Senin, 1 Juni 2020

Genmuda – Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2016 akhirnya udah resmi digelar di hari Jumat (4/3) kemarin nih, Kawan Muda. Baru juga hari pertama, eh festival jazz bergengsi itu udah sukses bikin baper aja.

Pertunjukan hari pertama Java Jazz 2016 dibuka pada pukul 16.30 WIB lewat penampilan spesial dari New West Guitar Group di Transcorp Hall. Menyusul pada pukul 17.15 WIB, giliran 3 penyanyi teater Tanah Air, Andrea Miranda, Aimee Saras, dan Lea Simanjuntak, yang hadir ngebawa nuansa Broadway lewat pertunjukan spesial ‘Jazz on Broadway’ super keren bersama penata musik Ricky Lionardi dan Ron King Big Band.

Terus, apa sih yang sampai bisa bikin baper di pertunjukan hari pertama Java Jazz 2016? Well, yang bikin baper itu engga lain dan engga bukan adalah penampilan memukau dari Raisa dan Glenn Fredly di BNI Hall, Kawan Muda. Malam Sabtu udah berasa kayak malam Minggu banget deh gara-gara lagu-lagu yang mereka bawain.

Afgan saat memegang tangan Raisa (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi)
Afgan saat memegang tangan Raisa (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi)

Tampil pukul 18.00 WIB, Raisa ngebawain sejumlah soundtrack film, mulai dari yang jadul sampai yang paling baru. Beberapa lagu paling bikin baper yang doi bawain antara lain ‘Suara Hati Seorang Kekasih’ (Ost. ‘AADC’), ‘My Heart Will Go On’ (Ost. ‘Titanic’), ‘How Do I Live’ (Ost. ‘Con Air’), serta ‘Terjebak Nostalgia’ (Ost. ‘Terjebak Nostalgia’) dan ‘Percayalah’ (feat. Afgan, Ost. London Love Story’), yang memang merupakan lagu doi. Dari judul lagu-lagunya aja, seharusnya sih kamu udah bisa nebak sebaper apa penampilan Raisa.

Sebaliknya, tingkat kebaperan pun makin memuncak pas Glenn, yang bakal ngerilis album baru di bulan Mei mendatang, mulai tampil pada pukul 23.30 WIB. Baru juga lagu pertama, eh doi udah langsung ngebawain ‘My Everything’, dilanjut sama ‘Selagi Ada Waktu’. Doi bahkan sempat nyaut “Iya, sayang” pas ada penonton cewek yang teriak manggil nama doi. Gimana engga makin baper coba penonton-penonton yang jomblo?

Glenn Fredly & The Bakuucakar (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Glenn Fredly & The Bakuucakar (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Belum usai di situ, Glenn juga sempat ngebawain “Perempuanku”, single yang baru diilisnya tahun lalu. Menyusul kemudian, giliran ‘Tega’ yang sukses ngenyayat hati penonton, apalagi Andre Dinuth sang gitaris sempat unjuk kebolehan terlebih dahulu di awal lagu tersebut. Ada pula ‘Yang Terlupakan’ milik Iwan Fals, yang dibawain ulang sama Glenn dengan sentuhan saxophone melengking-lengkingnya Nicky Manuputi, dan ‘Kisah Romantis’, yang menutup penampilan Glenn dengan apik.

Well, meski begitu, untungnya sih di antara penampilan Raisa dan Glenn, masih ada penampilan keren lainnya yang bisa ngeredain tingkat kebaperan akibat penampilan mereka, sehingga para penonton engga pengen buru-buru pulang buat meringkuk di bawah shower sambil nangis bombay. Salah satunya adalah penampilan dari Tohpati Ethnomission.

FYI, Tohpati Ethnomission sebenarnya merupakan judul album keempat Tohpati. Di album tersebut, doi berkolaborasi bareng Indro Hardjodikoro pada bass, Diki Suwarjiki pada suling Sunda, Endang Ramdan pada Indonesian percussion (kendang, gong, kenong), Demas Narawangsa pada drum dan Indonesian percussion (rebana, kempluk), serta Lestari pada vokal.

Tohpadi dan Indro (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Tohpadi dan Indro (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Walau sang vokalis dan pemain drum engga hadir, Tohpadi dkk. masih tetap bisa ngasih penampilan yang super epic dan bikin makin cinta sama budaya Indonesia. Posisi vokalis dibiarin kosong, sedangkan posisi pemain drum digantiin sama Iqbal, drummer muda yang belakangan ini memang lagi hilir mudik ke berbagai proyek dan panggung jazz.

So, kira-kira pertunjukan Java Jazz 2016 hari kedua yang berlangsung hari ini bakal sebaper apa ya? Bakal bisa ngalahin kebaperan tadi malam engga ya? Kalau kamu mau tahu jawabannya, mending kamu langsung datang dan nonton sendiri buat ngerasain sensasinya, Kawan Muda. Nyesel deh kalau kemarin kamu udah engga dateng terus sekarang juga mau engga dateng lagi! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer