Minggu, 17 Januari 2021

Genmuda – Kabar kedatangan SNSD/Girls’ Generation mengisi perayaan HUT 72 RI bikin beberapa netijen bukan cuma repot, tapi sampai panik. Padahal, mereka salah kabar. Girlband “senior” yang musik dan tarian asiknya digemari dunia itu hadir buat mengisi Count Down Asian Games 2018 yang berlangsung 18 Agustus.

Meskipun udah tau perayaan 17 Agustus dan Count Down Asian Games merupakan dua acara berbeda, netijen tetep aja minta SNSD engga perlu didatengin. Di satu sisi, Taeyeon cs kan bisa dibilang perwakilan Korea Selatan, negara peserta pesta olahraga musim panas Asia itu.

Lagian, susah loh ngebatalin jadwal manggung artis kelas dunia yang bookingnya aja gak segampang band alay. Udah, deh! Gak usah ribet mikirin SNSD. Mereka aja belum tentu mikirin kamu! Mendingan, siap-siap berpesta aja deh karena pemerintah bikin banyak acara kece sepanjang Agustus ini. Liat aja, nih.

1. Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan di Galnas (1 Agustus)

via kompas.com

Kuy lah ke Galeri Nasional (Galnas) kalo pengen menikmati bagusnya koleksi lukisan-lukisan pajangan Istana Negara yang kini dipamerin ke publik. Jangan ngaku nyeni deh kalo belum dateng ke sini, bawa-bawa katalog lukisan, dan ngeliatin lukisan sambil manggut-manggut.

2. Zikir Kebangsaan di Istana Merdeka (1 Agustus)

via banten88.com
Ini ilustrasi aja. Bukan acaranya beneran. (Sumber: banten88.com)

Zikir juga termasuk bentuk pesta, loh. Pesta dalam ke-Islaman. Gak salah, dong! Zikir kan kayak pesta juga, sama-sama bikin senang. Emang kamu gak senang Zikir? Hayo. Eniwei, acaranya berlangsung tanggal 1 Agustus di halaman Istana Merdeka, pukul 19.30 WIB. Dateng agak-agak ngaret gak apa lah.

3. Pentas Seni Museum Fatahillah dan Kota Tua (5, 12, 19, 26 Agustus)

via detik.com
Video Mapping Fatahilah, 2014 lalu. (Sumber: detik.com)

Festival di pusat pemerintahan Jakarta jaman Kolonial Belanda ini dimulai pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB. Pasti bakal ada sajian tradisional dan modern, deh. Terus, pasti acaranya bakal bagus banget diabadikan ke Instagram.

4. Pentas Seni dan Lomba Komunitas CFD (6, 13, 20, 27 Agustus)

©Genmuda.com/2016 TIM
Anak skate lagi kickflip di CFD. ©Genmuda.com/2016 TIM

Malem Minggunya habiskan sore di Kota Tua, Minggu paginya bersenang-senang di Car Free Day Jakarta. Nikmat mana lagi yang mau kau dustakan?

5. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (10 Agustus)

via goodnewsfromindonesia.id
(Sumber: goodnewsfromindonesia.id)

Alasan tambahan untuk beli tiket jalan-jalan karena kegiatan ini berlangsung di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan. Tahun ini, acaranya bakal ngebahas “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan.” Dengan kata lain, ini adalah pestanya para akademisi.

6. Pembinaan Pancasila di Istana Kepresidenan Bogor (11 Agustus)

#istanabogor #istanakepresidenanbogor

A post shared by Leonie Irina Mutiara (@leonie_irina) on

Hayo. Baru tau kan kalo di Bogor ada yang namanya Istana Kepresidenan. Udah tau belum kalo di Istana itu juga ada museumnya? Nah, sekalian liat-liat “markas RI 1” itu, jangan lupa dateng ke pembinaan ideologi Pancasila, pukul 09.00 WIB.

7. Renovasi Air Mancur Menari Monumen Nasional (12 Agustus)

via poskota
Air mancur menari Monas pada masa berjayanya. (Sumber: Poskota).

Anak-anak nongkrong Jakarta malam hari bisa kembali berharap. Pemerintah bakal resmiin renovasi air mancur menari yang beberapa tahun lalu jadi atraksi malam menarik.

8. Hari Pramuka (14 Agustus)

via beritasatu.com
Anak-anak pramuka lagi menyusuri tepi sungai. (Sumber: beritasatu.com)

Kangen sama kegiatan Pramuka? Dateng aja ke Bumi Perkemahan Cibubur, 14 Agustus. Jangan lupa pakai beret, kemeja, dan celana cokelat meski kamu engga termasuk regu yang lagi kemping di sana. Lengkapi dandanannya dengan kacu juga gesper Penggalang atau Pembina. Karena, kamu engga mungkin masih Siaga. Udah lulus SD masa masih pangkat Siaga, sih!?

9. HBD Indonesia (15 Agustus)

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Bukan Happy Birthday Indonesia, melainkan Hari Belanja Diskon Indonesia. Saik gak tuh!? Acaraya berlangsung di Gambir Expo – JI Expo Kemayoran, 15 Agutus, dimulai pukul 10.00 WIB. Genmuda.com udah tau pasti acara belanja-belanja ini bikin kamu doyan.

10. HBD Indonesia (beneran) (17 Agustus)

via jurnalwarga.com
(Sumber: Istimewa)

Ya, ini jelas perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Hampir semua Kecamatan pasti ngerayaain dengan berbagai lomba.

11. Countdown Asian Games ‘Selebrasia’ (18 Agustus)

via indonesia.travel

Meski kamu gak suka SNSD, bukan berarti gak bisa nikmatin acara ini. Soalnya, beberapa artis beken Tanah Air diundang nampil, misalnya Raisa, Tulus, JFlow, dan sederet YouTubers Indonesia.

12. Festival Prestasi Indonesia (21-22 Agustus)

via tempo.co
(Sumber: Istimewa)

Pengen kan ngerasain bangga luar biasa sama negara sendiri? Makanya, dateng ke Festival Prestasi Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), 20 Agustus, pukul 09.00 WIB. Kalo belum puas, datengin aja pentas seninya yang berlangsung tanggal 22 Agustus juga di JCC, pukul 19.30 WIB. Jangan terlambat, ya!

13. Futsal Kabinet Kerja v allstar legends (30 Agustus)

via progres.id
Hati-hati. Nyenggol presiden bisa disenggol balik sama paspampres. Canda. (Sumber: progres.id)

Apa jadinya ya kalo Jokowi dan jajaran menteri beradu futsal sama legenda-legenda sepakbola? Penasaran, kan? Makanya, tonton aja pertandingan unik itu di Lapangan Futsal DKI, 30 Agustus mendatang. Berharap aja acaranya disiarin di TV supaya gak perlu sumpek-sumpekan dengan para penonton di sana.

Banyak acara seru, kan? Kalo mau tau acara-acara lain di Bulan Kemerdekaan, langsung aja liat infonya di sayaindonesia.indonesia.go.id atau sayaindonesia.setneg.co.id. Selamat berpesta dan jangan lupa: MERDEKA! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.