Rabu, 27 Oktober 2021

Genmuda – Hari Pendidikan Nasional tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 2 Mei semakin lengkap usai bertepatan dengan hasil pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK tahun 2017. Secara serentak, Selasa (2/5) pukul 10.00 WIB hasilnya udah bisa Kawan Muda secara di situs Kemdikbud atau secara tertulis di sekolah masing-masing.

Sayangnya nih, saat Genmuda.com akses di hari yang sama pukul 11.35 WIB situs resmi un.kemdikbud.go.id gak bisa diakses. Mungkin karena banyak diakses dan akhirnya down. Namun demikian semoga aja Kawan Muda yang baru ngejalanin UN semua bisa lulus dengan memuaskan. Amin.

via: http://un.kemdikbud.go.id/
(Sumber: un.kemdikbud.go.id/)

Eits, tapi setelah pengumuman kelulusan sebaiknya kamu jangan cepet puas atau malah ngelakuin hal-hal yang gak ada faedahnya. Kayak corat-coret baju hingga konvoi di jalan raya. Meski udah jadi hal umum, tapi kamu tetep masih bisa keliatan keren kok buat ngerayain kelulusan dengan cara ini.

1. Selfie atau pamer sama nilai kelulusan kamu

©Genmuda.com/2016 TIM
(©Genmuda.com/2016 TIM)

Berhubung jaman digital, sah-sah aja kalo mau selfie bareng geng kamu sambil pamerin nilai kelulusan kamu. Biar gak dikira nyampah, pake juga fitur album dengan caption esthetique macem, “Hari terindah dalam hidup.” Gak apa-apa kok, kalo kelulusan itu indah ya rayakan lah.

2. Kasih kado untuk orang-orang berjasa di sekolah

cewek
Andaikan semua ibu kantin kayak gini, pasti jarang ngutang bawa bekel dari rumah (Sumber: Istimewa)

Tukeran kado sama temen sekelas mungkin jadi hal yang biasa, tapi saat kamu bisa kasih kado buat orang-orang yang senantiasa ngewarnain masa-masa SMA gak ada salahnya, loh. Gak mesti guru, bisa aja ibu kantin yang sering diutangin atau Pak Satpam yang mau bukain gerbang meski kamu dateng telat. Kontribusi mereka buat kelulusan kamu kan juga besar kali.

3. Bakti sosial

©Genmuda.com/2017 TIM
Serah-terima buku sumbangan. Semoga berkah dan bermanfaat! ©Genmuda.com/2017 TIM

Daripada seragam kamu dicorat-coret bikin aja bakti sosial sekalian donasiin buku-buku pelajaran yang udah gak kamu pake lagi. Kegiatan sosial lainnya pun bisa kamu jajalin, mau bikin donor darah atau bagi-bagi sembako. At least, kebahagian kamu bisa jadi kebahagian bagi orang lain yang membutuhkan. Ntap!

4. Buat resolusi bareng temen kamu

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Oke, ujian pertama emang baru aja selesai. Tapi inget masih banyak ujian lainnya. Dan di waktu liburan panjang (yang sebenernya lebih banyak gabut), kenapa egak seru-seruan bikin resolusi barengan temen kamu. Misalkan mau kuliah di jurusan apa, kampus mana, atau punya pacar berapa. *canda. Kalo udah, tempel deh resolusinya di kamar kamu, jika perlu sekalian diprint gede biar jelas.

5. Bikin film dokumenter

Broadway class YES ACADEMY 2016
Kalo mau lebih gokil sih pake juga gerakan koreografi di filmnya. (Foto: Genmuda.com 2016 / Charisma Rahmat)

Percaya, sedikit banget orang yang peka sama ide ini. Yup, momen kebahagian seperti ini layak loh buat diabadiin. Gak ada salahnya buat tim kecil atau kamu sendiri yang ngelakuin momen tawa, tangih, hingga syujud sukur. Siapa tau filmnya bisa dimasukin kompetisi film. Siapa tau juga bisa juara. Ya, siapa tau kan nasib seseorang gak ada yang tau.

JANGAN LUPA BANYAK BERSYUKUR

©Genmuda.com/2016

Yaudah. Apalah arti dari semua perayaan tanpa diiringi rasa syukur kepada Tuhan dan doa dari orang tua. Tanpa mereka kamu mungkin hanya remahan gorengan di kantin. Selamat ya dan jangan lupa bahagia!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.