Sabtu, 31 Oktober 2020

Genmuda – Karena zaman makin maju dan kebutuhan manusia buat mengakses internet makin tinggi, akhirnya banyak cara yang dilakukan para produsen handphone supaya produknya gak kalah di pasaran. Hal ini dilakukan juga sama perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple.

Buat meningkatkan terus penjualannya dan menjamin kenyaman para penggunanya, di bulan Mei lalu Apple udah mengirim permintaan buat mendapat lisensi eksperimental buat menguji teknologi nirkabel di pita spektrum gelombang milimeter. Singkatnya, yang dimaksud adalah jaringan 5G.

Wait, what? 5G?

via: giphy

Yap, 5G. Setelah minta izin sama organisasi yang bergerak di bidang pertelekomunikasian Amerika Serikat yaitu Federal Communications Commission (FBB), akhirnya Apple diperbolehkan buat ngetes jaringan generasi kelima alias 5G ini. Percobaan tersebut boleh dilakukan di dua lokasi yang berdekatan sama kantornya Apple, di California.

Dengan 5G ini tentunya akan lebih cepet dari koneksi yang sekarang kita pake, 4G atau mungkin jaringan 3G. Peneliti dan pengembangnya pun mengklaim kalo 5G ini akan lebih sedikit menguras bateri dibanding jaringan 4G.

What is 5G colourful city
Sumber: https://5g.co.uk/

Teknologi 5G yang diperbolehkan di tes sama Apple ini khususnya di gelombang jarak pendek 28 dan 39 GHz bands. 

“Apple Inc. berusaha untuk menilai kinerja tautan seluler di lingkungan jalur langsung dan multipath antara pemancar dan penerima stasiun pangkalan menggunakan spektrum ini. Penilaian ini akan menyediakan data teknikal yang relevan dengan pengoperasian perangkat pada jaringan 5G nirkabel ke depannya,” ujar salah satu staf Apple ke DSL.

Masih dalam pengembangan

Related image
(Sumber: Krify)

Karena Apple aja baru dapet izin percobaannya akhir-akhir ini, berarti mungkin akan butuh waktu agak lama buat kita bener-bener bisa menikmati akses super cepat 5G ini. Pengembang dan penelitinya pun bilang kalo pengerjaan 5G masih dalam tahap pengerjaan dan diperkirakan bisa dipake di 2020 nanti.

Dengan kecepatan koneksi yang ditawarkan si 5G pastinya bikin siapapun gak sabar buat nyobain. Untuk kecepatan unduhnya aja, lumayan jauh sama pendahulunya yaitu 3G dan 4G. Kalo 3G itu 384 Kbps, 4G itu 100 Mbps, maka 5G menjanjikan kecepatan yang cepet abis yaitu 1 – 10 Gbps. Wadaw!

Itu untuk kecepatan mengunduh ya, belum kecepatan mengunggah. Sekedar gambaran, buat jaringan 3G, kecepatan mengunggahnya secara aktualnya adalah 120 ms, 4G adalah 45 ms, dan tebak berapa perkiraan kecepatan buat 5G saat mengunggah! *drumroll* cuma 1 ms aja gengs!

Image result for iphone user
(Sumber: DreamTeam Mobile)

Tapi buat mencapai kesana, 5G mesti bisa memenuhi persyaratan sebagai berikut, yaitu kecepatan data puluhan Mb per detik buat puluhan ribu pengguna, kecepatan data 100 Mb per detik di wilayah metropolitan, 1 Gb per detik secara bersamaan buat para pekerja di lantai kantor yang sama dan beberapa ratus koneksi simultan untuk sensor nirkabel.

Belum sampe situ gengs, masih ada syarat lainnya lagi nih. Koneksi ini mesti punya peningkatan efisiensi spektral yang signifikan dibanding 4G, cakupan wilayah bertambah, efisiensi sinyal ditingkatkan, dan respon waktu harus lebih baik dan signifikan dibandikan LTE.

Indonesia juga udah nyoba loh!

via: Pinterest

Pihak Telkomsel malah udah lebih dulu mencoba kecepatan si 5G ini loh. Telkomsel bekerja sama dengan Huawei udah melakukan live demo 5G ini tanggal 29 Mei 2017. Hasilnya, demo yang dilakukan dalam ruangan tersebut ternyata mampu menembus kecepatan 70 Gbps. Kenceng bangeeeet!

“Melalui demo teknologi 5G ini, kita menyaksikan peningkatan performa di masa depan. Kami akan terus menganalisa dan mengkaji 5G secara menyeluruh untuk ke depannya menjadi operator pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G secara komersial, seperti yang sudah kamil lakukan pada teknologi 4G,” kata Ivan C. Permana selaku Vice President Next Generation Network Telkomsel di Gedung Telkomsel Smart Office yang dilansir dari CNN.

Telkomsel pun mengklaim kalo mereka adalah operator pertama yang berhasil mencoba 5G ini. Dan semoga kedepannya makin banyak operator yang mencoba ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.