Senin, 6 April 2020

Genmuda – Rasa kantuk dan lelah di siang hari udah jadi hal umum yang menimpa hampir semua manusia. Buat orang dengan gaya hidup serba cepat, ngantuk di siang bolong pasti ganggu banget aktivitas. Jam 12-3 sore seolah jadi ‘jam-jam krusial’ buat mahasiswa dan pekerja kantoran.

Peneliti Harvard Medical School Thomas Scammel bilang, rasa kantuk di siang bolong itu datang bersamaan dengan menurunnya kewaspadaan di dalam tubuh, “Biasanya terjadi di hari yang paling panas dan setelah makan besar,” kata Scammel.

Si Dokter Oz ini bahkan nganjurin orang dewasa buat tidur siang. Tapi, tidurnya engga sembarangan pules kaya tidur malem, gaes. Begini anjurannya.

1. Tidur siang 20 menit aja.

(Sumber: Wall Street Journal)

Dokter Oz nganjurin, tidur siang 20 menit tiap hari tuh bagus banget buat nambah kewaspadaan dan kesegaran dari siang hingga sore. “Suhu tubuh dan tekanan darah sudah menurun, badan sudah mulai rileks, tapi kewaspadaan otak belum sepenuhnya pudar di tidur 20 menit pertama. Ini bisa me-recharge [tubuh].” kata Dr Oz.

Kalo tidur selama lebih dari 30 menit, kamu bakal masuk ke dalam fase tidur pulas. Di fase ini, semua otot di badan bakal rileks, suhu tubuh menurun, dan otak bakal refresh. Tapi, kamu bakal sulit dibangunkan kalo udah tidur sampai fase ini. (Iyalah namanya udah pulas)

2. Tidur siang 26 menit ala NASA

(Sumber: pbs.org)

Lain dari pendapat Dr Oz, Dosen Stanford University Amerika Serikat, William C Dement bilang tidur yang dianjurkan adalah 26 menit. Itu juga dianjurkan NASA, lembaga antariksa AS buat astronot-astronotnya. NASA mencatat, performa astronot yang tidur siang 26 menit meningkat hingga 34% serta kewaspadaannya bertambah hingga 54%.

3. Tidur duduk sambil memegang pensil

tidur siang
(Sumber: WikiHow)

Menurut Dr Oz, engga penting kita tidur duduk atau tiduran, yang penting manfaat tidurnya bisa didapatkan. Justru, ngebiasain tidur siang sambil duduk tegap disaranin supaya kamu bisa tidur di mana aja dan engga ketergantungan sama kasur.

Selain itu, jangan lupa pegang pensil di tangan. Pensilnya jangan dicengram, tapi dipegang kaya kamu mau nulis. Begitu pegangan kamu mengendur ketika tidur, pensilnya bakal terjatuh ke lantai dan sensasinya bakal seperti dibangunin orang lain Jadi, kamu engga bakal deh tidur kelamaan. Albert Einstein juga pakai teknik ini buat curi-curi tidur siang loh.

4. Minum kopi sebelum tidur

Melody
(Sumber: Twitter)

Ini merupakan ide unik Dr Oz. Doi menganjurkan kamu minum kopi sebelum tidur. Kata doi, “Kafein dan zat lain di dalam kopi butuh waktu 30 menit untuk bereaksi dengan tubuh. Jadi, 20 menit pertama masih bisa diguakan untuk tidur. Ketika bangun, efek kopi akan terasa dan makin menambah kesegaran.”

Minum kopinya jangan banyak-banyak. Satu gelas aja sudah cukup. “Segelas kopi saja sudah bisa menambah kewaspadaan yang dibutuhkan untuk berkegiatan hingga sore,”

William C Dement juga menjelaskan, jadwal tidur mamalia emang terpecah-pecah sepanjang 24 jam, bukannya dikumpulkan dalam satu waktu di malam hari. Jadwal tidur manusia pun menurut doi dipecah menjadi dua bagian yaitu malam dan pukul 1-3 di siang hari.

Manfaatnya, mereka yang tidur siang paling engga 3 kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 64%, memperbaiki mood dan kualitas kerja kamu. Karena itu, Google, Nike, dan British Airways menyarankan karyawannya tidur siang beberapa menit di tempat kerja.

Well, begitulah cara tidur siang yang baik, benar, dan bermanfaat buat badan. Selamat tidur siang! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.