Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Kelamaan pakai gelang konser ternyata sangat berbahaya buat kesehatan tubuh. Gelang warna-warni yang biasa dikasih buat tanda pengunjung konser itu bisa jadi rumahnya 600 juta bakteri kalo kelamaan disimpan loh.

Sekedar perbandingan aja nih, gelang konser yang masih baru aja udah mengandung 80 ribu bakteri. Hal itu dikarenakan hasil temuan pakar mikrobiologi Australia Nick Coleman. Doi sangat menyayangkan banyak anak muda yang engga sadar kalo bekas keringet, debu, dan lembapnya gelang bekas konser merupakan ekosistem terbaik buat ribuan bakteri.

“Setelah dua hari terinkubasi saja gelang itu sudah berbahaya buat kesehatan. Dikhawatirkan ada bakteri berbahaya yang ikut berkembang biak di gelang itu. Jangan ambil risiko dengan mengenakannya berminggu-minggu, bulan, bahkan tahun,” kata Nick Coleman seperti dikutip situs Metro, Selasa (9/8).

Coleman menyarankan gelang itu segera dilepas setelah pulang dari acara konser. “Kalau memang ingin menyimpan gelang itu sebagai memento yang menyegarkan memori, simpan saja di dalam sebuah scrapbook atau tempat lain. Yang jelas, jangan di dekat tubuh,” tukas Coleman.

Gelang biasa juga sama aja

via rsisultanagung.co.id
Contoh gelang rumah sakit RS Sultan Agung. (Sumber: rsisultanagung.co.id)

Selain ketika konser, gelang macam itu juga dipakai di rumah sakit. Pasien rawat inap biasanya diberi gelang plastik seperti itu buat nandain statusnya sebagai pasien. Nah, sebaiknya gelang itu dicopot lebih cepat daripada gelang konser biasa.

Soalnya, ada risiko gelang itu ditempelin pathogen berbahaya yang ada di rumah sakit kemudian tersebar ke daerah lain seperti di rumah, sekolah, atau kantor misalnya. Dikhawatirkan bakteri itu malah menular ke orang dan menyebabkan penyakit yang mewabah.

Gelang aksesoris biasa pun bisa bernasib serupa kalo engga rajin dibersihin. Nick Coleman sendiri mengaku itu emang terdengar lebay. Namun, ada baiknya manusia engga bermain-main dan ambil risiko soal kesehatan apa lagi yang menyangkut bakteri berbahaya seperti ini.

Harus rajin bersih-bersih

via excite.com
(Sumber: excite.com)

“Skenario terburuknya, ada mikroorganisme seberbahaya bakteri E coli yang hinggap di situ,” kata Coleman. Dalam pelajaran biologi, E Coli adalah salah satu bakteri yang bisa bikin orang muntaber. Jadi Dokter Coleman bilang kebersihan gelang tetep engga boleh dianggap enteng.

Sayangnya, kebiasaan itu masih sering ditemui di Indonesia. Masih ada anak-anak muda yang engga bisa move on dan tetep mengenakan sebagai aksesoris gelang bekas festival, konsel, atau acara lain. So, ayo move on guys. Buang gelang festival yang udah kelamaan dan cuci gelang aksesoris yang masih mau kamu pakai biar tetep sehat. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.