Sabtu, 31 Oktober 2020

Genmuda – Meskipun kuliah masih lama karena kamu masih punya waktu 1 bulan lagi buat nyantai-nyantai, kamu mesti siap-siap juga nih buat menghadapi masa-masa awal yang akan ngubah kehidupan kamu selama 4 tahun (mungkin lebih) ke depan.

Inget, gak usah aneh-aneh pas nanti ospek. Gak usah carmuk alias cari muka sama senior yang ganteng atau yang cantik, kecuali kamu pengen tenar nantinya. Atau gak usah caper juga sama temen seangkatan yang lucu. Inget, hidup kamu di kuliah masih panjang, gak usah aneh-aneh dulu lah. Biar kamu tau aja nih, 10 hal di bawah ini adalah hal yang gak boleh kamu lakuin di minggu awal kuliah. Catet!

1. Caper, terus deketin banyak cowok atau cewek

Nah ini nih. Udah dibilangin dari awal tadi, gak boleh caper. Eh kamu malah caper. Kalo kamu cantik dan tampan sih pasti gak mesti caper, karena udah banyak senior yang udah caper duluan sama kamu. Eits, jangan kelewatan kalo kamu terlalu banyak gaya, kamu bakal disebelin sama senior, dan justru nanti kamu bakal dapet musuh di awal kuliah. Duh!

2. Jaga mulut, jangan ember

Stop. Kebiasaan ngegosip amu mesti dikurang-kurangi diawal perkuliahan (nanti dilanjutnya pas udah jadi senior). Bukan jaga image juga sih, tapi sebaiknya kamu bersikap baik dulu di masa-masa awal kuliah. Cari temen sebanyak-banyaknya, bergaul sama siapa aja supaya wawasan kamu semakin terbuka.

3. Milih temen, langsung ngegeng

Tipikal anak SMA banget nih. Inget, kamu bukan lagi anak sekolah. Kamu udah jadi MAHAsiswa. Segala kebiasaan jelek kamu soal cara berteman sebaiknya kamu ubah demi kebaikan kamu sendiri. Gak usah milih temen dan mikir mereka bakal jadi temen kamu selamanya. Inget, perjalanan kuliah kamu masih jauh banget gengs!

4. Langsung milih sahabat

Gak, gak boleh langsung ngetepin sahabat terus langsung menganggap doi best friend forever kamu. Minggu-minggu awal kamu kuliah ada saatnya kamu buat eksplor diri kamu dan ketemu lebih banyak orang yang punya sisi lain yang bisa jadiin kamu pelajaran. Kalo kamu temenan sama yang itu-itu aja, apa gak bosen nanti?

5. Dandan lebay

Mau ketemu siapa sih emang di minggu pertama kuliah? Senior yang ganteng juga galak, atau senior yang cantik dan ngebelain kamu? Percayalah, mereka gak akan perduli sama dandanan kamu. Belum tentu juga mereka perhatiin dan engeh sama kamu. Mendingan kamu dandan sesuai sama gaya kamu aja, yang tentunya yang nyama dipake. Kalo kamu keliatan confident, malah lebih enak loh keliatannya!

6. Nge-add semua orang di Facebook

Jangan pokoknya jangan ya! Kamu bakal disangka freak nanti sama orang-orang. Pas tau ternyata kamu nge-add atau nge-follow semua temen sekelas, mereka pasti bakal mikir kamu itu aneh, dan yang ada kamu malah dijauhi. Yang wajar-wajar aja pokoknya. Follownya dikit-dikit aja dulu, atau kamu tukeran user name Instagram. Nah baru deh follow yang lain.

7. Gak bisa belajar mandiri

Yah baru aja tinggal terpisah sama orang tua, eh kamu udah gak betah karena mesti ngerjain semuanya sendiri. Ayo, belajar mandiri! Kamu pasti bisa kok nyuci dan nyetrika sendiri daripada nge-laundry. Kamu bisa juga kok masak sendiri tanpa harus beli. Bisa juga kok kamu tidur sendiri tanpa mesti makan malam dulu sama mama dan papa kamu. Jangan dikit-dikit homesick. Jangan pokoknya.

8. Dikit-dikit homesick

Nah, baru aja dibilang jangan dikit-dikit homesick, eh kamu udah homesick aja. Sebenernya wajar aja sih kalo kamu kangen rumah di minggu-minggu awal kuliah, apalagi buat kamu yang gak tinggal sama orang tua dan mesti ngekost sendirian. Kamu mesti bisa menahan rindu kamu sama orang rumah, supaya orang rumah pun percaya sama kalo kamu bisa hidup secara mandiri. Main aja sama temen-temen kamu, nanti juga lupa kok!

9. Tidur ngorok

Meski tidur sendiri di kosan, kamu harus bisa ubah sleep disorder kamu yang satu ini. Di kosan kamu pasti punya tetangga kan? Dan bisa jadi tetangga kamu di kosan itu keganggu sama suara indah kamu yang keluar secara spontan pas tidur. Hindari tidur kemaleman atau begadang di awal-awal kuliah karena itu ngaruh juga sama kebiasaan tidur kamu.

10. Gak berani duduk di depan

Kenapa sih gak mau duduk di depan? Coba deh kamu buang kebiasaan di SMA kamu yang demennya duduk di kursi bagian belakang. Emang apa sih untungnya duduk di belakang? Padahal katanya dibelakang itu banyak ‘setan’ dan bikin ngantuk ya kalo duduk dibelakang. Nah, coba deh kamu ubah kebiasaan itu dan mulai berani buat duduk di barisan depan. Enak loh duduk di depan, gak ngantuk dan bikin kamu lebih fokus buat nangkep pelajaran. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.