Jum'at, 23 Februari 2024

Genmuda – Ngegabut di tempat tidur selalu bikin orang bengong tetang apa yang dilakukannya di masa lalu. Tepat pada tanggal 10 Juli 2016, penulis artikel ini nginstall versi bajakan sebuah game. Aslinya, game itu rilis empat hari sebelumnya dan langsung super viral dalam hitungan menit.

Game yang dimaksud ya jelas Pokemon-Go. Kenapa download versi bajakan? Tentu aja karena versi resminya baru rilis berhari-hari setelah peluncuran perdana. Setelah ngejajal game yang bikin orang-orang rajin jalan-jalan itu, artikel di link ini rilis. Terus, semua orang mengira game andalan Nintendo itu beneran mengubah cara hidup.

Ternyata enggak semanis cerita dongeng Disney. Dalam hitungan bulan, orang-orang yang tadinya rajin keluar balik jadi manusia rumahan. Lagu dangdut tentang Pokemon yang ngetren diputar di angkutan kota langsung terlupakan. Pokemon-Go hilang peminat meski masih tersedia di Google PlayStore dan Apple AppStore.

Orang hanya bisa menduga-duga kenapa gelembung ketenarannya pecah begitu cepat. Meski begitu, Niantic Lab sebagai developernya rajin mengupdate dan nambah fitur sehingga Pokemon-Go yang dulu bukanlah yang sekarang. Jadi, di bawah ini beberapa contoh perubahan besarnya.

1. Pokemon generasi baru

via Istimewa
Beberapa jenis pokemon “generasi 2.” (Sumber: Istimewa).

Jumlah Pokemonnya bertambah jadi 251 jenis. Sebanyak 151 tuh yang berasal dari region Kanto, atau yang orang-orang bilang sebagai “Pokemon original.” Sisanya merupakan 100 monster Johto atau yang orang sebut “Pokemon generasi 2.”

2. Mencari Pokemon jadi lebih gampang

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Fitur “Nearby Pokemon” tahun lalu cuma ngasih perkiraan jarak antara kamu dengan sejumlah Pokemon. Sekarang, fitur itu berubah jadi jauh baik hati. Kamu bisa ngeliat di mana lokasi sebuah Pokemon berada biar gak ribet nyari-nyari.

3. Tapi, menangkapnya makin susah

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com).

Meski nyari Pokemon makin gampang, menangkapnya makin susah. Soalnya, tiap jenis monster dipasangi AI yang bisa menghindar lemparan bola. Makin tinggi level Pokemonnya, makin susah lagi ditangkapnya.

4. Cara mendapatkan PokeCoins

Sebagai mata uang di dalam game, PokeCoins bisa dipakai untuk beli berbagai kebutuhan, mulai dari pokeball tambahan hingga umpan yang bikin pokemon mendekat. Dulu, dompet PokeCoins cuma bisa bertambah setelah beli pakai uang asli. Sekarang, koinnya bisa bertambah dengan menguasai dan main di “gym.”

5. New Pokemon Gym

via Istimewa
(Sumber: Istimewa).

Pokemon yang diamanahkan ngejaga gym kini harus dirawat. Minimal, dikasih makan oleh kamu atau anggota tim kamu (masih inget gak kamu ini tim Valor, Mystic, atau Instinc?). Kalo gak dirawat, nanti doi bakal gampang dikalahin.

6. Ngeroyok satu gym

via Istimewa
Netizen ngasih banyak masukan perihal update Pokemon-Go. (Sumber: Istimewa)

Coba baca dulu isi komentar bagus dari salah satu netizen pada foto di atas. Udah? Nah, Niantics Lab ngabulin usul netizen itu dengan ngerilis fitur berantem keroyokan lawan bos penjaga di gym. Namanya fitur “Raid Battle.”

Kamu dan temen-temen satu tim harus berada di sekitar lokasi gym supaya bisa nge-Raid. Ketika bos penjaganya yang susah banget dilawan itu tumbang, semua orang yang ngeroyokin berkesempatan dapet Pokemon langka.

Karena pemain game ini makin sedikit pada Senin sore (10/7), cuma penulis artikel ini aja tuh yang berusaha ngelawan Tyranitar, Pokemon yang nauzubilah susah dikalahin di salah satu Poke-gym di Jakarta.

7. Ukuran lebih besar

via tenor.com

Sekarang, aplikasinya di Android udah berkapasitas sekitar 95 MB padahal tahun lalu masih sekitar 60 MB. Ponsel Xiaomi Mi4i penulis artikel ini yang dulu lancar sekarang nge-lag mampus saat mainin game itu.

Terus, ponsel kesayangannya jadi panas hingga 45 derajat celcius dan baterainya terkuras 30 persen dalam waktu 30 menit permainan. Takut ponsel satu-satunya meledak, Pokemon-Go ditutup dan kemudian dihapus. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.