Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Senior lagi banyak pikiran yah? Wajar kok! Bayangin aja di bulan ini aja ada dua agenda yang harus kamu selesain yaitu pendaftaran SNMPTN yang akan berakhir pada 6 Maret dan pencetakan kartu pesertan SNMPTN yang akan dimulai 14 Maret sampai 14 April.

Walau cuma secarik kertas, tapi kertas tersebutlah yang menentukan langkah kamu selanjutnya. Bukan cuma itu aja, kertas peserta itu juga udah jadi pembuktian kalo Kawan Muda udah berani memilih apa yang jadi harapan kamu selama ini.

Meski ada campur tangan orang tua, guru, temen, pacar bahkan tempat bimbel sekalipun. Tetep aja jika kamu berhasil ngedapetin tempat dengan nilai rapot merupakan usaha kamu dari kelas satu sampai kelas 3. *tepuk tangan.

Maka dari itu gengs, jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan receh yang justru malah bisa jadi bumerang buat kamu. Selain bisa malu, kamu mungkin bisa keki dibuatnya:

1. Jangan pake email alay

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Pengisian data diri lewat jalur SNMPTN emang banyak kalo perlu detail. Yang suka males ngetik, usahain deh diniatin supaya engga ada data yang salah. Selain itu, hindari pula penggunaan nama akun/email yang norak, alay, apalagi absurd. Kalo emang engga punya, Genmuda.com sarankan buat bikin baru. Daripada nanti dianggap kurang niat pas pengen jadi mahasiswa kan syedih.

2. Lupa password

Udah ngisi semua data diri tapi lupa passwordnya itu receh dan menyebalkan. Coba tanya pihak sekolah engga bisa dibantu, udah pake NISN (Nomor Induk Siswa Nassional) yang bener dan masukin password berkali-kali tapi tetep aja gagal. Yaudah, kalo kayak gitu mendingan move on dan menatap SBMPTN di depan mata. *semangat!

3. Foto sesuai permintaan

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Masih inget engga, tahun 2015 ada salah satu calon mahasiswa yaitu Ridwan Nurcahya engga boleh mengikuti Selesksi Masuk Bersama Politeknik Bandung, karena kartu ujiannya pake foto salah satu tokoh anime Naruto. Iya ini serius bukaan lagi bencanda.

Dengan kamu ikutkan cara doi, itu artinya kamu udah buang salah satu kesempatan kamu untuk sukses. Kecuali, Kawan Muda emang lagi ikutan ‘panjat sosial’ dan pengen viral. Silakan aja dicoba. Risiko ditanggung sendiri ya.

4. Jangan sampai salah pilih jurusan

Berkali-kali sampe kamu mual engga apa-apa! Pokoknya jangan sampai salah pilih jurusan. Banyak jalan menuju Roma itu emang ada, tapi tiap jalan itu punya kesulitannya masing-masing loh. Ibaratnya jurusan adalah cara kamu menuju Roma, maka jangan salah pilih rute. Sayang banget kalo harus buang-buang waktu di jurusan yang bukan kamu sukai. Makanya Genmuda.com ingetin lagi, jangan sampai salah.

5. Belum diskusi sama orang tua

(Sumber: theconsciousparentblog.com)

Akui aja, diterima itu rasanya menyenangkan, tapi semua bakalan percuma jika kamu belum mendapatkan restu dari orang tua. Makanya gaes, sebisa mungkin mendiskusikan keputusan kamu sama ortu. Kalo pun emang engga suka silakan bilang. Toh lebih enak sakit di awal, daripada nyesek kemudian.

So, please, sekali lagi penulis berharap supaya kamu jangan anggap remeh hal-hal di atas. Tetap semangat dan selalu berfikir positif untuk masa depan yang lebih cerah. Jangan ada penyesalan di antara kamu dan aku (iya kamu). Yaudah, ciao(sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela