Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Suksesnya film superhero Marvel emang gak berlangsung secara instan. Soalnya sebelum kejayaan Marvel Cinematic Universe (MCU), Marvel juga harus putar otak memilih aktor yang cocok sebagai superhero di komik-komik mereka.

Bukan tanpa alasan kenapa sejumlah aktor/aktris sempat menolak tawaran menjadi superhero Marvel. Alasannya sih sepele, ada yang ragu sama hasil filmnya, ada juga kebanyakan milih, sampe ada yang gak tertarik sama sekali meranin tokoh dari film kartun atau komik.

Biarpun penolakan tersebut ada yang jadi dianggap keputusan tepat, ada pula keputusan yang mungkin jadi blunder sampe penyesalan di hidup mereka (*lebay). Kawan Muda mau siapa aja bintang Hollywood yang pernah menolak tawaran Marvel? Berikut rangkumannya:

1. Russell Crowe

via: REUTERS
(Sumber: REUTERS)

Sebelum film MCU berseliweran seperti sekarang, film superhero Marvel yang paling hits di awal tahun 2000-an adalah X-Men. Sampe sekarang gak sedikit karakter X-Men yang dijadiin film solo kayak Wolverine, Deadpool, sampe Gambit.

Jauh sebelum Bryan Singer bikin film “X-Men” tahun 2000, pihak 20 Century Fox pernah pedekate sama Russell Crowe buat meranin Wolverine. Namun doi menolak tawaran tersebut karena dirinya ogah meranin dua karakter yang sama-sama berhubungan dengan serigala, karena di film “Gladiator” Crowe harus meranin karakter Maximus yang mirip-mirip dengan Si Logan. Aktor penyabet Piala Oscar ini juga nambahin kalo dirinya gak tertarik memainkan peran dari tokoh kartun.

2. Matt Damon

© Universal Pictures
(Sumber: Universal Pictures)

Kawan Muda pernah nonton film “Daredevil” (2003) yang diperanin sama Ben Affleck? Terlepas dari filmnya yang dicap GAGAL TOTAL, ternyata aktor pemeran Batman ini cuma dapet peran cadangan sebagai Daredevil. Serius!

Tawaran pertama superhero itu awalnya justru ditujukan buat Matt Damon, tapi karena ngerasa naskahnya gak menarik ditambah bentrok dengan syuting film “Borne”, doi dengan santainya ngerekomendasiin peran superhero itu ke sohibnya, yang gak lain Ben Affleck. Setelah filmnya gagal, Affleck pun sempat ngaku kalo dirinya menyesal menerima tawaran sohibnya itu.

3. Joseph Gordon Levitt

via: Fandom
(Sumber: Fandom)

Beda lagi sama kasus aktor ganteng Joseph Gordon Levitt. Doi pernah ditawarin Marvel untuk meranin dua tokoh superhero di MCU yaitu sebagai Dr. Strange dan Ant-Man.

Setelah diwawancarai Deadline, Levitt ngaku kalo dirinya menolak dua peran tersebut lantaran lebih pengen meranin Star Lord di Guardian of Galaxy. Nah, saat udah pengen ‘deal’ jadi Star Lord, doi malah memilih bergabung dengan sekuel film “Sin City”, “Sin City: A Dame to Kill For.” Hasilnya film tersebut malah gak laku di pasaran. NYESEL KAN LO!

4. Olivia Munn

via: Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Mantan wartawan sekaligus model majalah dewasa, Olivia Munn emang pernah meranin Psylocke. Etapi nih, kamu harus tau kalo keputusan itu dipilih setelah doi menolak peran di film “Deadpool” (2016) yang dirilis selang sebulan dari “X-Men: Apocalypse” (2016).

Pada awalnya Munn ditawarin peran sebagai Vanessa Copycat, pacarnya Deadpool. Tawaran tersebut kemudian ditolak oleh pemegang sabuk hitam taekwondo itu karena dirinya ngerasa gak cocok kalo cuma jadi ‘pemanis’ dan lebih suka peranin tokoh yang punya kekuatan sekaligus mengasah skill bertarung.

5. Mel Gibson

via independent.co.uk
(Sumber: Independent.co.uk)

Aktor kawakan Mel Gibson pernah ditawarin masuk MCU sebagai Dewa Odin di film “Thor”. Namun peran tersebut akhirnya jatuh kepada Anthony Hopkins karena si aktor veteran itu ngerasa gak cocok dengan pembawaan doi.

Saat diwawancarai The Guardian, Om Gibson ngaku gak pede dengan karakter Raja Asgard lantaran backgroundnya sebagai aktor film action dianggap berbanding terbalik dengan dialog Odin, yang terlalu kolosal layaknya panggung teater.

6. Jessica Chastain

via: MARCO GROB /VARIETY
(Sumber: MARCO GROB /VARIETY)

“Iron Man 3” masih duduk di peringkat 5 film MCU paling laris sepanjang masa dengan pendapatan 409 juta dolar AS per bulan Mei 2018. Menariknya proyek film tersebut sempat ingin melibatkan aktris Jessica Chastain sebagai Maya Hansen, namun ditolak karena jadwalnya bentrok.

Keputusan Jessica dianggap tepat karena dalam dalam filmnya, Maya Hansen yang diperanin oleh Rebecca Hall cuma jadi pemeran pembantu dari musuh utama Iron Man di film tersebut, yaitu Aldrich Killian. Di tahun depan Jessica justru baru akan memulai debut di film “X-Men: Dark Phoenix”. Selamat ya!

7. Joaquin Phoenix

via: Slash Film
(Sumber: Slash Film)

Pemeran Kaisar Julius Caesar di film “Galdiator” ini ditawarin peran menjadi Dr. Strange sebelum jatuh ke Benedict Cumberbatch. Penolakannya agak unik nih, Jaaquin cuma ngerasa gak bisa akting maksimal jika harus syuting dengan banyak bantuan efek green screen.

8. Matthew McConaughey

via: © MARIO ANZUONI / REUTERS
© MARIO ANZUONI / REUTERS

Ketika diwawancarai Playboy, peraih Piala Oscar ini pernah dikaitkan bergabung dalam proyek film “Guardian of The Galaxy Vol.2”. Matthew blak-blakan kalo dirinya sangat seneng jika bisa bergabung dengan banyak aktor Hollywood di film MCU, meski gak dijelasin secara gamblang dapet peran apa, namun tawaran itu gagal terwujud karena doi harus konsen di film “The Dark Tower” yang merupakan adaptasi dari novel Stephen King.

9. Emily Blunt

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Sampe sekarang, Marvel masih ngebet buat menggaet Emily Blunt meranin film superhero mereka. Diakui oleh produser MCU Kevin Feige bahwa pihaknya menawarkan peran Natasha Romanoff alias Black Widow kepada Blunt tahun 2010, namun saat itu sang aktris menolak lantaran jadwalnya bentrok.

Gak berhenti di situ aja, Marvel masih berusaha melibatkan istri John Krasinski itu di film “Captain America: The First Avengers” sebagai Peggy Carter dan kembali ditolak lantaran bentrok. Dalam wawancaranya dengan Vulture, Blunt mengaku sangat terbuka buat menerima peran superhero di kemudian hari.

10. Tom Cruise

via thefashionisto.com
(Sumber: thefashionisto.com)

Aktor serba bisa, Tom Cruise sebenernya masuk sebagai kandidat utama pemeran Iron Man sebelum Robert Downey Jr tahun 2008. Akan tetapi, mantan suami Katie Holmes itu gak terlalu tertarik dengan Tony Stark, sehingga lebih ingin fokus menggarap film “Mission Impossible” dan “Jack Reacher”.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.