaborate. Maliq terbiasa sangat independen, jadi jarang kami melakukan kolaborasi. Itu tantangan kami,” ujarnya.

The Groove di acara konferensi pers 'D'Essentials of Groove' di CGV Blitz Grand Indonesia, Kamis (4/8) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
The Groove di acara konferensi pers ‘D’Essentials of Groove’ di CGV Blitz Grand Indonesia, Kamis (4/8) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

3. Keterlibatan Yovie Widianto

Terkait dengan keterlibatan Yovie di ‘D’Essentials of Groove’, Dino ngebeberin bahwa alasannya adalah “karena Mas Yovie yang buka wawasan saya terhadap musik Indonesia”. Sebaliknya, Yovie sendiri setuju buat ikut terlibat karena doi ngelihat Maliq & D’Essentials dan The Groove sebagai “pionir musik progresif pop yang dinamik dengan sentuhan harmoni jazz”.

Lebih tepatnya, Yovie berpendapat bahwa Maliq & D’Essentials dan The Groove punya “kekuatan ciri khas yang mempengaruhi musik di Indonesia”. Doi pun bilang bahwa, “Mereka adalah dua grup yang sangat bisa dipertanggungjawabkan kualitas penampilan live dan rekamannya… Saya percaya Maliq & D’Essentials dan The Groove mewakili musik yang cerdas.”

4. Konsep berbeda ala NKOTBSB

Ngomongin soal konsep, pada dasarnya Berlian Entertainment pengen ngasih sesuatu yang belum pernah dilihat atau didengar oleh para penonton. Meski begitu, Dino engga ngemungkirin pula kalo pihaknya juga terinspirasi dari kolaborasi musisi luar buat ngehadirin konsep ‘D’Essentials of Groove’.

“Secara konsep kami suka dapat referensi luar, apa yang sukses kami follow up dan kembangkan. NKOTBSB jadi referensi kami. Jadi, dari awal kami udah bilang kalo ini bukan Maliq & D’Essentials atau The Groove, tapi satu kesatuan,” jelas Dino.

5. Sentuhan baru artwork ‘D’Essentials of Groove’

Selain pengen ngehadirin pengalaman berbeda bagi para penonton di hari H konser ‘D’Essentials of Groove’, pihak Berlian Entertainment ternyata juga pengen ngelakuin hal yang sama di beberapa waktu jelang konser. Oleh karena itu, Dino dan timnya udah ngadain beberapa aktivitas yang turut ngelibatin para penggemar Maliq & D’Essentials dan The Groove.

“Selama enam minggu kami meluncurkan master design poster, terus kami berikan ke publik untuk di-retouch. Total ada 18 yang terpilih. Jadi, secara program kami udah punya aset hampir 1000 poster,” ungkap Dino.

6. Single khusus

Pemilihan poster dengan tagar #gueikutan bukanlah satu-satunya aktivitas medsos yang diadain Berlian Entertainment jelang ‘D’Essentials of Groove’. Di samping itu, ada pula aktivitas pemilihan judul lagu buat lagu tema konser yang dipilih berdasarkan judul hits Maliq & D’Essentials dan The Groove dengan tagar #guesumbangjudul.

Nah, dari semua usulan judul yang masuk, terpilihlah judul ‘Coba Katakan dengan Cinta’. Lirik lagu tersebut diciptain oleh Yovie, sedangkan musiknya diaransemen oleh para personil Maliq & D’Essentials dan The Groove.

“Kurang lebih saya pendekatannya dari progesi harmodi dan melodi yang mereka ciptakan, tentu saja untuk menggabungkan keduanya. Akhirnya, kekuatan vokalnya Angga, Indah, Reza, Rieka jadi warna-warna yang membuat lagu ini jadi indah dan menarik,” ujar Yovie.

Lebih lanjut, soal pengerjaan lagunya, drummer Maliq & D’Essentials, Widi ngungkapin bahwa engga ada masalah yang berarti, soalnya dirinya dari awal udah bagi-bagi tugas dengan pianis The Groove, Ali. Sementara itu, pengalaman menarik justru diperoleh pemain bass Maliq & D’Essentials, Jawa.

“Semalam kaget juga pas Nino RAN denger lagu ini. Dia bilang pertama kalinya denger suara Reza jelas banget. Takutnya interpretasinya salah, ternyata aman,” beber Jawa.

Kini, single ‘Coba Katakan dengan Cinta’ udah bisa kamu dengerin di toko musik digital dan radio-radio kesayangan kamu. Video liriknya juga udah bisa kamu lihat di YouTube. Soal kemungkinan single tersebut jadi awal dari album kolaborasi Maliq & D’Essentials dan The Groove, itu masih rahasia. Yang penting kamu datang dulu aja di tanggal 6 September nanti, Kawan Muda.

Konferensi pers 'D'Essentials of Groove' di CGV Blitz Grand Indonesia, Kamis (4/8) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Konferensi pers ‘D’Essentials of Groove’ di CGV Blitz Grand Indonesia, Kamis (4/8) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

7. Panggung dan konsep art

Kalo biasanya Berlian Entertainment punya waktu sekitar tiga hari buat ngatur panggung, maka buat ‘D’Essentials of Groove’ engga demikian. “Nanti cuma punya waktu 22 jam untuk set up, biasanya tiga hari. Jadi, itu salah satu tantangannya,” papar Dino.

Menariknya, buat konsep art ‘D’Essentials of Groove’ Dino ngebeberin kalo mereka engga bakal pakai visual art, melainkan live art. Salah satu bentuknya adalah lewat wristband, yang bakal mancarin cahaya warna-warni yang ngikutin alunan dari setiap lagu yang dibawain Maliq & D’Essentials dan The Groove saat konser berlangsung. Keren deh pokoknya!

8. Penjualan tiket

Secara keseluruhan, kapasitas yang tersedia di JCC mencapai 3500 penonton. Sejauh ini, tiket yang terjual udah lebih dari 50%, dengan tiket kategori Acid udah ludes terjual. Kategori tiket lainnya kayak Soul, Funk, Pop, dan Swing masih tersedia, dengan harga masing-masing 650 ribu, 850 ribu, 1,25 juta, dan 2,5 juta rupiah. Buruan beli gih sebelum kehabisan, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer