Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Sering bertambahnya usia, kerja tubuh manusia mulai melambat, termasuk dalam hal metabolisme atau proses pembakaran kalori dalam tubuh. Namun demikian kejadian tersebut bukan serta merta datang cuma untuk orang-orang tua doang, tapi juga ke anak muda kayak kamu.

Faktanya metabolisme tubuh berfungsi mengubah makanan dan minuman yang dikomsumsi menjadi sumber energi. Semakin baik metabolisme tubuh kamu maka semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh. Sebaliknya semakin melemah metabolisme tubuh, makin banyak juga masalah buat kesehatan kamu.

Dari sekian banyak tanda-tanda metabolisme tubuh mulai menurun, ini 7 tanda yang paling sering ditemui pada anak muda.

1. Naik berat badan secara berlebihan

via: Healthy
(Sumber: Healthy)

Kelebihan berat badan sering banget dianggap karena gaya hidup gak sehat dan teratur. Padahal kenaikan bobot tubuh adalah tanda sederhana melambatnya metabolisme yang membuat tubuh sulit membakar lemak.

2. Kulit kering

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Gejala ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai karena jenis kulit, dehidrasi, perubahan kondisi cuaca, dan masih banyak lagi. Namun, jika kulit kamu sering kering dan pecah-pecah tanpa alasan yang jelas, maka hal itu bisa disebabkan karena metabolisme tubuh mulai melambat untuk memproduksi kadar pH (kelembapan) di kulit.

3. Rambut rontok

via Luxy Hair
(Sumber: Istimewa)

Salah pake sampo, stres, kurang nutrisi atau faktor gen, cuma jadi segelintir alasan kenapa rambut kamu bisa rontok. Tapi jika dikaitkan dengan metabolisme tubuh yang mulai melambat, besar pengaruhnya jika akar rambut gak bisa menyerap nutrisi dari kulit kepala sehingga menyebakan kerontokan. Gitu, gengs!

4. Sering kedinginan meski dalam kondisi cuaca panas dan badan kamu fit

via tumblr.com
(Sumber: tumblr.com)

Suhu badan menjadi dingin karena sakit atau faktor cuaca jelas sesuatu yang normal. Lain ceritanya kalo tubuh sering merasa kedinginan tanpa sebab. Itu bisa jadi tanda kalo metabolisme tubuh kamu tuh mulai berkuang sehingga dapat menurunkan suhu badan secara tiba-tiba.

5. Suka makan yang manis-manis

via: Tumblr
(Sumber: Istimewa)

Selain bisa memicu gelaja diabetes, penyebab anak muda suka mengonsumsi makanan manis bisa disebabkan karena metabolisme tubuhnya melemah sehingga kadar gula di dalam darah menurun. Kalo kamu kurang yakin, gak ada salah buat cek kadar gula darah kamu secepatnya.

6. Susah konsentrasi

via: Buzzfeed
(Sumber: Istimewa)

Konsentrasi merupakan bagian cara kerja otak dan erak kaitannya pada masalah kesehatan. Susah konsentrasi adalah gelaja lain dari metabolisme tubuh yang melambat. Itu pula alasan kenapa istilah pikun sering digunakan buat orang tua, bukan ke anak muda.

7. Sering sakit kepala

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Kayaknya hampir dari semua Kawan Muda pernah ngerasain sakit kepala. Nah, metabolisme menurun merupakan salah satu penyebabnya, loh. Hal ini ditengarai oleh jumlah hormon kortisol di dalam tubuh yang meningkat, dan membuat kamu sering sakit kepala.

Bagaimana solusinya?

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Karena berkurangan metabolisme berkaitan dengan banyak hal, dan gak melulu soal umur. Dokter Brian St. Pierre, RD, ahli nutrisi McCaster University, bilang supaya menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga yang teratur.

Brian juga menyarankan supaya anak muda harus lebih banyak bergerak ketimbang menghabiskan aktivitas di dalam ruangan. Jadi, Kawan Muda udah alami 7 tanda di atas belum, nih?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.