Selasa, 30 April 2024

Genmuda – Di sekolah, Kawan Muda mungkin selalu diajarin buat ngakhirin kalimat pakai tanda titik. Tapi, kalau kamu ngelakuin hal yang sama di SMS kamu, dijamin orang-orang bakal mikir kalau kamu orang yang kurang baik.

Sains udah ngebuktiin kalau cara kamu ngasih tanda baca ke SMS kamu punya pengaruh besar pada pandangan orang-orang terkait kepribadian kamu. Sebuah riset terbaru dari Celia Klin dan sebuah tim peneliti di Binghamton University yang diterbitin dalam jurnal ‘Computers in Human Behavior’ udah nemuin kalau orang yang ngakhirin SMS pakai tanda titik bakal cenderung dianggap kurang tulus.

Para peneliti udah ngumpulin 126 mahasiswa buat ngebaca serangkaian SMS atau catatan tulisan tangan. Masing-masing pertukaran dimulai dengan pertanyaan ajakan kayak “nanti mau pergi minum engga?” dan diakhiri dengan satu kata balasan kayak “Oke”, “Tentu”, “Ya”, atau “Yup”, lengkap dengan tanda titik atau tanpa tanda baca sama sekali — “Oke.” vs. “Oke”.

Dari situ, para peneliti akhirnya nemuin kalau SMS yang diakhiri dengan tanda titik bakal dipandang kurang tulus karena orang lain mungkin bakal mikir kalau kamu engga benar-benar pengen pergi sama mereka. Sebaliknya, SMS yang diakhiri dengan tanda seru justru bakal dianggap jauh lebih tulus dan catatan tulisan tangan juga engga punya efek yang sama kayak SMS.

SMS masih kekurangan banyak petunjuk sosial yang digunakan dalam percakapan tatap muka. Saat berbicara, orang-orang dengan mudah menyampaikan informasi sosial dan emosional dengan tatapan mata, ekspresi wajah, jeda, dan sebagainya. Orang-orang jelas tidak dapat menggunakan mekanisme tersebut saat mereka berkirim SMS. Jadi, masuk akal jika pengirim SMS mengandalkan apa yang tersedia bagi mereka [seperti] tanda baca,” kata Celia Klin dalam sebuah pernyataan.

So, gimana caranya supaya kamu engga terus-terusan pakai tanda titik di akhir SMS kamu? Caranya gampang kok, Kawan Muda. Sesuai sama yang udah ditemuin dalam riset tersebut, kamu pakai tanda seru aja. (Tapi engga perlu sampai berderet bejibun juga ya!)

Di samping itu, kamu sebenarnya juga bisa ngakhirin SMS atau chat kamu dengan beragam emoji menarik (biar makin kekinian). Genmuda.com sih nyaranin kamu pakai emoji ‘Tear of Joy’ aja, soalnya emoji itu lagi ngehits banget dan udah kepilih jadi Oxford Dictionaries Word of the Year. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer