Kamis, 13 Mei 2021

Genmuda – Bertentangan dengan jurusan-jurusan kuliah mainstream yang masih jadi favorit karena (dipercaya) bisa ngebawa kesuksesan, jurusan-jurusan ini justru ngalamin nasib yang sebaliknya. Kadang mereka dapet perlakuan yang nggak adil, dipertanyakan, diremehkan, sampe ditentang habis-habisan. SALAHNYA DIMANA?

Udah ciri khasnya manusia buat memandang sesuatu tuh cuma dari kulit luarnya aja. Tanpa bermaksud SARA, pasti ada perbedaan sikap yang kamu terima dari orang, ketika kamu memperkenalkan diri kamu dengan nama, “Udin Sedunia” dan “Channing Tatum”. Nah, sama aja kalau kamu memperkenalkan jurusan kuliah yang mainstream dan anti-mainstream.

Perbedaan perlakuan ini bisa kita lihat dari beragam reaksi yang ditimbulin orang-orang ketika ngedenger nama jurusan anti-mainstream ini disebut. Dari yang garuk-garuk kepala, ngira kamu bercanda, ketawa-ketawa maksa, sampe beneran nanya, “Itu belajarnya apa?” Seakan-anak mereka nganggep kamu lagi mempelajari sesuatu yang aneh abis.

Padahal, selain jurusan-jurusan mainstream yang masih jadi favorit, Indonesia tuh sbenernya butuh loh orang-orang kayak kamu yang berani mempertaruhkan nyawa, masa depan, dan martabat di depan calon mertua buat ngambil bidang studi ini. Dan kamu juga punya kesempatan yang besar buat sukses di masa yang akan datang dengan jurusan-jurusan yang nggak mainstream, tapi belum banyak orang yang ngerti kalau mereka berpotensi. Ini dia beberapa contohnya.

 

  1. Pertanian
(Sumber: okezone.com)

“Jurusannya apa?”, “Pertanian Tante!” lalu terdengar suara jangkrik dan keheningan yang cukup panjang. Biasanya, anak-anak yang kuliah pertanian udah tabah banget ngedenger kata-kata kayak emang-lo-mau-jadi-petani. Gak apa-apa guys, jangan berkecil hati. Mereka-mereka yang ngomong kayak gitu adalah orang yang belum kebuka mata dan hatinya, buat ngeliat kalau pertanian tuh luas banget.

Banyak bidang ilmu yang bisa dipelajari dan dikembangin dari pertanian. Terlebih lagi, katanya Indonesia adalah negara agraris, masa anak-anak bangsanya mau belajar pertanian justru malah diketawain? Gak malu kalau sumber daya kita habis gitu aja dikuasain sama ahli-ahli pertanian dari negara lain?

  1. Peternakan
(Sumber: unpad.ac.id)

Serupa tapi tak sama, jurusan peternakan juga dianggap jurusan yang nggak biasa, dan cenderung aneh serta langka. Tapi kalau kamu tau, beberapa kampus unggulan di Indonesia menyediakan fakultas/jurusan peternakan sebagai salah satu bidang ilmu yang punya banyak peminat.

Kalau gak ada anak-anak peternakan, apa kita mau terus-terusan impor sapi dari Australia? Trus siapa juga yang bakalan mensuplai kuda buat Pak Prabowo? Dan kamu tau gak, berapa besarnya konsumsi unggas di Indonesia dalam satu harinya? Kebayang dong kalau kamu jadi pengusaha ternak, gimana gedenya profit yang bisa kamu dapetin? Syahrini mah lewat!

  1. Perikanan dan Ilmu Kelautan
(Sumber: fresh.my.id)

Pak Jokowi sampe bilang mau ngejadiin Indonesia sebagai poros maritim, dan kamu masih nganggep remeh anak-anak jurusan perikanan dan ilmu kelautan? Duh, salah banget guys. Mereka-mereka yang kuliah di jurusan/fakultas ini kerjaannya bukan cuma berenang atau nyelam bareng ikan-ikan aja.

Tapi mereka-mereka lah yang bisa berjasa nemuin cara gimana produksi dan konsumsi ikan di negara kita bisa naik, gimana caranya sumber daya laut Indonesia bisa bersaing sama negara-negara lain, gimana caranya ngelestariin dan ngebudi dayakan sumber daya laut, dan termasuk gimana caranya ikan-ikan kita nggak dicuri mulu sama kapal-kapal asing.

  1. Ilmu Sejarah dan Arkeologi
(Sumber: youthmanual.com)

“Oh, belajarnya tentang fosil-fosil sama candi gitu ya?” dan anak-anak ilmu sejarah serta arkeologi cuma bisa senyum-senyum garing sambil nahan emosi dalem hati tiap ngedenger komentar ini. Padahal, gak cuma soal ‘sejarah’ aja loh yang dipelajari di jurusan ini. Banyak banget sebenernya hal-hal menarik dan selama ini bikin kita bertanya-tanya.

Kamu penasaran gak sih, gimana caranya para sejarawan bisa nulis pelajaran sejarah yang kamu udah pelajarin? Apa sih yang dilakuin sejarawan sampe bisa nemuin peradaban dunia? Nah di jurusan ilmu sejarah, apalagi arkeologi, kamu bakalan ngedapetin semua itu. Makanya, jangan pernah ngetawain anak-anak sejarah ya. Bung Karno aja pernah bilang kalau bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Tuh dengerin.

  1. Ilmu Perpustakaan
(Sumber: flickr.com)

Jangankan nanya apa yang dipelajarin dan bakalan jadi apa nantinya, bahkan masih banyak orang yang nggak tau kalau ada jurusan kuliah yang namanya ILMU PERPUSTAKAAN. Ini sedih banget. Di Indonesia emang masih sedikit masyarakat yang menghargai dan ngerti pentingnya perpustakaan, apalagi dateng buat berkunjung.

Nah anak-anak ilmu perpustakaan inilah yang punya tugas mulia buat terus ngelestariin perpustakaan-perpustakaan. Selain jadi pustakawan, masih banyak kok bidang pekerjaan yang bisa didapetin. Karena udah kebiasa megang arsip dan ngurusin percetakan, anak-anak ilmu perpustakaan juga bisa kerja di perusahaan-perusahaan media cetak/elektronik, kerja di departemen riset dan penelitian pengembangan, dan masih banyak lagi. 

  1. Seni
(Sumber: idntimes.com)

Masuk jurusan/fakultas seni juga masih gak terlalu gampang buat dapet anggukan dan respon positif, terutama dari para orang tua. Umumnya sih dikarenakan kekhawatiran mereka tentang pekerjaan dan masa depan kita nantinya. Soalnya, beda dari jurusan-jurusan lain yang nantinya bakalan berujung jadi pekerja korporat, kerja dari jam 8-5, dan dapet gaji bulanan, anak-anak seni cenderung berjiwa bebas dan gak terlalu mikirin ke arah situ.

Bagi mereka, yang paling penting adalah mereka bisa berkarya, dan karya mereka bisa dinikmatin orang lain. Tapi jangan salah, asal terus mengasah bakat dan gak gampang nyerah, seni apapun itu juga bisa jadi lahan pekerjaan yang menjanjikan kok. Dan enak banget kan, kalau kita bisa ngelakuin hobi sambil kerja, plus dibayar pula. Surga dunia!

  1. Pendidikan jasmani dan kesehatan
(Sumber: unnes.ac.id)

Bukan, ini bukan pelajaran Penjaskes yang dulu kita dapetin waktu SD. Tapi emang di beberapa kampus di Indonesia, ada yang menyediakan jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan, atau ilmu olahraga, atau beberapa istilah dan nama lainnya. Trus apa sih yang dipelajarin? Enak dong, tiap hari kerjanya cuma olahraga doang? Plis deh, gak sesimpel itu loh Kawan Muda.

Kamu tau kan, di klub-klub olahraga manapun pasti ada staff-staff berpengalaman yang ngebantuin para atlet buat melatih fisik dan medis mereka? Nah, berterima kasihlah sama anak-anak ilmu olahraga, karena itu salah satu tugas mereka. Selain itu, banyak juga pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa didapetin anak-anak jurusan ini, dari mulai jadi guru olahraga, trainer, sampe jadi atlet nya sendiri. Cool banget kan!

 

Masih banyak banget jurusan-jurusan anti mainstream lainnya yang nggak bisa disebutin satu persatu disini. Tapi percaya deh Kawan Muda, apapun bidang ilmu yang kamu pilih, asal kamu ngejalaninnya dengan sepenuh hati, pasti bakalan ngebawa kesuksesan, dan yang paling penting, kebahagiaan buat kamu kok nantinya.

Inget ya, hidup kita tuh cuma sekali, so love what you do. Semangat buat anak-anak yang lagi kuliah, dan yang bentar lagi bakalan milih jurusan kuliah! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥